Mengindentifikasi Ciri Objek, Tujuan, Contoh dan Isi Teks Deskripsi

Mengindentifikasi Ciri Objek, Tujuan, Contoh dan Isi Teks Deskripsi

Tahukah kamu apa itu teks deskripsi ? Atau dapatkah kamu mengenali teks deskripsi ? Ya teks deskripsi bisa kamu perhatikan dan bisa kamu baca dari info perjalanan yang mendeskripsikan keindahan wisata Indonesia ?

teks deskripsi juga dapat ditemukan di buku yang berisi informasi perjalanan, dalam film atau cerpen, majalah perjalanan dan program televisi tentang jalan-jalan.

pada kali ini mimin akan membahas tentang teks deskripsi. Apa saja ciri teks deskripsi dari segi tujuan dan objek yang dideskripsikan ?

nah sebelum lanjut kita akan bahas satu persatu. yuk disimak ?

Apa itu teks dekripsi ?

Teks Deskripsi adalah teks yang berisi tanggapan deskriptif dan personal terhadap objek. Teks deskripsi memaparkan atau menggambarkan dengan kata-kata secara jelas dan terperinci dari sudut pandang subjektif penulisnya. Teks deskripsi disebut juga teks tanggapan deskriptif.

Lalu apa ciri Tujuannya ?

Ciri Tujuan Teks Deskripsi yaitu menggambarkan objek dengan cara memerinci objek secara subjektif atau melukiskan kondisi objek dari sudut padang penulis. Teks deskripsi bertujuan menggambarkan/melukiskan secara rinci dan penggambaran sekonkret mungkin suatu objek/ suasana / perasaan sehingga pembaca seakan-akan melihat, mendengar, dan mengalami apa yang di deskripsikan.

selanjutnya apa ciri objek yang dideskripsikan ?

Objek yang dibicarakan pada teks dekripsi bersifat khusus (objek tertentu yang kemungkinan berbeda dengan objek lain). Objek yang di deskripsikan bersifat pendapat personal. Ciri ini tergambar pada judul berisi objek pada konteks tertentu.

dan yang teakhir yaitu ciri isi teks deskripsi

Ciri isi ini terdapat 3 bagian yaitu :

  1. isi teks deskripsi di perinci menjadi perincian bagian-bagian objek
  2. isi teks deskripsi menggambarkan secara konkret
  3. isi teks dekskripsi bersifat personal dengan kandungan emosi sehingga menggunakan kata-kata dengan emosi kuat.

Itulah pembahasan kita, selanjutnya mimin akan memberikan contoh supaya teman-teman paham bagaimana teks deskripsi ini.

Teks 1

Parangtritis nan Indah

salah satu andalan wisata Kota Yogyakarta adalah pantai parangtritis tepatnya berada
dikecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini terletak sekitar
75 km arah selatan Yogyakarta.

pemandangan pantai parangtritis sangat memesona. Disebelah kiri , terlihat tebing yang snagat tinggi, disebelah kanan, kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap menjaga gempuran ombak yang datang setiap saat.pantai bersih dengan buih-buih putih bergradasi abu-abu dan kombinasi hijau sungguh elok.

kemolekan pantai serasa sempurna disore hari. Disore hari, kta bisa melihat matahari terbenam yang merupakan saat sangat istimewa. Lukisan alam yang sungguh memesona.semburar=t warna merah keemasan di langit dengan kemilau air pantai yang tertimpa matahari sore menjadi pemandangan yang memukau. Sumber Buku pelajaran SMP Kelas VII.

Teks 2

Ibu, Inspirasiku

Ibuku wulandari. Mukanya selalu bersinar seperti bulan. cocok sekali dengan namanya yang berarti bulan bersinar. mukanya bulat dengan alis tipis seperti semut beriring. kulit ibuku sawo matang, khas wanita jawa. beliau tidaklah tinggi, tidak pula pendek. Rambutnya hitam bergelombang. Sampai usia 56 Tahun kulihat rambutnya masih legam tanpa semir. pandangan matanya yang kuat kini sudah mulai sayu termakan usia. Namun mata hatinya tetap kuat bagaikan baja.

ibu adalah wanita yang sangat baik. dia ramah dan tutur katanya lembut kepada siapa saja. dia sangat suka membantu orang lain, terutama yang sedang dalam kesusahan. profesinya sebagai guru semakin mengokohkan prinsipnya untuk selalu mengajarkan kebaikan kepada sesama.

meskipun sudah berumur, ibuku masih menuntut ilmu. ibuku melanjutkan ke jenjang S2. Padahal harusnya dia sudah tidak disibukkan oleh tugas kuliah. tetapi, sepertinya ibuku sangat menikmati sekolahnya. sambil bernyanyi kecil dia mengerjakan tugas kuliahnya. belajar terus sepanjang hayat, itulah semboyannya.

Dari contoh kedua teks tersebut diatas. Maka buatlah daftar teks deskripsi, mulai dari ciri objek, ciri tujuan dan isi teks deskripsi. Yuk perhatikan tabel di bawak ini !

Teks Objek/Hal yang dideskripsikanTujuanIsi Teks Deskripsi
1Pantai ParangtritisMenggambarkan keindahan pantai parangtritiskeindahan fisik pantai, keindahan sore hari, suasana kegiatan pantai dan banggaa dengan keindahan pantai parangtritis
2Ibu, Inspirasikumenceritakan sosok ibu yang tangguh, dan mengaguminyaciri fisik, kebaikan sosial, semangat belajar ibuku dan kekaguman sekaligus kebanggaan

Dari tabel diatas, dapat kita simpulkan bahwa :

  1. untuk mengetahui apa yang menjadi objek atau hal yang dideskripsikan yaitu dengan cara melihat judul terlebih dahulu, seperti pada teks 1 menceritakan tentang pantai parangtritis, maka yang menjadi objeknya adalah pantai parangtritis.
  2. untuk mencari tujuan dari teks deskripsi maka, kita terlebih dahulu membaca teks yang disediakan, contohnya pada teks ke 2 yaitu tentang ibu, inspirasiku. Tujuan nya adalah menceritakan sosok ibu yang tangguh dalam usia nya yang sudah tua masih ingin belajar dan melanjutkan ke S2.
  3. isi teks deskripsi memerinci atau mengkonkretkan objek. artinya isi dengan judul harus lah sama, contoh pada teks 1 yaitu objek nya adalah pantai parangtritis maka isi nya yaitu bisa dengan rincian atau perasaan terhadap objek.

nah teman-teman itulah yang bisa mimin jelasin tentang teks deskripsi. semoga teman-teman memahami penjelasan yang mimin buat.