Layar Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Kebanyakan dari kita sering lalai dalam memegang atau menyimpan smartphone terutama mifans, Oleh sebab itu tak jarang hp kemasukan air, kebanting atau jatuh yang mengakibatkan hp xiaomi tidak bisa disentuh pada layar atau touhscreennya.

Biasanya sebelum tidak bisa disentuh, touchscreen hp akan bergerak atau menekan sendiri dan sangat liar. Akibatnya kita tidak bisa lagi memainkan game favorit seperti mobile legends, pubg, dan menggunakan WhatsApp atau membuka instagram.

Tetapi kamu jangan panik dulu ya.. Karena disini kami akan memberikan solusi yang tepat untuk mengatasi hp xiaomi kamu yang tidak berfungsi atau tidak bisa disentuh sebagian. Jadi, jangan buru-buru untuk antar ke tempat servis yang pastinya akan memakan biaya lebih.

Cara ini juga berlaku pada setiap seri hp xiaomi seperti xiaomi redmi 3s, 4a, 4x, xiaomi S2 dll. Sebelum itu, mari kita ketahui dulu apa yang sebenarnya yang terjadi dan kenapa layar hp xiaomi tidak bisa disentuh? Berikut ulasan lengkapnya!

Baca juga : Cara Mengatasi Hp Xiaomi Mati Total

Kenapa Layar Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Kenapa Layar Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Ada beberapa faktor yang mengakibatkan hp xiaomi tidak bisa disentuh, Hal ini juga berkaitan dengan perangkat hp xiaomi sendiri maupun kesalahan dari penggunanya yang tidak disengaja.

Berikut inilah hal yang menyebabkan kenapa layar hp xiaomi tidak bisa disentuh :

  • Sering Jatuh. Ini yang paling sering dialami oleh para pengguna hp android khususnya xiaomi. Jika hp xiaomi kamu pernah terjatuh secara sengaja maupun tidak sengaja mungkin saja itulah yang membuat hp xiaomi kamu tidak bisa disentuh.
  • Terbanting. Hampir sama dengan jatuh yang merupakan kesalahan dari pemilik hp sendiri, HP yang sering kebanting ke lantai maupun ke dinding juga akan menyebabkan kerusakan pada hp xiaomi seperti layar touchscreen retak, error, dan bahkan tidak dapat disentuh sama sekali.
  • Masuk air. Jika kamu sering membawa hp xiaomi kamu ke kamar mandi atau toilet untuk mendengarkan musik atau yang lainnya, Maka sangat besar sekali kemungkinan hp xiaomi kamu masuk air atau terkena cipratan air.
  • Menggunakan HP saat ngecharge. Faktor lainnya yang sering kita lakukan adalah menggunakan hp saat mengisi daya baterai pada colokan listrik yang membuat proses pengisan baterai menjadi tidak stabil dan bikin layar touchscreen xiaomi menjadi error.
  • Sudah pernah gonta-ganti layar touchscreen. Karena hp xiaomi yang sering retak atau pecah tentunya banyak penggunanya yang sering menggonta-ganti layar touchscreennya, Nah kebanyakan setelah mengganti layar touchscreen hanya mengatasi masalah sementara dan tidak bertahan lama.
  • Kerusakan Sistem. Jika hp xiaomi kamu pernah kebanting, jatuh atau masuk air tentunya bukan hanya hardware atau perangkat keras yang ada dibagian luar hp saja yang dapat rusak, Software atau perangkat lunak yang ada dibagian dalam hp seperti aplikasi sistem juga berkemungkinan akan terkena dampaknya.
  • Ruang penyimpanan penuh, RAM yang tidak mencukupi, Sering LAG atau Hang dan masalah umum lainnya.

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh

Dalam memperbaiki hp seperti hp xiaomi kita tentunya tidak bisa menjamin apakah data yang ada di dalam hp xiaomi kita akan aman atau tidak, Oleh karena itu sangat direkomendasikan untuk membackup semua data terlebih dahulu.

1. Backup Data Menggunakan Mouse Komputer

Salah satu cara yang dapat kita lakukan agar bisa menggerakkan hp xiaomi kita yang touchscreen atau layarnya tidak bisa disentuh adalah menggunakan mouse komputer, Untuk jenis mouse sendiri bebas kamu bisa menggunakan mouse tanpa kabel (wireless) ataupun mouse kabel.

Berikut ini cara membackup data xiaomi menggunakan mouse :

  • Siapkan Mouse komputer. Lalu colokkan ke kabel OTG yang telah kita persiapkan sebelumnya.
  • Aktifkan Fitur Bola Pintas. Karena touchscreen xiaomi sudah tidak berfungsi pastinya tombol home, back dll juga tidak dapat kita gunakan, Oleh karena itu aktifkan fitur bola pintas yang mirip seperti tombol navigasi di iOS iPhone agar mempermudah kita dalam membackup data.
  • Cara mengaktifkan fitur bola pintas. Pergi ke menu Pengaturan > Setelan tambahan > Bola pintas dan Hidupkan Bola Pintas.
  • Terakhir, backup data yang menurut kamu penting seperti data foto, video ataupun file melalui aplikasi manager file atau juga bisa upload ke layanan cloud seperti google drive dll.

Selesai, jadi sebelum kita mempereparasi atau memperbaiki hp xiaomi kita nantinya kita tidak perlu khawatir lagi akan kehilangan data.

Mengatasi Kabel OTG Yang Tidak Terbaca Di Xiaomi

Bagi kamu yang sudah menghubungkan kabel OTG nya ke hp xiaomi namun tidak terdeteksi atau tidak terbaca, Silahkan ikuti tips dari kami berikut ini!

Sebenarnya untuk menghubungkan kabel OTG di xiaomi, kamu perlu mengatur beberapa settingan yang ada pada hp xiaomi kamu terlebih dahulu karena memang pada awalnya fitur ini tidak aktif saat pertama kalinya.

Fitur ini disebut sebagai Debugging USB yang mana berguna dalam mode debug pada saat USB terhubung ke hp xiaomi, Inilah cara mengaktifkan fitur Debugging USB di xiaomi :

  • Masuk ke Pengaturan > Tentang Telepon
  • Tap sebanyak 4x pada Versi MIUI hingga muncul pesan “Anda sudah menjadi Developer
  • Kembali ke menu pengaturan lalu pilih Setelan tambahan dan Opsi Pengembang
  • Aktifkan opsi pengembang
  • Gulir ke bawah lalu aktifkan juga Debugging USB

2. Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh Tanpa Bongkar

Disini saya akan membagikan cara mengatasi layar hp xiaomi yang tidak bisa disentuh sebagian atau tidak berfungsi sama sekali tanpa perlu repot-repot untuk membongkar hpnya.

Sebelum itu pastikan dulu kamu mengetahui akun google yang masuk atau kamu gunakan di hp xiaomi tersebut, Dan inilah langkah-langkah cara mengatasi layar hp xiaomi yang tidak berfungsi menggunakan akun google :

  • Masuk ke Akun Google menggunakan desktop atau komputer di myaccount.google.com
  • Kemudian pilih menu Keamanan pada sisi kiri.
  • Gulir ke bawah dan disana kamu akan melihat menu Perangkat Anda, dan pastikan bahwa perangkat xiaomi yang terhubung sudah benar.
  • Pilih Temukan ponsel hilang atau dicuri lalu pilih perangkat yang layar nya tidak bisa disentuh atau error.
  • Kemudian masukkan kembali password akun google kamu
  • Selanjutnya pilih Pertimbangkan untuk menghapus perangkat anda untuk mereset semua data pada hp xiaomi tersebut.
  • Akan muncul menu Popup konfirmasi penghapusan data, pilih Ya, Hapus
  • Tunggu hingga hp xiaomi reboot otomatis dan semua data akan terhapus
  • Selesai.

Dengan metode ini banyak dari teman-teman saya yang memang mengatakan layar touchscreen nya sudah bisa di tekan atau normal kembali, Sekali lagi menggunakan metode ini semua data yang ada di hp xiaomi kita akan terhapus jadi backup data kamu terlebih dahulu sesuai penjelasan yang telah kami berikan sebelumnya.

3. Cara Mengatasi Hp Xiaomi Tidak Bisa Disentuh Tanpa Kehilangan Data

Jika kamu tidak ingin kehilangan data dan membackup semua data kamu repot-repot, Ada cara lain untuk mengatasi hp xiaomi yang tidak bisa disentuh tanpa kehilangan data. Ikuti langkah-langkah yang akan kami jelaskan berikut ini!

  • Tekan tombol power yang ada dibagian kiri atau kanan hp xiaomi, Hingga muncul pilihan Mode pesawat, Suara Hening, Mulai ulang, dan Daya Mati
  • Lalu tekan kembali tombol Power sampai 30 detik
  • Kemudian tunggu hingga hp restart otomatis.
  • Selesai.

Sangat sederhana namun cara ini sudah terbukti ampuh dan sudah saya praktekan sendiri pada hp xiaomi redmi note 7, Jadi untuk kamu yang menggunakan hp xiaomi walaupun serinya berbeda tidak ada salahnya untuk mencoba dahulu.

Karena memang cara ini sangat disarankan bagi kamu yang kebetulan masih terlalu awam untuk memperbaiki hp apalagi membongkar hp yang berisiko sangat besar, Apalagi cara ini juga tidak akan menghapus semua data yang ada di hp xiaomi kamu.

Baca juga : Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Sendiri

Demikianlah cara mengatasi hp xiaomi tidak bisa disentuh yang telah kami rangkum dari berbagai sumber, Jika cara di atas berhasil silahkan tinggalkan komentar atau jika tidak berikan pertanyaan terkait permasalahan yang kamu alami.

Afrizatul Rizki
"Blogger, Wibu, dan Maniak Komputer"