Cara Mengatasi Tidak Bisa COD di Tokopedia Terbaru

Tidak Bisa COD di Tokopedia

Tidak Bisa COD di Tokopedia – Pada artikel sebelumnya, Saya sudah membahas bagaimana cara melakukan sistem pembayaran cod (bayar di tempat). Namun, ternyata banyak sekali teman-teman yang bertanya “kok menu codnya gak muncul ya bang?”, “kok saya gk bisa cod di tokopedia ya bg?” dan masih banyak pertanyaan lainnya.

Seperti yang kita ketahui salah satu metode pembayaran di tokopedia, COD (bayar di tempat) sangat diminati baik itu untuk penjual maupun pembeli. Karena dengan ada nya fitur ini, pembeli dapat membeli barang apapun yang mereka inginkan dan membayarnya ketika barang sudah sampai. Tentunya pembeli akan semakin banyak dan penjual juga akan meraih keuntungan lebih.

Namun meskipun di tokopedia kamu bisa melakukan COD (Bayar di tempat), tidak semua produk/barang yang bisa kita beli dengan fitur cash on delivery ini. Hal ini disediakan oleh penjual atau pemilik toko tersebut, Jadi kamu gak usah bingung kalau udah milih barang tapi gak ada tombol COD nya.

Nah, buat kamu yang mau mencari barang apa saja yang bisa kita beli dengan sistem COD di tokopedia, kamu bisa menggunakan fitur filter cod tepat di bagian bawah kolom pencarian atas aplikasi tokopedia. Kalau bingung kamu bisa tonton video cara cod di tokopedia pada channel youtube saya. Berikut ini beberapa cara yang menurut saya cukup ampuh mengatasi tidak bisa belanja dengan cod atau bayar di tempat di tokopedia.

Cara Mengatasi Tidak Bisa COD (Bayar di Tempat) di Tokopedia

Disini saya akan memberikan beberapa cara yang bisa digunakan apabila kamu tidak menemukan tombol COD saat melakukan checkout/pembayaran di tokopedia. Saya juga mengurutkan dari cara yang paling banyak dialami oleh teman-teman hingga cara yang mungkin saja juga kamu alami. Jadi silahkan cek apakah cara pertama kamu bisa mengatasi masalah ini atau tidak dan jika belum, lanjut ke cara berikutnya.

Baca juga : Cara Mengatasi Lupa Password Shopee

1. Batas Minimum Pembayaran

kenapa tokopedia tidak bisa cod

Buat kamu yang belum tahu nih, untuk menggunakan sistem pembayaran COD (Bayar di tempat) di aplikasi/situs tokopedia, kamu harus memenuhi minimum pembayaran yaitu Rp.50.000 pertransaksi. Tetapi batas minimum ini berlaku hanya untuk kamu yang pakai kupon gratis ongkir, jadi kamu masih bisa membeli barang yang di bawah 50rb hanya saja kamu harus memilih kurir seperti reguler, ekonomi, kargo atau yang lainnya.

Kekurangannya kamu akan dikenakan ongkos kirim yang biasanya lebih mahal dari pada barang yang kamu beli, Oleh karena itu untuk mengatasi hal ini saya sendiri sering membeli barang yang diperlukan sekaligus dan harus lebih dari 50rb agar bisa menggunakan kupon gratis ongkir. Ya, logikanya kalau kamu relakan uang banyak untuk ongkos kirim yang tidak ada hasil apa-apa, Lebih baik uang tersebut dialihkan ke barang lain bukan?

2. Salah Memilih Kurir

Penyebab menu COD (Bayar di tempat) tidak muncul di tokopedia selanjutnya yaitu kesalahan dalam memilih kurir. Perlu kamu ketahui teman-teman bahwa tidak semua kurir/ekspedisi yang memberikan fasilitas COD (Bayar di tempat), Oleh karena itu kamu perlu memilih kurir yang tepat agar kamu bisa menggunakan sistem cod untuk membeli barang.

Tapi kamu harus hati-hati, kenapa saya bilang begitu? silahkan cek apakah kamu sudah melakukannya dengan benar dengan cara berikut ini!

cara mengaktifkan bayar ditempat tokopedia
  • Pertama silahkan tap Beli pada barang yang ingin kamu bayar.
  • Kemudian pilih pengiriman.
  • Dan pilih salah satu kurir yang terdapat tulisan “Tersedia COD (Bayar di Tempat)” berwarna hijau tepat di bawah nama ekspedisi.
  • Setelah itu tap pada nama ekspedisi, dan pastikan kamu memang memilih kurir yang memiliki tulisan cod atau bayar di tempat.
  • Selesai.

Baca juga : Cara Menggunakan Tokopoints Di Tokopedia

3. Menggunakan Kupon Yang Tidak Berlaku Untuk COD

Sebelumnya di channel youtube saya, Saya pernah membuat tutorial cara cod di tokopedia. Nah muncul pertanyaan dari salah satu teman kita yang bertanya kenapa di aplikasi tokopedia nya tidak terdapat tulisan/menu cod (bayar di tempat). Setelah saya coba bantu melalui japri WA akhirnya saya menemukan penyebab fitur cod ini tidak muncul.

Ternyata masalahnya ada di kupon promo yang ia gunakan, saya sendiri baru tau hal ini karena biasanya setiap kali saya menggunakan kupon promo tetap bisa melakukan COD. Tapi setelah ditelurusi tidak semua kupon promo/diskon yang berlaku untuk metode pembayaran bayar di tempat, kamu bisa lihat keterangan di gambar di bawah ini, disana tertera bahwa “promo tidak berlaku untuk pembayaran OVO Points dan bayar di tempat” pada poin delapan.

cara cod di tokopedia untuk pembeli

Akhirnya saya coba untuk tidak menggunakan kupon promo dan lanjut ke tahap checkout melakukan pembayaran, Alhasil masalah pun teratasi. Opsi cod (bayar di tempat) muncul dan bisa digunakan. Oleh karena itu silahkan pastikan kupon promo yang kamu gunakan benar-benar berlaku untuk sistem pembayaran COD, kamu bisa lihat detail kupon promo untuk mengecek semua keterangan terkait kupon tersebut.

4. Mencapai Limit COD di Tokopedia

Jika tips satu sampai tiga yang telah saya jelaskan di atas tidak mengatasi masalah yang kamu alami, mungkin saja kamu sudah melebihi batas maksimal (limit) penggunakan sistem pembayaran COD (Bayar di tempat) di tokopedia. Jadi, perlu kamu ketahui bahwa sebenarnya kamu hanya bisa menggunakan metode pembayaran dengan COD maksimal 2 kali 1 hari serta maksimal 5 kali dalam 1 minggu. Untuk detail lengkapnya silahkan lihat ketentuan cod berikut ini.

cara cod di tokopedia terbaru

Baca juga : Cara Mendapatkan Shopee Paylater

5. Sering Melakukan Pembatalan COD

Kalau kamu merasa jarang melakukan cod di tokopedia apalagi melebihi batas limit cod pada tips ke 4, Nah mungkin saja kamu sering ngelakuin cancel atau pembatalan cod. Kamu bisa lihat gambar di bawah, sederhananya jika dalam 60 hari kamu melakukan cancel produk yang menggunakan sistem pembayaran cod atau dengan alasan kamu tidak ada di tempat saat kurir mengirim barang maksimal sebanyak 2 kali maka fitur cod (bayar di tempat) pada akun tokopedia kamu bisa di nonaktifkan.

cara pilih metode pembayaran cod di tokopedia

Demikianlah sharing pengalaman saya mengenai cara mengatasi tidak bisa cod di tokopedia dan terbukti membantu teman-teman terutama subscribe di youtube saya, Kalau kamu punya pertanyaan lain terkait aplikasi tokopedia atau seputar teknologi lainnya silahkan tinggalkan di bawah postingan ini. Terima kasih sudah berkunjung, sampai jumpa pada kesempatan selanjutnya.