Teknik Informatika Adalah: Syarat, Mata Kuliah dan Prospek Kerja

Teknik Informatika Adalah: Syarat, Mata Kuliah dan Prospek Kerja

Halo teman-teman yang baru saja lulus dari sekolah menengah atas (SMA) atau yang sudah berkuliah di jurusan teknik informatika di universitas luar negri dan dalam negri seperti Universitas Islam Riau (UIR), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Riau (UNRI), dan universitas yang terdapat jurusan teknik informatika lainnya.

Nah bagi kamu yang belum tau atau sudah tau tetapi lupa tentang apa sih itu jurusan teknik informatika? apa syarat-syarat masuk ke jurusan teknik informatika? apa saja sih mata kuliah di jurusan tersebut, dan apa prospek kerja kedepannya?

Tenang, Disini afrizatul.com akan memberikan penjelasan mengenai pengertian teknik informatika, lalu syarat jika kamu ingin masuk ke jurusan teknik informatika, mata kuliah yang ada pada jurusan teknik informatika dan prospek kerja untuk kedepannya agar kamu lebih yakin untuk masuk kejurusan yang satu ini.

Pengertian Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah salah satu jurusan yang ada pada fakultas teknik yang sangat berkaitan erat dengan logika, matematika, serta pengolahan data yang kemudian diterapkan ke teknologi komputer sehingga mendapatkan hasil yang lebih optimal.

Syarat-Syarat Masuk Teknik Informatika

Untuk kamu yang ingin masuk ke jurusan teknik informatika yang keren ini kamu harus membaca terlebih dahulu apa saja sih syarat-syarat untuk masuk ke jurusan teknik informatika agar tidak salah pilih jurusan dan menyesal di kemudian hari.

Logika

Hal yang perlu kamu ketahui sebelum masuk ke jurusan teknik informatika kamu harus memiliki logika yang tinggi karena dari pengertian teknik informatika yang afrizatul.com bahas tadi bahwa jurusan teknik informatika ini sangat berkaitan erat dengan yang namanya logika. Jadi pertimbangkan terlebih dahulu apakah kamu merasa memiliki logika yang kuat.

Menurut sebagian orang yang ingin masuk ke jurusan teknik informatika memiliki logika yang kuat, Tetapi faktanya ada juga mereka yang ingin menggali dan menambah logika mereka supaya lebih kuat lagi dengan masuk ke jurusan ini.

Matematika

Berbicara tentang logika pastinya kamu sudah terpikir dibenak kamu bahwa logika juga sangat kuat kaitannya dengan salah satu bidang studi matematika ini. Mengingat di jurusan teknik informatika sendiri kamu juga akan sering dihadapi dengan perhitungan-perhitungan matematika.

Jadi kamu bisa mempertimbangkan apakah kamu suka dengan pelajaran matematika? banyak sekali faktor kenapa orang banyak yang tidak suka dengan pelajaran yang satu ini. Tetapi, jika kamu merasa ingin mempelajari dan menekuni matematika kamu bisa masuk ke jurusan teknik informatika.

Pengalaman saya sendiri sebenarnya saya juga ragu untuk masuk ke jurusan teknik informatika karena saya merasa saya tidak memenuhi syarat yang satu ini. Saya sangat tidak suka dengan matematika tetapi saya suka dengan logika. Aneh kan? begitulah saya namun saya tetap berniat dan menetapkan target saya harus bisa matematika. Hasilnya alhamdulillah saat ini saya sudah di semester akhir di jurusan teknik informatika ini dan saya jalankan dengan rasa bangga masuk ke jurusan keren ini.

Kreatif

Kreatifitas memang hal yang sangat perlu kamu miliki jika kamu ingin masuk ke jurusan teknik informatika. Pasalnya, kamu adalah seorang mahasiswa yang bukan pelajar lagi. Kamu harus bertindak mandiri dalam melakukan sesuatu dan kreatif.

Karena di jurusan teknik informatika ini kamu ditarget untuk menghasilkan sesuatu contohnya : Program aplikasi yang sebenarnya sudah sangat banyak bertebaran di internet, kamu bisa mengeksplor lebih jauh lagi tentang aplikasi tersebut dan menganalisa apakah yang kurang dari program tersebut. contoh sederhana lainnya adalah saat kamu mengedit video atau foto kamu supaya lebih menarik dan membuat orang menjadi kagum terhadap hasil editan kamu yang kreatif.

Suka Membaca

Membaca memang saat ini sangat banyak ditinggalkan karena perkembangan teknologi yang membuat orang ketika ingin mengetahui sesuatu melihat video yang ada pada YouTube misalnya. Tetapi tahukah kamu bahwa sebenarnya membaca sangat diperlukan jika kamu ingin masuk ke jurusan teknik informatika.

Contohnya karena teknik informatika berhubungan dengan menghasilkan sebuah program aplikasi. Kamu akan membaca deretan kode bahasa pemograman yang kamu buat lalu setelah kamu memahami nya dan logika kamu jalan maka kamu bisa melanjutkan apa yang akah kamu buat setelah itu.

Jika ada yang tidak kamu ketahui kamu bisa browsing di internet sangat banyak sekali referensi mengenai bahasa pemograman, jika dalam website atau blog tidak ada kamu juga bisa menonton video. Jika tidak teratasi juga masalah kamu, kamu bisa mencari dengan kata kunci bahasa inggris salah satu website yang membahas mengenai trial and error bahasa pemrograman yang cukup populer dan sering saya kunjungi adalah stackoverflow

Tekun dan Pantang Menyerah

Hal lainnya yang harus kamu miliki sebagai seseorang mahasiswa di jurusan teknik informatika adalah sifat tekun dan pantang menyerah. Karena jika kamu memiliki sifat yang sangat penting ini kamu akan menjalani semuanya dengan mudah.

Saya akan sedikir berbagi pengalaman saya di jurusan teknik informatika, saya seorang mahasiswa di Universitas Islam Riau (UIR) dan saat ini saya sudah ada di semester akhir, banyak sekali rintangan maupun tantangan yang saya hadapi di jurusan ini. Tetapi adanya semangat, dukungan dari orang sekeliling saya. Akhir nya saya menjalaninya dengan mudah.

Seringkali saya minder saat teman saya ada yang wisuda duluan dari saya yang sama masuknya dengan saya tetapi saya sendiri belum kelar wisuda hingga saat artikel ini ditulis, tetapi saya tetap fokus dan saya memiliki target saya wisuda dengan sebuah hasil yang bisa saya gunakan jika saya lulus nanti. Jadi, saya tidak ingin lulus wisuda tanpa memiliki skill apapun. Untuk mencapai target tersebut saya sering kali belajar otodidak di internet.

Mata Kuliah Teknik Informatika

Mengingat banyak sekali universitas, institut yang terdapat jurusan teknik informatika. Jadi banyak pula mata kuliah teknik informatika yang berbeda-beda pada tiap universitas. Oleh karena itu saya akan membagikan mata kuliah pada Universitas Islam Riau (UIR) yaitu universitas tempat saya kuliah sendiri. Silahkan jika ada yang ingin menambahkan komentar di bawah ya.

Semester 1

  1. BAHASA INGGRIS I
  2. LOGIKA INFORMATIKA
  3. PEMOGRAMAN KOMPUTER I
  4. PENDIDIKAN AGAMA
  5. PENDIDIKAN PANCASILA
  6. PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI
  7. TATA TULIS KARYA ILMIAH

Semester 2

  1. AL-ISLAM
  2. BAHASA INGGRIS II
  3. MATEMATIKA DISKRIT
  4. ORGANISASI & ARSITEKTUR KOMPUTER
  5. PEMROGRAMAN BERORIENTASI OBJEK
  6. PEMROGRAMAN KOMPUTER II
  7. PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
  8. SISTEM INFORMASI

Semester 3

  1. ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
  2. ALJABAR LINEAR DAN MATRIKS
  3. BASIS DATA I
  4. IBADAH DAN SYARIAH
  5. PEMROGRAMAN WEB I
  6. REKAYASA PERANGKAT LUNAK
  7. SISTEM OPERASI

Semester 4

  1. BASIS DATA II
  2. JARINGAN KOMPUTER
  3. KECERDASAN BUATAN
  4. PEMROGRAMAN MULTI PLATFORM (JAVA)
  5. PEMROGRAMAN WEB II
  6. PROBABILITAS DAN STATISTIK
  7. STUDI KEPEMIMPINAN ISLAM

Semester 5

  1. DASAR PEMROGRAMAN MOBILE
  2. DESAIN DAN ANALISIS ALGORITMA
  3. GRAFIKA KOMPUTER
  4. KEAMANAN KOMPUTER DAN JARINGAN
  5. METODOLOGI PENELITIAN
  6. PEMROGRAMAN VISUAL
  7. WEB PLATFORMS (Kosentrasi)

Semester 6

  1. KECAKAPAN ANTAR PERSONAL
  2. KERJA PRAKTEK (KP)
  3. KEWIRAUSAHAAN TEKNOLOGI
  4. MOBILE PLATFORMS (Kosentrasi)
  5. PENGOLAHAN CITRA
  6. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN
  7. SISTEM TERDISTRIBUSI
  8. TEORI BAHASA DAN AUTOMATA

Semester 7

  1. ANIMATION PLATFORMS (Kosentrasi)
  2. CYBER LAW
  3. ETIKA PROFESI
  4. INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER
  5. KEAHLIAN BERKOMUNIKASI
  6. MANAJEMEN PROYEK TEKNOLOGI INFORMASI
  7. SAINS KOMPUTASI

Semester 8

  1. SKRIPSI I
  2. SKRIPSI II

Itulah mata kuliah jurusan teknik informatika di Universitas Islam Riau (UIR) yang sekarang tempat saya kuliah sendiri. Dan ada beberapa mata kuliah kosentrasi yang mungkin akan berbeda jika kamu yang memilih kosentrasi lain. Untuk itu insyallah saya akan jelaskan juga kosentrasi apa saja yang ada di jurusan teknik informatika di blog afrizatul.com ini.

Prospek Kerja Lulusan Teknik Informatika

Nah ini nih yang di tunggu-tunggu karena kamu yang ingin masuk ke jurusan teknik informatika yang sudah membaca apa itu teknik informatika dan syarat-syaratnya pasti juga bertanya jika lulus wisuda dan mendapatkan gelar sarjana dari teknik informatika bisa kerja apa sih?

Berikut ini afrizatul.com akan membagikan beberapa daftar profesi yang bisa kamu raih jika lulus dari jurusan teknik informatika.

System Analyst

Jika kamu menjadi seorang system analyst kamu akan bekerja dengan cara menganalisa tentang sistem perangkat yang kemudian kamu rekomendasikan. Kamu juga dituntut untuk memberikan solusi dalam menganalisa sebuah program, sistem, atau aplikasi. Tetapi semua skill tersebut bisa kamu dapatkan di dalam kuliah jurusan teknik informatika.

Konsultan IT

Yang pastinya jika kamu lulus dijurusan teknik informatika kamu juga bisa menjadi seorang konsultan IT. Profesi ini juga sangat dibutuhkan ketika ada sebuah perusahaan yang ingin berkonsultasi tentang program, sistem maupun aplikasi yang kemudian kamu berikan rekomendasi. Ilmu tersebut akan kamu dapatkan jika kamu masuk ke jurusan teknik informatika.

Web Programmer

Profesi yang satu ini berhubungan dengan website. Kamu bisa menjadi seorang web programmer yang bertugas dalam segala kebutuhan website contohnya website perusahaan yang kemudian kamu buat dengan ilmu web yang telah kamu dapatkan semasa kuliah. Web Programmer sendiri merupakan salah satu profesi yang paling banyak diminati oleh mahasiswa lulusan teknik informatika.

Web Designer

Jika tadi web programmer yang membuat website secara keseluruhan. Kamu juga bisa menjadi seorang web designer yang tugasnya membuat layout atau tampilan website saja. Ilmu yang kamu harus kuasai adalah bahasa pemograman HTML, PHP, CSS, dan Mysql. dan ini juga kamu dapatkan semasa kuliah di teknik informatika. Profesi ini sangat cocok bagi kamu yang kreatif dan suka menggambar.

Freelancer

Ada banyak sekali profesi yang bisa kamu raih jika lulus dari jurusan teknik informatika contoh nya menjadi seorang freelancer yaitu menjadi sebuah pekerjaan melalui internet secara online tidak offline di dunia nyata. Saya sendiri saat ini sudah menjalani profesi ini sebelum masuk kuliah dan dengan banyak nya pengalaman yang saya dapatkan mempermudah saya untuk mempelajari sesuatu yang baru tetapi inti dasarnya sama saja.

Profesi Freelancer ini sangat cocok untuk kamu yang lulus dari jurusan teknik informatika dan bekerja online sebagai sambilan kemudian juga bekerja di dunia nyata untuk menambah pengalaman baru.

Android Programmer

Karena saat ini rata-rata orang memiliki dan menggunakan gadget salah satunya sistem operasi android maka banyak pula dibutuhkan seorang android programmer yang bekerja untuk membuat sebuah aplikasi pada sistem operasi android. Profesi ini sangat sedikit ditemukan di negara kita sendiri jadi jika kamu lulus dari jurusan teknik informatika maka profesi ini masih terbuka lebar untuk kamu yang ingin mencobanya.

Security System

Profesi yang satu ini nih biasanya digemari oleh para hacker karena kamu akan ditugaskan melakukan testing, mencari bug, dan memperkuat keamanan dalam sebuah website, sistem, program, atau pun aplikasi. Saat ini profesi ini juga sangat diperlukan mengingat saat ini semua orang sudah menyimpan segala hal di cloud atau internet bahkan ada yang menyimpan data pribadi yang tidak boleh diketahui oleh orang lain.

Pengalaman dari teman saya, saya mengenalnya melalui salah satu grup facebook yang membahas tentang keamanan website, ia dibanjiri oleh perusahaan-perusahaan besar yang meminta dia untuk membantu dalam memperkuat keamanan website mereka contohnya Bank. Bayarannya pun tidak tanggung-tanggung, Jika kamu menjadi seorang Security System kamu bisa kaya mendadak lho ya, tapi sesuai dengan bayaranya tidak semua orang memiliki kelebihan seperti ini termasuk saya.

Ada banyak sekali profesi yang bisa kamu dapati setelah lulus dari jurusan teknik informatika tetapi afrizatul.com memberikan beberapa yang bisa kamu jadikan referensi sehingga dapat menambah wawasan dan menjadikan suatu pertimbangan kamu untuk masuk ke jurusan teknik informatika.

Akhir Kata

Itulah penjelasan tentang apa itu teknik informatika mulai dari pengertian, syarat-syarat untuk masuk ke jurusan teknik informatika, mata kuliah apa saja yang ada pada jurusan teknik informatika hingga prospek kerja yang bisa kamu dapatkan jika lulus dari jurusan teknik informatika yang saya rangkum sedemikian rupa supaya lebih mudah dipahami.

Semoga artikel ini bermanfaat, jika ada yang ingin ditanyakan jangan sungkan-sungkan untuk komentar dibawah ya. Terima kasih.

Sumber : Universitas Islam Riau (UIR), Blog IT, Dosen IT

Afrizatul Rizki
"Blogger, Wibu, dan Maniak Komputer"