Pengertian, Struktur dan Tips Menulis Teks Ceramah yang Baik

Teks Ceramah

Kali ini kita akan membahas mengenai teks ceramah untuk kelas 11 SMA materi ketiga adalah tentang ceramah. Di kehidupan sehari-hari pasti kita sudah sering sekali mendengar yang namanya ceramah, seperti di masjid, di sekolah, dan lain-lain.

Disini afrizatul akan menjelaskan apa itu ceramah hingga bagaimana membuat ceramah yang baik dan benar.

Seperti yang sudah kalian ketahui dan kalian bayangkan ceramah itu pasti berbicara di depan banyak orang.

Ketika membahas materi ceramah banyak sekali siswa yang mengeluh, kenapa?karena mereka tahu pada akhirnya di materi kali ini mereka akan berbicara didepan teman-teman mereka yakni berceramah.

Padahal harusnya hal ini tidak usah dirisaukan, karena pada zaman sekarang banyak sekali contoh-contoh ceramah dan kiat-kiat atau tips ceramah yang baik dan benar.

Perbedaan Ceramah, Pidato, Khotbah dan Sambutan

Ceramah, pidato, khotbah dan sambutan memiliki persamaan dan perbedaan, persamaannya tentu saja ke-4 hal tersebut sama-sama merupakan salah satu bentuk berbicara di depan umum atau audiens.

Tidak mungkin ada orang yang berceramah kemudian dia hanya menceramahi dirinya sendiri. ceramah, khotbah, sambutan dan pidato pasti di depan audiens.

Perbedaannya kalau pidato itu merupakan ibu dari ceramah, khotbah dan sambutan. maksudnya seperti apa? jadi kalau kita bayangkan pidato itu merupakan lingkaran besar.

Lingkaran besar tentang berbicara di depan umum, sedangkan ceramah, khotbah dan sambutan merupakan anak-anaknya atau jenis-jenis dari pidato.

Perbedaannya adalah kalau ceramah otomatis topik yang sangat beranekaragam bisa tentang ceramah pendidikan, ceramah kesehatan, ceramah norma, ceramah kesusilaan dan lain sebagainya. Sedangkan kalau khotbah itu biasanya temanya tentang keagamaan.

Kalau sambutan biasanya dilakukan sebelum adanya suatu acara, jadi sambutan ini adalah bagian dari sebuah susunan acara. misalnya ada acara wisuda makanan ada sambutan dari kepala sekolah, sambutan dari komite dan lain sebagainya.

Pengertian Teks Ceramah

Kita lanjut sekarang apa sih ceramah itu? ceramah adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum yang bertujuan untuk memberikan informasi maupun pengetahuan kepada audience atau pendengarnya.

Jenis Informasi Teks Ceramah

Nah di dalam ceramah ternyata ada beberapa informasi yang disampaikan jenis-jenis informasi yang disampaikan ketika berceramah :

  1. informasi berdasarkan fungsi, di dalam ceramah tujuannya atau fungsinya untuk apa? apakah memberikan informasi? atau memberikan edukasi? atau pengetahuan? dan apakah ceramah tersebut memberikan hiburan?. jadi di dalam jenis ceramah tersebut nanti dikategorikan fungsinya untuk apa.
  2. informasi berdasarkan format penyajian, seperti yang kita ketahui kalau zaman dahulu yang namanya ceramah itu kan pasti secara langsung ya. misalnya ceramah di lapangan di sekolah, di kantor kelurahan dan lain sebagainya. tapi seiring perkembangan zaman yang namanya format penyajian ceramah itu bisa melalui televisi, siaran radio ataupun bahkan di youtube serta media sosial
  3. berdasarkan lokasi peristiwa, dalam berceramah itu biasanya dibedakan lokasinya, apakah itu lokasinya hanya lingkup kecil seperti di kelurahan mungkin di rt atau yang lebih besar kecamatan lebih tinggi lagi di kabupaten, di dalam negeri atau misalnya di luar negeri itu adalah berdasarkan lokasi peristiwa.
  4. informasi berdasarkan bidang kehidupan, di dalam kehidupan manusia ada banyak sekali bidang-bidangnya. contoh ceramah di bidang kesehatan, ceramah di bidang pendidikan, di bidang ekonomi, sosial, politik, hukum dan lain sebagainya.
  5. informasi berdasarkan bidang kepentingan, jadi kepentingan dari ceramah itu untuk apa? apakah yang pertama untuk keselamatan pembaca misal ceramah tertib berlalulintas, apakah tentang perubahan hidup seseorang, apakah tentang peluang usaha, apakah tentang cara, tips atau trik, nah jadi ada empat hal keselamatan, perubahan kehidupan audiens, peluang dan yang terakhir adalah cara-cara atau kiat tips dan lain sebagainya.

Baca juga : Contoh Soal Kelas 4 SD Agama Islam beserta jawabannya

Struktur Teks Ceramah

Apa struktur atau bagian-bagian dari ceramah yang perlu kalian ketahui dan nantinya kalian akan membuat ceramah?

  1. Pendahuluan atau disebut juga tesis, di dalam pendahuluan biasanya berisi salam, sapaan, ucapan, dan tentang permasalahan dari ceramah yang ingin disampaikan.
  2. Isi, isi atau disebut juga sebagai rangkaian argumen tentu saja berisi tentang inti ceramah apa yang ingin kalian sampaikan. nah jadi di dalam isi atau rangkaian argumen itu berisi tentang apa saja yang harus disampaikan kepada audiens.
  3. Penutup, penutup merupakan penegasan kembali apa saja yang sudah disampaikan manfaat dari ceramah yang disampaikan dan tentu saja nanti ada ucapan maaf, ucapan terima kasih sudah diberikan kesempatan dan yang terakhir adalah salam penutup.

Jadi itu tadi adalah struktur dari ceramah, saya yakin kalian pasti setelah ini bisa menuliskan ceramah dengan baik dan benar.

Kaidah Kebahasaan Teks Ceramah

Lanjut, ceramah memiliki ciri-ciri bahasa yang berbeda dengan teks yang lainnya. apa saja itu kaidah kebahasaan teks ceramah?

  1. menggunakan kata ganti orang, kalian tahu kata ganti orang? benar, kata yang menggantikan nama orang contohnya kamu, aku, kita yang penting dengan bahasa baku ya.
  2. menggunakan kata-kata teknis, apa itu kata-kata teknis? kata kata teknis adalah kata-kata yang khas dalam sebuah tema.
  3. menggunakan kata-kata yang menunjukkan hubungan sebab akibat dan yang menunjukkan hubungan temporal. nah kata yang menunjukkan hubungan sebab akibat atau argumentasi contohnya : oleh sebab itu, oleh karena itu, maka dan lain sebagainya. sedangkan yang menunjukkan hubungan temporal contohnya adalah kemudian, lalu, setelah itu dan lain sebagainya.
  4. menggunakan kata kerja mental, kata kerja mental itu adalah kata kerja yang sedang melakukan sesuatu contohnya : menyapu, mengepel, mencuci, menendang, mencintai dan lain sebagainya.
  5. menggunakan kata-kata persuasif, apa itu kata persuasif? kata-kata persuasif adalah kata-kata yang mengajak membujuk. biasanya menggunakan partikel atau akhiran lah contohnya : kembalilah, makanlah, minumlah, ayolah dan lain sebagainya.

Cara Menulis Teks Ceramah yang Baik dan Benar

Selanjutnya bagaimana sih cara menuliskan ceramah yang baik?

1. Menentukan Topik

Menentukan topik, topik itu adalah apa yang ingin kalian sampaikan di ceramah tersebut. contohnya adalah topik tentang kebersihan, tentang kemandirian, tentang norma, tentang hukum dan lain sebagainya.

2. Menentukan Tujuan

menentukan tujuan, nah kalau tadi misalnya topik itu kan apa yang ingin disampaikan sedangkan tujuan untuk apa ceramah itu nanti akan disampaikan.

Tujuan ada 2 yakni tujuan umum dan tujuan khusus.

Tujuan umum ceramah ada 3 jenis :

  1. ceramah yang bertujuan untuk informatif, berarti ceramah tersebut berisi tentang informasi-informasi yang ingin disampaikan kepada pendengarnya.
  2. ceramah yang bertujuan untuk persuasif, berarti ceramah tersebut digunakan untuk mengajak untuk melakukan hal baik atau mengajak untuk menjaga lingkungan agar bersih dan lain sebagainya.
  3. ceramah yang bertujuan untuk rekreatif, berarti ceramah tersebut dibuat bertujuan untuk memberikan hiburan kepada pendengar atau audience nya.

Itu tadi tujuan umum ceramah, nah tujuan khusus itu apa?

Tujuan khusus otomatis lebih terarah. contohnya kalau tadi tujuan umumnya adalah informatif memberikan pengetahuan tujuan khususnya adalah memberitahukan pengetahuan tentang apa

apakah tentang banyaknya suku bangsa di indonesia? apakah tentang pentingnya menjaga kesatuan dan persatuan di indonesia?

Nah itu kan berarti tujuan-tujuan kecil yang akan disampaikan.

3. Membuat Kerangka Ceramah

Setelah menentukan tujuan ketiga adalah membuat kerangka ceramah sesuai data yang sudah kalian persiapkan.

ingat ya kerangka ceramah itu, kalau misalnya kalian belum pernah menuliskan ceramah sebelumnya maka kerangka ceramah itu nanti harus lebih detail.

Tapi bagi yang sudah sering menuliskan ceramah, itu biasanya dia hanya langsung ke inti-inti yang ingin disampaikan. jadi sesuaikan pembuatan kerangka ceramah itu dengan kemampuan kalian karena antara satu orang dengan orang yang lainnya itu berbeda.

Kerangka ceramah ini juga sangat penting, kenapa? karena ketika kita berceramah itu kan kadang ada bagian-bagian dimana kita lupa akan kata atau akan alur yang kita sampaikan. maka tidak mungkin kita akan membaca satu persatu kata yang sudah menjadi teks ceramah itu, pasti akan mempersulit kita dalam penyampaian ceramah.

Kerangka ceramah inilah yang akan kita ingat-ingat, apabila oh tadi saya sudah salam berarti sekarang sapaan, setelah sapa oh berarti ucapan terima kasih dan lain sebagainya.

Tentu saja setelah membuat kerangka ceramah, kita perlu mengembangkan kerangka tadi menjadi ceramah yang utuh dengan bahasa yang baik dan benar.

Dalam mengembangkan sebuah kerangka ceramah menjadi ceramah yang utuh diperlukan sebuah bakat, tapi bakat ini sebenarnya bisa dipupuk. Di pupuknya adalah kalian sering baca sering mendengar maka kosakata kalian akan semakin banyak.

Nah jadi bagi kalian yang sampai saat ini masih kekurangan kosakata, perbanyaklah membaca dan menyimak.

Baca juga : Ragam Bahasa: Pengertian, Fungsi, Ciri-ciri dan Contohnya

Tips Menulis Teks Ceramah

Berikut ini sedikit tips bagaimana ketika kalian sudah punya teks ceramah, tapi masih kurang maksimal ketika disuruh berbicara di depan.

  1. kalian harus sering-sering berlatih untuk berbicara di depan dalam kesempatan apapun.
  2. kalau kalian sudah harus berbicara di depan dan kalian masih gugup, maka kalian jangan memandang mata teman kalian.
  3. kalian harus yakin, karena ketidakpercayaan diri itu sebenarnya adalah dari ketidakyakinan. maka kalian harus menguatkan iman, menguatkan mental dan katakan di dalam hati bahwa saya bisa, dan saya pasti bisa.
  4. kalian mulai mencari model atau contoh, siapa sih kira-kira orang yang ingin saya tiru dalam berceramah? sudah banyak sekali contoh-contoh diluar sana tokoh-tokoh yang pandai dalam public speaking dalam berceramah, menyampaikan sesuatu.

Saya yakin dan percaya semua orang bisa ceramah, bayangkan saja nanti kalian pada saatnya tetap harus berani berbicara di depan umum. maka latihlah mulai dari sekarang.

itu tadi pembahasan mengenai materi teks ceramah. mohon maaf jika terjadi kesalahan. Semoga pembahasan ini dapat membantu kamu untuk siap pada saat tampil berceramah dimanapun.

Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com
Exit mobile version