Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, Ciri-Ciri dan Contoh

Teks Laporan Hasil Observasi

Kali ini saya akan membahas mengenai teks LHO atau teks laporan hasil observasi. Teks laporan hasil observasi ini sebenarnya sudah pernah kalian pelajari ketika SMP, semoga kalian masih ingat ya? kalau tidak, tenang kita akan mempelajari ulang mengenai teks LHO.

Baca juga : Contoh Observasi Untuk Sekolah Secara Singkat dan Lengkap

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Di dalamnya ada kata observasi yang berarti teks laporan hasil observasi adalah teks yang berisi tentang bagaimana sih cara untuk menuliskan laporan yang baik dan benar, setelah kita melakukan sebuah pengamatan.

Tujuan adanya teks LHO ini adalah agar kita semakin terampil dalam menuliskan hasil pengamatan kita. Saya yakin kalian pasti sudah sangat pandai untuk mengamati apa saja.

Misalnya mengamati lingkungan tempat tinggal kalian, mengamati situasi, mengamati kondisi, Mengamati tempat hewan, atau tumbuhan.

Perbedaan Teks Laporan Hasil Observasi dan Teks Deskripsi

Teks laporan hasil observasi atau LHO bersifat umum, sedangkan teks deskripsi lebih bersifat khusus.

Contoh LHO diantaranya manusia atau suku Jawa, suku Minang, Melayu, suku Madura, suku Sunda. Jadi cakupan atau obyeknya itu lebih luas.

Kita pelajari dulu yuk perbedaan antara teks LHO dan teks deskripsi.

  1. Teks LHO itu bertujuan untuk melaporkan hasil pengamatan kita secara objektif dan sistematis bahkan teks LHO ini juga untuk membuktikan sebuah teori atau memecahkan suatu permasalahan.
  2. Sedangkan kalau teks deskripsi itu fungsinya adalah untuk menggambarkan secara detail atau memberikan gambaran kepada pembaca tentang apa yang kita Tuliskan atau tentang suatu hal yang akan kita Deskripsikan.
  3. Teks LHO itu ditulis secara objektif dan netral sedangkan kalau teks deskripsi itu ditulis secara subjektif atau si penulis boleh memberikan kesan pribadinya di dalam teks deskripsi.
  4. Struktur dari teks LHO yang pertama adalah pernyataan umum atau klasifikasi, deskripsi bagian dan deskripsi manfaat. Sedangkan untuk teks deskripsi strukturnya adalah identifikasi, klasifikasi dan deskripsi bagian.

Jadi dari teks laporan hasil observasi dan teks deskripsi strukturnya, isi di dalamnya itu jelas berbeda.

Contohnya kalau misalnya kita akan membahas mengenai boneka, boneka Itu kan mainan anak-anak yang berbentuk bisa menyerupai manusia, hewan, tumbuhan atau hal-hal yang lain.

Nah kalau teks LHO itu boleh menuliskan tentang boneka, karena boneka itu kan umum, Nah di dalamnya nanti kita bisa menjabarkan jenis-jenis boneka. Misalnya Boneka terbuat dari kayu dari kain dan lain-lain.

Sedangkan untuk teks deskripsi itu kita hanya perlu mendeskripsikan satu boneka. Contohnya adalah boneka Annabelle. Nah teks deskripsi ini otomatis akan menuliskan boneka Annabelle itu seperti apa sih ciri fisiknya dan lain-lain.

Baca juga : Pengertian Proposal Serta Penjelasan & Contoh Setiap Jenisnya

Ciri-Ciri Teks Laporan Hasil Observasi

Selanjutnya kita akan bahas mengenai ciri dari teks LHO.

  1. Bersifat umum atau global dan universal.
    Tadi kita sudah membahas bahwa teks LHO itu memang bersifat umum, Jadi kalau misalnya kita membahas mengenai boneka berarti boneka secara umumnya atau secara globalnya Seperti apa atau kalau misalnya kita membahas nilai manusia maka kita pilih manusia secara umum, boleh manusia mungkin dari suku Jawa suku Sunda dan lain-lain. Tetapi kalau yang deskripsi tadi berarti kita ambil satu manusia yang kita Deskripsikan.
  2. Objek yang dituliskan atau diceritakan adalah objek tunggal.
    Tunggal disini maksudnya adalah kalau misalnya kita membicarakan tentang boneka Ya sudah kita bicarakan tentang boneka, bukan mainan lain misalnya ada mobil-mobilan atau ada pistol-pistolan dan lain-lain. Jadi kita cuma ambil mainan yang boneka itu tadi.
  3. Ditulis secara lengkap dan sempurna.
    Otomatis penulisannya itu harus lengkap dan sempurna agar pembaca itu tahu apa yang sudah dia amati, makanya strukturnya itu harus lengkap mulai dari pernyataan umum atau klasifikasi deskripsi bagian dan deskripsi manfaat.
  4. Dituliskan berdasarkan fakta-fakta sesuai pengamatan yang baru saja dilakukan.
    Jadi teks LHO ini tidak bersifat opini, kalau misalnya kita membahas mengenai boneka itu tadi kita tidak boleh memberikan opini atau pendapat kita tentang boneka misalnya saya lebih suka mainan mobil-mobilan daripada boneka. Nah itu tidak boleh karena bersifat objektif.
    Beda kalau misalnya kalian nanti menuliskan tentang Annabelle nah kemudian bagi kalian Mungkin Annabelle itu menyeramkan, tapi mungkin bagi orang lain tidak menyeramkan. Itu boleh-boleh saja untuk teks deskripsi tapi kalau untuk teks LHO itu harus objektif.
  5. Harus bisa dibuktikan kebenarannya.
    Kenapa? karena teks LHO itu kan Berdasarkan pengamatan, otomatis hasil dari pengamatan itu nanti bisa dijadikan patokan atau rujukan untuk orang lain sebagai sumber ilmu atau pembelajaran sehingga kebenarannya harus bisa dipertanggungjawabkan.
  6. Strukturnya harus berkesinambungan.
    Berkesinambungan itu maksudnya adalah saling terikat dan terangkai, otomatis dalam menuliskan teks laporan hasil observasi antar strukturnya itu harus saling terikat dan nyambung antara pernyataan umum deskripsi bagian ke manfaat.

    Itu tadi pengertian Teks Laporan Hasil Observasi, perbedaan teks LHO dan teks deskripsi beserta ciri-ciri teks LHO dan contohnya, semoga kalian paham tentang teks LHO ini.

    Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com
    Exit mobile version