Contoh Teks Ulasan Singkat Beserta Struktur dan Penjelasannya

Teks ulasan yaitu teks yang memberikan komentar terhadap karya yang dilihat, dibaca atau didengar. Berupa positif dan juga berupa negatif. Teks ulasan ini terdapat di karya-karya seperti novel, majalah, sinetron dan karya-karya lainnya. Teks ulasan ini diulas dalam bentuk sederhana. Dengan kata lain ulasan tidak asing bagi kita semua.

Berikut ini kami akan menjelaskan apa itu teks ulasan, struktur, kaidah dan contoh teks ulasan secara lengkap agar kamu bisa lebih mudah dalam membuat teks ulasan.

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

Pengertian Teks Ulasan

Teks ulasan adalah teks yang bertujuan meninjau suatu karya atau benda untuk mengetahui kualitas, kelebihan, kekurangan dan menginformasikan kepada pembaca atau pendengar atau teks ulasan berarti teks yang mengulas kelebihan dan kelemahan suatu karya atau resensi.

Struktur Teks Ulasan

Struktur teks ulasan dibentuk oleh bagian-bagian seperti identitas karya, orientasi, sinopsis, analisis, dan evaluasi. Selain itu juga di sertai dengan saran-saran kepada pembaca.

Berikut penjelasan tentang struktur teks ulasan :

  • Identitas karya sendiri terdiri dari penerbit, tahun terbit, judul, pengarang, ukuran buku serta tebal halaman buku.
  • Orientasi ==> Gambaran umum tentang sebuah karya atau sebuah benda yang akan ditinjau.Gambaran umum dapat berupa nama, kegunaan dan lainnya.
  • Tafsiran ==> Ringkasan isi bagaimana karya itu dibuat
  • Analisis ==> berupa paparan tentang keberadaan unsur-unsur cerita, seperti tema, penokohan dan alur.
  • Evaluasi ==> Penilaian atau pendapat penulis terhadap kualitas karya berupa kelebihan dan kekurangan karya.
  • Rangkuman ==> Kesimpulan yang bersifat mendukung atau menolak karya yang di ulas.

Kaidah Kebahasaan Teks Ulasan

Sama seperti teks lainnya, teks ulasan juga memiliki karakteristik kaidah kebahasaan nya. Berikut adalah beberapa penjelasan kaidah kebahasaan teks ulasan :

  • Banyak menggunakan konjungsi penerang seperti bahwa, yakni dan yaitu dalam satu paragraf. Contohnya : Ibnu merasa bahwa semua itu hanya secara kebetulan saja. Ia tidak terlalu memperdulikan.
  • Banyak menggunakan konjungsi temporal seperti sejak, semenjak, kemudian dan akhirnya dalam satu paragraf. Contohnya : Kemudian, ia menawarkannya kepada sinta.
  • Banyak menggunakan konjungsi penyebab seperti karena dan sebab dalam satu paragraf.
  • Menggunakan pernyataan-pernyataan yang berupa saran atau rekomendasi pada bagian akhir teks. Hal ini ditandai dengan kata jangan, harus dan hendaknya.

Langkah-langkah Menulis Teks Ulasan

Teks ulasan sendiri ialah sebuah teks yang berisi sebuah pembahasan dan penilaian mengenai buku ataupun karya lain sesuai tafsiran serta pemahaman pembaca terkait isi buku. Hal ini tidak sama dengan jenis teks lain yang memiliki tujuan berbeda.

Berikut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti jika ingin menulis sebuah teks ulasan :

  • Mencatat identitas buku atau karya yang akan di ulas
  • mencatat hal-hal menarik atau penting dari isi buku
  • menelaah kelebihan dan kelemahan isi buku.
  • merumuskan kesimpulan tentang isi dan kesan-kesan buku itu secara keseluruhan
  • membuat saran-saran untuk pembaca.

Contoh Teks Ulasan

Contoh teks ulasan ini di ambil dari kisah film. Film ini sudah banyak di tonton oleh masyarakat dan film ini menceritakan tentang cinta sejati. Judul filmnya adalah :

  • Judul film : Habibie dan Ainun
  • Produksi : MD Pictures
  • Rilis : 2012
  • Durasi : 116 Menit
  • Produser : Dhamoo punjabi, Manoj Punjabi
  • Penulis Skenario : Ginatris S. Noer, Ifan Ardiansyah ismail
  • Sutradara : Faozan Rizal
  • Pemain : Reza Rahardian, Bunga Citra Lestari, Tio Pasukadewo, Ratna Riantiarno, Mike Lucock, Christoffer Nelwan, Vitta Mariana, Esa Sigit.

Ulasan Film Habibie dan Ainun

Orientasi :

Film habibie dan ainun yang disutradari oleh Hanung Bramantyo ini sendiri adalah salah satu jenis film otobiografi yang mengadaptasi sebuah buku karangan bapak B.J Habiebie. Buku tersebut dikarang agar dapat mengenang sosok almarhumah sang istri yaitu Ibu Ainun. Ada banyak karya lagi film dari sutradara indonesia yang hebat ini.

Film ini dibintangi oleh Reza Rahardian dan Bunga Citra Lestari sebagai Habibie dan Ainun dan juga Tio Pasukadewo yang memerankan tokoh presiden Soeharto. Film yang berdurasi 2 jam ini berhasil menghipnotis penontonnya dengan penggabungan tema romansa cinta dan semangat nasionalisme.

Tafsiran :

Perjalanan Cinta Habibie dan Ainun dinilai merupakan salah satu kisah cinta terbaik yang pernah ada di dunia. Film ini mengajarkan kepada penonton akan pentingnya kesetiaan yang digambarkan oleh sosok Habibie dan Ainun. Sikap nasionalisme, kerja keras dan semangat membangun bangsa semua dia rangkum menjadi suatu kesatuan yang sangat baik.

Ada banyak kesan dramatis lewat film ini contohnya Bapak SBY dengan almarhumah sang istri yang tidak disangka bisa mengeluarkan air mata saat menontonnya. Selain itu ada pula kritikan lain mengenai film ini seperti iklan yang tidak sesuai, Akan tetapi tidak mengurangi kualitas film.

Evaluasi :

Asal mula film Habibie dan Ainun yaitu diawali dengan jatuh cintanya Habibie terhadap Ainun. Mereka juga sebenarnya teman 1 sekolah pada tahun 1962 di Bandung. Setelah itu mereka menikah di Jerman setelah melalui berbagai macam rintangan hingga akhirnya mimpi mereka terwujud.

Godaan harta dan kekuasaan pun mengiringi langkah mereka ketika kembali ke Tanah Air. Bagi Habibie, Ainun adalah mata untuk melihat hidupnya. Bagi Ainun, Habibie adalah sosok yang mengisi kasih dalam hatinya. Namun pada akhirnya setiap kisah pasti memiliki akhir dan setiap mimpi yang ingin di capai pasti ada batasnya.

Rangkuman :

Film ini sangat layak untuk ditonton karena didalamnya terdapat banyak sekali pelajaran yang dapat diambil. Kisah cinta yang nyata, ketulusan, pengorbanan, rasa sakit, serta kesetiaan mewarnai alur film ini dari awal hingga akhir. Meskipun film ini sudah tayang tahun 2012, film ini masih sangat layak untuk ditonton karena isi dan makna cerita merupakan pelajaran hidup yang nyata dan akan selamanya menjadi sebuah kisah cinta terbaik sepanjang masa.

Demikianlah penjelasan mengenai Teks Ulasan. Dalam tahap membuat teks ulasan haruslah menggunakan struktur yang jelas agar sesuai dengan kaidah nya.

Contoh yang terdapat pada teks di atas juga menggunakan langkah-langkah membuat teks ulasan sesuai dengan strukturnya. Sebenarnya ada banyak lagi contoh teks ulasan, Tetapi semoga dengan contoh tersebut teman-teman bisa memahami dan mencoba untuk membuat teks ulasan dengan contoh teks menggunakan struktur yang sudah ada.

Tinggalkan komentar