Cara Mengatasi Tokopoints Tokopedia Tidak Dapat Digunakan

Tokopoints Tokopedia Tidak Dapat Digunakan

Tokopoints Tokopedia Tidak Dapat Digunakan – Meneruskan artikel sebelumnya yang membahas bagaimana cara menggunakan tokopoints di tokopedia, Muncul banyak pertanyaan dari teman-teman yang mengatakan, “Bang, kok di aplikasi tokopedia saya tidak ada pilihan tukar tokopoints ya?, “Bang kok tokopoints saya di tokopedia gak bisa di pake ya padahal saldo tokopoints saya ada banyak?”.

Nah jujur saya sendiri kebingungan untuk ngejawab ini, karena ya di saya itu muncul sendiri gitu lho. Saya gak ada setting apapun dan menu tukar tokopoints ini bisa saya gunakan. Untuk sementara waktu saya pun mencoba mencari solusi buat teman-teman yang mengalami masalah yang sama, Sudah hampir 3 hari saya juga belum menemukan solusinya.

Saya pun mencoba untuk meminjam salah satu akun tokopedia dari teman saya yang punya masalah terkait hal ini, Kebetulan di tokopedia saldo tokopoints nya itu ada sekitar 100rb lebih. Tapi semua tokopoints ini gak bisa dipakai sama sekali, saya sudah coba beli pulsa, paket data, beli barang dan yang lain. Hasilnya tetap saja nihil dan belum menemukan solusinya.

Eh saya baru inget akun tokopedia saya udah level Gold, dan salah satu kelebihan member tokopedia level ini yaitu mendapatkan fasilitas live chat secara langsung dengan call center tokopedia. Saya pun mencoba menanyakan dan ditanggapi langsung oleh pusat bantuan tokopedia, walaupun butuh beberapa waktu untuk menunggu pusat bantuan ini membalas pesan yang kita kirimkan.

Beginilah pesan pertama yang saya kirimkan ke pusat bantuan tokopedia, “Halo akun tokopedia teman saya tokopointsnya ada 100.000, tapi kok gak bisa ditukarkan ya?”. Selang waktu 20 menit pihak tokopedia/tokopedia care pun membalas pesan saya untuk melampirkan screenshot tampilan halaman depan saldo tokopointsnya dan halaman yang mengalami kendala. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat di gambar ini!

kenapa tidak bisa tukar tokopoints tokopedia

Dan Alhamdulillah saya pun menemukan solusinya, Disini saya akan menjelaskan bagaimana cara menampilkan pilihan tukar tokopoints saat melakukan pembayaran di tokopedia secara jelas, singkat dan insyaAllah mudah dipahami. Yuk simak selengkapnya!

Baca juga : Tidak Bisa COD Di Tokopedia

Cara Menampilkan Pilihan Tukar Tokopoints di Tokopedia

Pertama, saya mau tanya dulu nih ke teman-teman yang gak bisa tukar tokopoints tokopedianya ini pasti punya saldo di atas 50rb bukan? atau di kisaran 50rb-100rb bener gak? Karena memang rata-rata orang yang bertanya ke saya tentang hal ini punya nominal saldo tokopoints di rentang segitu. Tapi ada juga yang punya saldo 10rb-an punya masalah yang sama.

Oke sekarang saya jelaskan sedikit dulu, ketika kita melakukan pembayaran di tokopedia dan pada halaman halaman pembayaran yang seharusnya muncul tukar tokopoints tetapi ternyata gak muncul. Ini disebut dengan payment recommendation, Jadi singkatnya di halaman ini hanya akan ditampilkan rekomendasi metode pembayaran yang menurut aplikasi tokopedia lebih mudah untuk kamu gunakan atau sudah pernah kamu gunakan sebelumnya.

Nah buat kamu yang belum pernah sama sekali menggunakan jenis pembayaran dengan tokopoints ini maka kamu perlu menampilkannya terlebih dahulu dengan cara berikut ini.

Cara mengatasi tokopoints tokopedia tidak dapat digunakan :

tidak ada tukar tokopoints di tokopedia
  1. Hitung total saldo OVO Points dan juga Tokopoints. (Misal : ovo points di akun teman saya ini yaitu 12.000 ovopoints, sementara tokopointsnya ada 103.000 rupiah = 115.000 rupiah).
  2. Jadi total saldo ovopoints dan tokopoints nya yaitu 115rb, Sekarang silahkan cari barang yang akan kamu beli.
  3. Dan pastikan setiap transaksi wajib melebihi total saldo yang telah kita dapatkan sebelumnya.
  4. Oleh karena itu saya memilih barang di atas 115rb atau 100rb karena bisa saja kita menggunakan kupon gratis ongkir yang memotong total tagihan nantinya.
  5. Jika sudah total tagihan ini lah yang menjadi penentu apakah tukar tokopoints muncul atau tidak.
  6. Apabila total tagihan kamu di atas 115rb (total saldo ovopoints dan tokopoints). Silahkan beli dan lanjut ke halaman pembayaran.
  7. Bagaimana? apakah toogle tukar tokopoints tetap tidak muncul? yap, memang tidak muncul karena seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya bahwa di halaman ini hanya akan ditampilkan metode pembayaran yang pernah kamu gunakan sebelumnya atau menurut aplikasi tokopedia lebih cocok untuk kamu.
  8. Sekarang pilih lihat semua pada bagian metode pembayaran.
  9. Setelah itu kamu bebas pilih metode pembayaran yang kamu inginkan, yapp bebas apa saja misal disini saya pilih metode pembayaran melalui indomaret.
  10. Dan taraa.. maka kamu bisa pilih Tukar tokopoints sesuai saldo tokopoints kamu.
  11. Selesai.

Tentunya kamu juga harus membayar sisa tagihan untuk membayar seluruh tagihan dari barang yang kamu beli, Lalu apakah selanjutnya kamu harus membeli barang dengan total tagihan di atas jumlah saldo tokopoints kamu? tentu tidak, karena kamu sudah pernah menggunakan tokopoints sebagai metode pembayaran maka kamu bisa menggunakan saldo tokopoints secara keseluruhan untuk membeli pulsa. Misal saldo tokopoints kamu ada 50ribu, kamu bisa membeli pulsa 10rb, 20rb atau di bawahnya tanpa tagihan sepeserpun.

Baca juga : Cara COD Di Tokopedia

Itulah cara mengatasi tokopoints tokopedia tidak dapat digunakan yang saya dapatkan setelah mengalami proses yang cukup lama, tapi gak masalah asal teman-teman terbantu mudah-mudahan tutorial ini bisa bermanfaat untuk semua orang. Kalau kamu masih punya masalah yang sama, gak papa silahkan komentar di bawah ya.. Terimakasih