Update Terbaru! Jadwal Cair PKH, BPNT, dan BLT Tahun 2023

Jadwal Cair PKH BPNT dan BLT Tahun 2023
Jadwal Cair PKH BPNT dan BLT Tahun 2023

Jadwal pencairan bantuan sosial di tahun 2023. Terutama bagi masyarakat umum dan penerima bantuan sosial (KPM-KPM) yang mungkin belum mengetahui jadwal pencairan Bansos.

Sebelum kita masuk ke rincian jadwal, mari kita pahami bahwa ada beberapa jenis bantuan sosial yang beragam, seperti Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT), BLT (Bantuan Langsung Tunai), Kartu Indonesia Pintar, Kartu Pra Kerja, dan berbagai program bantuan lainnya.

Bocoran Jadwal Terbaru! Cairnya PKH BPNT BLT di Tahun 2023

Program Keluarga Harapan (PKH)

PKH merupakan program reguler dari pusat yang menggunakan dana APBN. Jadwal pencairannya dilakukan per triwulan, yaitu pada bulan Januari-Februari-Maret (tahap 1), April-Mei-Juni (tahap 2), Juli-Agustus-September (tahap 3), dan Oktober-November-Desember (tahap 4).

Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT)

BPNT, atau program sembako, mengikuti jadwal PKH dengan pencairan per 3 bulan sekali. Besaran bantuan sosial BPNT program sembako tetap, yaitu 200.000 per bulan atau 600.000 per tahap untuk setiap Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Program Indonesia Pintar (PIP) dan Kartu Pra Kerja

PIP dan Kartu Pra Kerja juga mengikuti jadwal PKH, dengan pencairan per triwulan. Program ini memberikan bantuan sosial kepada penerima dengan periode yang kurang lebih sama seperti PKH dan BPNT.

BLT Dana Desa

BLT Dana Desa seharusnya dicairkan per bulan, namun beberapa daerah memilih mencairkannya per 3 bulan untuk mendapatkan jumlah yang lebih besar. Informasi terbaru mengenai BLT Dana Desa masih belum diterima, namun akan diupdate begitu informasi tersebut tersedia.

  1. Pendaftaran dan Validitas Data: Pastikan data penerima bantuan sosial tetap valid. Masyarakat yang berhak menerima bantuan dihimbau untuk terus memperbarui informasi dan melakukan pendaftaran ulang jika diperlukan.
  2. Saluran Informasi Resmi: Dapatkan informasi terkini melalui saluran resmi pemerintah dan portal resmi program-program bantuan sosial. Hindari penyebaran informasi palsu yang dapat menimbulkan kebingungan.
  3. Ketersediaan Program Tambahan: Selain program yang telah dijelaskan, mungkin ada program bantuan sosial tambahan yang diluncurkan di tengah tahun 2023. Tetap pantau informasi resmi untuk mendapatkan kabar terbaru.

Terdapat berbagai program bantuan lainnya seperti BLT BBM, BLT minyak goreng, BLT dari daerah atau provinsi, serta berbagai program adaptif lainnya. Untuk program-program ini, jadwal pencairan belum dapat disampaikan karena masih belum pasti akan ada di tahun 2023.