XAMPP Versi 7

download xampp versi 7

Sama halnya dengan xampp versi 5 yang telah kami jelaskan sebelumnya : XAMPP Versi 5 untuk (PHP 5 dan MySQL). Kini kami akan share xampp versi 7 yang dapat kamu download dengan mudah.

Tetapi bitnami merilis aplikasi xampp versi terbaru nya saat ini pada versi 3.2.4 yaitu XAMPP 7. Perbedaan nya sebenarnya terletak pada versi PHP dan MySQL nya saja. Di XAMPP versi terbaru support PHP 7 dan MySQLi.

Seperti yang kita ketahui bahwa untuk kebutuhan programmer khususnya website dibutuhkan beberapa paket penting seperti apache, mysql dan sebagainnya. Dulu semua paket ini harus kamu install satu persatu dan mengaktifkannya agar dapat menjalankan sebuah localhost di komputer kamu.

Namun kini dengan software Xampp semua paket tersebut bisa kamu download, install dan juga mengaktifkannya dengan satu kali klik saja. Terdapat berbagai pilihan paket yang bisa kau pilih, nantinya setiap paket yang kamu aktifkan akan memiliki indikator berwarna hijau yang menandakan paket tersebut berhasil diaktifkan.

Tak heran hampir setiap developer atau programmer yang menggunakan sistem operasi windows menggunakan software ini untuk mengerjakan projet aplikasi, website karena dapat dijalankan secara offline tanpa terhubung ke internet dan cukup menggunakan browser untuk mengaksesnya.

Bagi kamu yang ingin menggunakan xampp rilisan 7 pastinya merupakan pengguna lama xampp 5, oleh karena itu kamu harus mengetahui apa sih perbedaan xampp 7 dan 5? Yuk cek ulasannya berikut ini.

Perbedaan XAMPP Versi 7 Dan 5

cara install xampp 7

Jika kamu bertanya sebenarnya apa yang membedakan dengan xampp 7 dan juga xampp versi 5? Tentu saja yang paling mencolok adalah perbedaan versi php dan mysql yang digunakan.

Apabila xampp 7 menggunakan mysql rilisan yaitu msqli sedangkan xampp 5 masih menggunakan mysql versi lama, Begitu juga dengan php 7 yang digunakan xampp 7 dan php 5 untuk xampp rilisan 5. Tentu saja sesuai versinya masing-masing kita akan temukan script yang tidak digunakan lagi.

Selain itu jika kamu menjalankan sebuah project website yang menggunakan mysql dan php 5 otomatis tidak akan bisa dijalankan dengan xampp 7 ini. Oleh sebab itu disarankan untuk menggunakan xampp versi terbaru karena sudah mengalami perbaikan bug dan fitur baru yang cukup membantu.

Baca juga : Cara Uninstal Aplikasi Di Laptop

Download XAMPP Versi 7

Jadi jika kamu ingin mempelajari sesuatu yang baru mengenai bahasa pemograman seperti PHP 7 dan juga basis data (database) MySQLi maka kamu bisa menggunakan localhost server seperti XAMPP 7 ini.

Dengan menggunakan XAMPP kamu bisa membuat website atau melakukan pengkodingan secara offline tanpa menggunakan koneksi internet sekalipun. Jadi bisa memudahkan kita khususnya bagi para developer website.

Untuk Cara Penginstallannya afrizatul.com juga sudah memberikan tutorialnya dalam postingan yang berbeda, tapi sebelum itu pastikan dulu kalau kamu sudah menguninstall software xampp versi lama agar tidak terimpa dan terjadi error. Kamu bisa membaca panduan penginstall XAMPP disini : Cara Install XAMPP

XAMPP sendiri sudah support dengan berbagai sistem operasi windows 7/8/10 pada 32bit (x86) maupun 64bit (x64) .

DOWNLOAD XAMPP VERSI 7 UNTUK PHP 7 DAN MYSQLi

tested on Windows 10 (x64bit)

Akhir Kata

Itulah aplikasi XAMPP versi 7 yang dapat afrizatul.com berikan kepada teman-teman semua, cara install dan juga perbedaannya dibandingkan xampp 5. Silahkan ikuti cara install xampp dengan benar agar menghindari terjadinya error karena biasanya di beberapa kasus ada paket yang tidak bisa aktif. semoga artikel ini berguna serta bermanfaat sehingga teman-teman dapat semangat lagi dalam belajar bahasa pemograman.

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com