Xiaomi Tidak Bisa Sms

Selain masalah layar xiaomi tidak bisa disentuh, Ada lagi nih masalah yang kami temukan dan sama seperti yang kamu alami yaitu hp xiaomi tidak bisa sms baik itu mengirim sms maupun menerima sms dari orang lain.

SMS (Short Message Service) merupakan layanan pesan singkat yang sudah sejak lama kita gunakan untuk mengirim atau menerima pesan pendek. Pada awalnya SMS digunakan hanya pada jaringan GSM yang dapat kita temukan pada hp jadul, Namun kini kita dapat menggunakan layanan SMS di jaringan UMTS atau jaringan 3G. (wikipedia)

.Sebelum adanya smartphone android sms sangat populer digunakan, SMS adalah tempat dimana orang saling berkomunikasi antar sesama menggunakan sebuah handphone, Walaupun saat ini sebagian orang mulai meninggalkannya dan beralih ke aplikasi chatting atau sosial media. (Cara Blokir SMS dari Nomor Tidak Dikenal)

Meskipun begitu, SMS sangat penting untuk digunakan mengingat setiap pesan singkat yang diterima maupun dikirim melalui SMS berbeda-beda pada setiap nomor pada kartu SIM yang kamu gunakan.

Oleh karena itu hingga sekarang sms dapat kita temukan untuk memverifikasi pada saat membuat akun atau mendaftar ke salah satu aplikasi atau sosial media seperti facebook, instagram, whatsapp yang disebut sebagai kode verifikasi. (Baca juga : Cara Mengatasi Kode Instagram Tidak Masuk.)

Namun kebayang bukan apabila hp xiaomi tidak bisa menerima sms atau mengirim sms? Tentu saja kita tidak akan bisa masuk atau login ke akun tersebut. Oleh sebab itu berikut ini kami akan membagikan solusi untuk mengatasinya.

Baca juga :

Solusi Xiaomi Tidak Bisa Menerima Sms

Untuk mengatasi xiaomi tidak bisa menerima sms atau kirim sms, Kamu bisa mengatur beberapa setelan pada nomor pusat SMSC yang mungkin belum pernah kamu atur sama sekali atau bahkan kamu belum mengetahuinya.

Sedikit informasi SMSC atau short message service centre merupakan sebuah kombinasi kode yang dimiliki oleh setiap operator seperti telkomsel, xl, 3 dan lain-lain untuk memperkuat dan juga meneruskan pesan SMS, Jadi setiap operator mempunyai kode smsc yang berbeda-beda.

Berikut inilah bagaimana cara setting smsc xiaomi :

Solusi Xiaomi Tidak Bisa Menerima Sms
  1. Pertama, silahkan buka menu Setelan melalui swipe up (ke atas) atau menggunakan aplikasi.
  2. Gulir ke bawah dan pilih Apl
  3. Setelah itu tap pada Setelan sistem aplikasi
  4. Dan cari aplikasi Pesan
  5. Geser ke bawah kembali dan tap pada Setelan tambahan
  6. Lalu pilih yang Pusat Layanan Pesan Singkat (SMSC)
  7. Terakhir masukkan kode nomor smsc sesuai operator kartu sim yang digunakan. (contoh : telkomsel +6281100000) Untuk operator lain silahkan lihat di daftar kode smsc secara lengkap di bawah.
  8. Selesai.

Daftar Kode SMSC All Operator

Telkomsel : +6281100000
Indosat (Mentari) : +62816124
XL : +62818445009
Indosat (IM3) : +62855000000
Smartfren : +628811223344
Three : +6289644000001
Axis : +628315000032

Blog Afrizatul.com

Pastikan kode nomor smsc yang kamu masukkan sesuai dengan kartu sim yang kamu gunakan untuk sms, Namun apabila kamu masih belum bisa mengirim atau menerima sms silahkan baca tips kedua berikut ini.

Kebanyakan dari kita banyak yang belum tau dan bertanya kenapa kok kita tidak bisa mengecek pulsa, atau kuota padahal kita mempunyai pulsa. Nah, kemungkinan terbesar yang sering dialami oleh pengguna android seperti xiaomi yaitu mengatur tipe jaringannya ke 4G.

Oleh sebab itu sesuai dari pengertian sms yang hanya dapat digunakan pada jaringan 3G di atas, Kita perlu mengatur tipe jaringan yang awalnya 4G only ke jaringan 3G, GSM atau jaringan lainnya selain 4G.

Berikut inilah cara ganti tipe jaringan xiaomi :

  • Pergi ke menu Pengaturan
  • Masuk ke Kartu SIM & jaringan seluler
  • Pilih kartu SIM yang digunakan
  • Tap pada Tipe jaringan prioritas
  • Dan ubah tipe jaringan ke 3G atau 2G
  • Selesai.

Cara lainnya untuk mengganti tipe jaringan di hp xiaomi adalah menggunakan aplikasi dial panggilan, Caranya sangat mudah dibandingkan sebelumnya yaitu buka aplikasi dial panggilan kemudian tekan angka *#*#4636*#*# lalu pilih informasi telepon 1 atau 2 dan ubah pada setel jenis jaringan yang disukai.

Baca juga : Cara Reset Xiaomi

Blog Afrizatul.com

Demikianlah beberapa solusi mengatasi masalah hp xiaomi tidak bisa sms yang bisa kamu coba, Kami rasa cara tersebut sudah cukup membantu agar kamu dapat kirim sms dan terima sms seperti biasanya di hp xiaomi.

Namun apabila cara di atas belum cukup membantu mengatasi masalah sms error pada hp xiaomi kamu, Silahkan berikan komentarnya di bawah postingan ini agar dapat kami bantu secepatnya. Jangan lupa untuk membaca tips menarik terkait xiaomi lainnya di blog afrizatul dan sampai jumpa.

Afrizatul Rizki
"Blogger, Wibu, dan Maniak Komputer"