Cara Mengatasi HP Xiaomi Mati Sendiri

Xiaomi Mati Sendiri – Halo MiFans sahabat blog afrizatul.com yang masih setia mengunjungi pada seri tutorial xiaomi. Pada artikel sebelumnya kita telah membahas bagaimana cara mengaktifkan dark mode xiaomi secara langsung tanpa aplikasi.

Baru-baru ini, hp xiaomi saya sering mati-mati mendadak gitu. Saya juga kurang tau kenapa, Karena banyak faktor sih yang menyebabkan hp xiaomi kita sering mati-mati begini. Contohnya aja seperti : Hp kita sering banget jatuh, jarang update, sistem yang error atau rusak, intinya sih permasalahannya jika tidak di software yah di hardware atau perangkat keras hp kita.

HP Xiaomi yang mimin gunain sendiri adalah xiaomi S2, Tetapi ternyata teman-teman dari forum xiaomi yang punya xiaomi redmi 2, 3, 4 dll juga mengeluhkan mengalami hal yang sama.

Ada banyak penyebab kenapa hp xiaomi kita sering mati sendiri selain yang telah mimin sebutin di atas. Untuk lebih jelasnya silahkan simak ulasan lengkapnya berikut ini.

penyebab hp xiaomi mati sendiri

Penyebab Xiaomi Mati Sendiri

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi hp xiaomi yang sering mati sendiri ada baiknya ketahui dulu apa saja penyebabnya. Dengan mengetahui penyebabnya maka kita bisa mencegahnya secara lebih mudah.

Adapun penyebab dari hp xiaomi yang mati-mati sendiri adalah sebagai berikut :

  1. HP sudah terlalu panas karena pemakaian yang terlalu berlebihan. Terutama bagi kamu yang menggunakan hp hampir 24 jam sehari kemudian digunakan untuk bermain game yang terlalu berat.
  2. Sudah di ROOT, hampir dari setiap pengguna xiaomi khususnya yang sudah advanced dalam bidang oprek-oprek sudah me-root hp xiaomi nya. Tapi tahukah kamu selain kelebihannya, ternyata tak kalah banyak pula masalah yang akan dialami oleh hp xiaomi kamu.
  3. Rutin Bersihkan File Sampah, Jangan lupa untuk membersihkan file sampah pada hp kamu secara rutin. Apalagi buat kamu yang sering menggunakan hp nya untuk kegiatan browsing internet, streaming, stalking foto mantan (eh..), download, main game banyak sekali file sampah (cache) yang akan otomatis tersimpan pada hp xiaomi kamu.
  4. Download File Sembarangan, yang satu ini sering kita jumpai pada hp xiaomi nya cewek-cewek. Kenapa? karena mayoritas para cewek sering download file dan akhirnya terjebak iklan lalu ngedownload aplikasi yang berisi virus. Walaupun xiaomi sendiri punya fitur tersendiri untuk menangani hal ini, tapi tetap saja masih banyak aplikasi yang mengandung virus tetap terpasang pada hp kita.
  5. Baterai sering habis total, Hal ini juga masih banyak dialami oleh para mifans. Untuk itu, sangat disarankan untuk mengisi baterai kembali sebelum drop atau habis total untuk merawat dan menjaga kesehatan baterai.
  6. Charger non-Original, Dalam mengisi baterai kita juga perlu menggunakan charger yang original alias bawaan xiaomi. Sebenarnya tidak ada masalah ketika kita menggunakan charger yang kw atau tidak original. Karena baterai juga akan terisi seperti biasanya, namun akan banyak masalah yang muncul salah satunya seperti : layar kedap kedip sendiri, baterai sangat lama penuh, touchscreen menjadi eror, dan masalah yang sering terjadi lainnya.
  7. Belum Update, Ada banyak software dan aplikasi yang hampir setiap hari update demi menambah fitur dan juga memperbaiki eror pada versi sebelumnya. Jadi pastikan kamu sudah update ke yang terbaru, yang paling utama adalah versi MIUI (sekarang MIUI11) dan diikuti aplikasi yang ada di google playstore.
  8. HP Sering jatuh, yang terakhir mungkin hampir dari kita PERNAH secara sengaja maupun tidak sengaja menjatuhkan HP xiaomi kita. Tentu saja semua tau jika kita sering menjatuhkan hp apapun jenis dan merknya berapapun harganya pasti lama-kelamaan akan rusak bukan?

Sebenarnya ada banyak penyabab lain yang teman-teman alami, mungkin nanti akan mimin artikel ini jika ada yang perlu ditambahkan.

Jadi sudah tau kan penyebab kenapa hp xiaomi kita sering mati-mati mendadak sendiri?

Sekarang kita lihat gejala yang akan temuin jika memang pernah melakukan kesalahan diatas.

Gejala Xiaomi Mati Sendiri

Gejala-gejala yang sangat sering mimin jumpai ketika hp sering jatuh adalah : Eror tiba-tiba pokonya gak jelas beut terutama pada touchscreen layarnya, sering mati atau restart sendiri, buka aplikasi dan bahkan nelpon orang yang ada di kontak sendiri (kaya ada jinnya) hehe..

Lalu ketika di charge tidak mau masuk alias baterai tidak terisi, aplikasi hilang secara tiba-tiba, chat orang lain sendiri (keyboard error), layar blank (hitam), layar tiba-tiba mati tetapi suara musik tetap jalan, Dan bahkan gejala yang akan kita alami hp xiaomi kita menjadi matot alias mati total.

Selain itu banyak juga gejala lain yang berbeda-beda pada para pengguna xiaomi.

Jadi jika hp xiaomi kamu sudah termasuk mendapati gejala yang telah mimin sebutin di atas, Berikut cara mengatasinya.

Cara Mengatasi Xiaomi Mati Sendiri

Nah, sekarang kita akan mengatasi masalahnya sesuai dengan penyebab yang telah kita baca di atas. Makanya sebelum membaca cara mengatasinya ada baiknya teman-teman mengecek terlebih dahulu apa penyebab pastinya.

  1. Gunakan HP dengan normal, Pergunakanlah gadget atau smartphone xiaomi kita ketika hal penting saja. Apalagi spesifikasi hp xiaomi kita tidak terlalu tinggi seperti RAM, penyimpanan internal yang kecil. Install aplikasi yang kira-kira memang penting dan selalu cek apakah ram internal kita sanggup untuk menerimanya. Lebih baik lagi untuk menyisakan ruang 1GB atau lebih.
  2. UNROOT, Jika hp xiaomi teman-teman sudah di root sebelumnya. Silahkan un-root terlebih dahulu ada banyak cara untuk meng-unroot xiaomi yang bisa kamu coba. Caranya juga terbilang relatif mudah kok.
  3. Hapus File Sampah, Untuk menghapus file sampah pada xiaomi silahkan buka aplikasi Pembersih maka aplikasi tersebut otomatis mendeteksi berkas cache, berkas tak berguna, paket, sisa, dan memori lalu pilih Bersihkan.
  4. Install Aplikasi Penting, Diharapkan untuk menginstall aplikasi sesuai spesifikasi hp kita. Jika dianggap penting boleh diinstall dengan syarat juga memperhatikan besar dari aplikasi tersebut. Besarnya aplikasi bisa kamu lihat di google playstore sebelum menginstalnya.
  5. Charge Baterai sampai Penuh, Ada baiknya untuk mengisi baterai ketika kita sedang tidur pada malam hari. Maka jika baterai kita sudah penuh kita tidak perlu lagi mengisinya atau men-charge ketika memainkannya. Ini juga berkaitan dengan kesehatan baterai hp kita.
  6. Gunakan Charger Original, Selalu gunakan charger original atau yang kita dapat ketika pertama kali membeli hp xiaomi (di dalam box). Jika charger original kamu hilang, kamu bisa membeli nya di forum jual beli online atau lebih baik membeli di toko marketplace resmi xiaomi seperti Shopee, BukaLapak, Tokopedia, Lazada dan marketplace populer lainnya.
  7. Update, Usahakan untuk mengikuti update setiap ada update-tan terbaru karena setiap versi MIUI, Aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang cukup signifikan dibandingkan versi lamanya.
  8. Menggunakan HardCase atau SoftCase, Untuk menangani hp yang sering jatuh ini sepertinya hampir mustahil karena ini sesuatu yang sangat wajar karena banyak faktor yang menyebabkan hp xiaomi kita sering jatuh. Untuk itu lebih baik menggunakan hardcase atau softcase yang bisa dibilang cukup ampuh untuk melindungi hp xiaomi kita.

Demikianlah penyebab, gejala, serta cara mengatasi xiaomi yang sering mati sendiri. Adapun cara terakhir jika masih mengalami hal yang sama. Teman-teman bisa mereset (restart) hp xiaomi kamu yang bisa kamu baca disini : Cara Reset Xiaomi

Jika masih punya kendala silahkan komentar di bawah agar mimin dapat membantu kamu semua. Terima kasih telah berkunjung, sampai jumpa pada kesempatan selanjutnya.

Tinggalkan komentar