7 Tips Cara Menghemat Kuota di HP Android

Hai teman-teman pengunjung setia afrizatul.com. yang ada dimanapun dan sedang mencari trik atau tips bagaimana sih cara menghemat kuota agar tidak boros ?

Melihat harga kuota internet yang mahal saat ini menjadi alasan mengapa kamu ingin menghemat kuota kamu agar tidak mengeluarkan biaya setiap hari untuk membeli kuota internet.

Pastinya karena kuota yang boros maka kamu tidak tau kapan kuota kamu akan habis, kebanyakan orang mengeluh karena kuotanya habis ketika sedang ada aktivitas penting atau kegiatan penting lainnya yang memerlukan koneksi internet seperti : membuat tugas sekolah atau kuliah, menghubungi keluarga, membuka sosial media dan lain sebagainya.

Oleh karena itu masalah tersebut bisa di atasi dengan berbagai tips yang akan afrizatul.com berikan dibawah ini. Jadi jika kamu masih merasa penggunaan kuota kamu masih terbilang boros, kamu bisa membaca tips cara menghemat kuota internet dari blog afrizatul.com

Cara Menghemat Kuota

Penasaran apa saja sih tips cara menghemat kuota? berikut ulasannya :

1. Jangan Membuka Video

Hal yang pertama kali harus kamu hindari agar kuota kamu lebih irit adalah dengan cara jangan membuka video. Video yang ada pada sosial media seperti facebook,instagram,youtube dan lainnya biasanya saat ini sudah memiliki fitur autoplay yang memungkinkan penggunanya akan melihat video secara terus menerus tanpa di klik secara langsung.

Mengingat video akan memakan kuota internet yang sangat banyak dengan ukurannya yang besar serta kualitas yang tinggi maka kamu wajib untuk tidak membuka video dimanapun tetapi jika video tersebut otomatis terbuka maka kamu bisa mematikan fitur autoplaynya di settingan sesuai sosial media kamu.

2. Jangan Download Sembarangan

Bagian ini juga sangat banyak dijumpai bahwa sebagian orang rata-rata akan membuka situs yang tujuannya untuk mencari solusi dari masalah yang dihadapinya.

Tetapi sering kali dari mereka tidak tau apa saja yang sedang mereka kunjungi, klik, bahkan smartphone mereka mendownload file atau aplikasi yang tidak tau sama sekali untuk apa fungsinya. Oleh karena itu jika ada notifikasi mengenai download aplikasi, file atau notifikasi yang kamu tidak paham sebaiknya di close saja.

3. Jangan Nonton Film Streaming

Kalau yang ini nih biasanya sering dijumpai dari bagian ibu rumah tangga atau anak-anak. kenapa? karena remaja biasanya sudah tau akan hal ini. Tetapi berbeda dengan ibu rumah tangga ataupun anak-anak yang sering kali menonton film secara online atau streaming.

Jika kamu biasanya menonton film korea,horror, ataupun kartun secara streaming maka kamu bisa menghindari hal ini agar kuota kamu tidak cepat habis. Tetapi, ada alternatif lain jika kamu masih ingin menontonnya juga. kamu bisa mendownload filmnya terlebih dahulu dan memilih kualitas rendah agar kuota kamu tidak cepat habis.

Perbedaan antara menonton secara online atau streaming dengan film yang sudah di download (offline) adalah

Jika streaming maka kuota internet kamu akan terus menerus mendownload setiap detik film yang kamu tonton dan biasanya pengaturan kualitas akan otomatis yang berarti kualitas film tersebut bergantung pada kecepatan akses internet kamu. Jika sangat cepat maka kualitas video tersebut pun akan semakin tinggi yang mengakibatkan kuota kamu akan tersedot 2x lipat bahkan seterusnya.

4. Jangan Mendengarkan Lagu di Youtube

Hal yang sangat dasar tetapi tidak bisa dianggap sepele kali ini sering kita lihat dimana orang mendengarkan lagu saja tanpa melihat smartphone mereka dan meletakkannya disampingnya sambil tidur di YouTube.

Sebenarnya mendengarkan lagu di Youtube tidak ada salahnya tetapi mengingat situs video terbesar ini mempunyai fungsi utama untuk memberikan fasilitas menonton berupa video saja untuk para penggunanya.

Maka kamu tidak disarankan mendengarkan lagu di YouTube karena kita hanya mendengarkan lagunya saja tetapi kita tidak butuh videonya hal itu pastinya dapat memboros kuota kamu. Tetapi jika kamu ingin mendengarkan lagu di YouTube kamu bisa menggunakan Wifi agar lebih irit dan jika kamu ingin mendengarkan lagunya saja maka ada aplikasi android yang menyediakan fitur tersebut bernama Ymusic.

5. Jangan Ambil Foto Berkualitas Tinggi

Ada kalanya di dunia internet kita butuh dengan sebuah referensi berupa foto ataupun mengambil foto disosial media untuk kebutuhan kita.

Namun tahukah kamu bahwa foto yang berkualitas tinggi juga merupakan salah satu faktor kenapa paket internet kamu cepat habis. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mendownload foto dengan kualitas yang rendah saja. Kamu bisa memilih resolusi atau ukuran file gambar tersebut saat ingin menyimpannya.

6. Jangan Nonton FB Streaming

Tadi kita sudah menjelaskan bahwa menonton film streaming dapat membuat kuota kita menjadi cepat habis. Namun, akhir-akhir ini semenjak facebook mengeluarkan fitur streaming nya dan iklan yang bernama adsbreak banyak sekali gamer yang streaming dan beredar dimana-mana.

Gamer Streaming juga mereka lalukan untuk mendapatkan pendapatan melalui Facebook. Namun, karena banyak sekali orang yang membagikan streaming dari salah satu gamer tersebut maka kamu juga bukan orang yang tidak mungkin untuk melihat streaming mereka karena kebetulan lewat.

Maka dari itu untuk menghindari hal ini jika kamu merasa tidak nyaman dengan streaming atau video yang kamu rasa mengganggu kamu, kamu bisa menyembunyikan nya dengan mengklik icon titik 3 dan sembunyikan. Dengan ini apapun konten yang dibuat oleh halaman, profil facebook tersebut tidak akan muncul lagi di beranda kamu.

7. Jangan Bermain Game

Bermain game juga merupakan aktifitas yang tidak asing lagi, dimana biasanya orang jika bosan akan bermain game untuk menghilangkan rasa bosannya tersebut. Selain banyak kelebihan yang kamu dapatkan dengan bermain game ternyata ada juga beberapa kekurangan dari aktifitas bermain game.

Game yang sekarang populer biasanya memiliki ukuran file yang lebih dari 1 Gigabyte bahkan hingga 3 Gigabyte, dengan ukuran sebesar itu kamu juga biasanya tidak bisa memainkan nya secara langsung kamu disuguhkan untuk mendownload bagian dari dalam game nya lagi.

Dengan ukuran sebesar itu bahkan melebihi jumlah kuota yang kamu miliki mengakibatkan kuota kamu akan tersedot secara cepat. Apa lagi jika proses download terhenti ditengah jalan maka kamu harus melanjutkan nya dengan mengisi kuota internet kamu kembali.

Akhir Kata

Itulah beberapa tips cara menghemat kuota yang bisa kamu gunakan terutama bagi kamu yang ingin berhemat seperti anak kos hehe, adapun kesimpulan yang bisa kita ambil gunakanlah kuota internet kamu dengan hal yang bermanfaat saja jangan melakukan hal yang justru merugikan kamu. Silahkan bagikan artikel ini ke teman-teman kamu ya. See u

YAKIN GAK MAU KOMENTAR?