Contoh Soal Mean, Modus dan Median Beserta Jawabannya

Berikut beberapa contoh soal mengenai Mean, modus dan median yang merupakan pelajaran matematika tingkat SD. Pelajaran yang sangat digemari anak-anak peserta didik. Selain mudah dipahami juga perhitungannya simple jika tau konsep perkalian dan penjumlahannya.

Kita bisa mengerjakan dengan menggunakan rumus maupun tanpa rumus. Tetapi alangkah baiknya kita mengetahui cara menggunakan rumus agar mudah jika ada pembelajaran lanjutan mengenai mean, modus dan median.

Baca juga : Soal Statistika SD dalam Bentuk Tabel dan Diagram Beserta Jawaban

Mean

Mean dalam matematika yaitu nilai rata-rata. nilai rata-rata ini sering kali masuk didalam pembelajaran, oleh karena itu kamu harus mengerti bagaimana cara mencari nilai mean atau rata-rata dalam sebuah soal cerita atau dalam sebuah tabel dan sebagainya. Rumus Mean yaitu :

rumus mean

1 Contoh Mean :

Berapakah hasil Mean dari data berikut ini : 8, 9, 8, 7, 5, 6, 8 ?

Penyelesainnya : Langkah pertama yang harus dikerjakan yaitu mengurutkan terlebih dahulu data diatas dari yang terkecil ke yang terbesar agar memudahkan dalam pengerjaan.

Pengurutannya yaitu : 5, 6, 7, 8, 8, 8, 9.

Contoh soal mean

Jadi, hasil Mean atau rata-rata dari data diatas adalah 7,28

2 – Contoh Mean pada Tabel :

Perhatikan Tabel dibawah ini dan carilah hasil Mean dari tabel tersebut !

Hasil Nilai UlanganBanyak Siswa
706
775
8010
853
904
1007
Jumlah35

Penyelesainnya :

Kalikan terlebih dahulu hasil nilai ulangan dengan banyak siswa yang baris dan kolomnya sejajar ( 70 x 6 ), Kemudian baru hasil perkalian tersebut lalu ditambahkan. Ikuti seperti langkah di bawah ini :

cara mencari mean

3 – Contoh Mean Pada Diagram Batang

Tentukan hasil mean pada diagram batang berikut ini !

Untuk menyelesaikan soal mean pada diagram batang, Kita harus teliti dalam melihat diagram batang nya. Contohnya pada :

  • Nilai 50 sebanyak 4 siswa
  • Nilai 60 sebanyak 3 siswa
  • Nilai 70 sebanyak 10 siswa
  • Nilai 80 sebanyak 12 siswa
  • Nilai 100 sebayak 6 siswa.

Maka Hasil Mean pada diagram batang yaitu :

Untuk diagram garis itu pengerjaannya sama saja dengan diagram batang, yaitu melihat hasil grafik dari diagram tersebut yang sudah dipaparkan diatas.

4 – Contoh Mean Pada Diagram Lingkaran

Apabila ada 40 Siswa, Maka tentukan nilai Mean ?

Untuk mencari nilai rata-rata dari masing-masing hobby, maka cari nilai presentasi satu persatun dari hobby olahraga siswa. Dalam satu lingkaran persentasi bernilai 100%. Cara mencari hasil presentasi hobby siswa adalah :

Setelah mencari hasil dari masing-masing hobby siswa, maka kita akan mencari Hasil mean seluruhnya berdasarkan dari hasil presentasinya, yaitu :

Baca juga : Contoh Soal Matematika Kelas V SD Bilangan Pecahan, Desimal, Dan Persen

Modus

Modus yaitu nilai yang sering muncul. Rumus modus ini tidak seperti mean, kunci dari hasil modus yaitu kita melihat angka atau nilai yang sering muncul dalam sebuah data maupun tabel.

Syarat mencari modus yaitu terlebih dahulu mengurutkan angka dari yang terkecil hingga terbesar jika tidak menggunakan tabel. Namun berbeda pengerjaanya jika menggunakan tabel.

1 – Contoh Modus :

  • 10, 9, 6, 9, 7, 8, 9 ==> pengurutannya : 6, 7, 8, 9, 9, 9, 10. Berdasarkan data disamping hasil modus dari nilai tersebut yaitu : 9
  • 8, 7, 5, 6, 8, 9, 7 ==? Pengurutannya : 5, 6, 7, 7, 8, 8, 9. Hasil modus dari data disamping yaitu 7 dan 8

2 – Contoh Modus Pada Tabel:

perhatikan tabel di bawah ini dan carilah Nilai Modus !

Berat BadanBanyak Siswa ( Frekuensi)
455
508
5510
6012
657
703

Hasil atau Nilai modus pada tabel diatas adalah 60 karena jumlah frekuensinya sebanyak 12 atau angka 60 muncul sebanyak 12 x.

3 – Contoh Modus Pada Diagram Batang

Untuk contoh modus pada diagram batang kita ambil contoh pada mean. Nilai 50 = 4, 60 = 3, 70 = 10, 80 =12, 100 = 6

Maka modusnya adalah nilai 80, karena nilai 80 munculnya paling banyak yaitu sebanyak 12 kali.

4 – Contoh Modus Pada Diagram Lingkaran

Pada modus diagram lingkaran kita mengambil contoh pada diagram lingkaran Mean. Bisa dilihat pada gambarnya, siswa yang paling hobby permainan olahraga yaitu badminton.

Dan begitu juga dapat dilihat pada hasil dari presentasi badminton yaitu 14 siswa, merupakan siswa yang paling banyak mengikuti.

Baca juga : Contoh Soal dan Jawaban Bangun Datar SD kelas 4

Median

Median yaitu nilai tengah. Cara mencari nilai tengah terdapat dua cara. Pertama, dengan mengurutkan bilangan/angka dari terkecil ke terbesar lalu ambil titik tengah. Kedua, dengan menggunakan rumus median. Rumus median juga terbagi menjadi 2 yaitu median data ganjil dan median data genap.

rumus median

Contoh Median data genap :

4, 7, 7, 8, 9, 5, 6,10 ==> pengurutannya : 4, 5, 6, 7, 7, 8, 9, 10

cara mencari median
Cara diatas bisa kamu gunakan, Jika seandainya data yang dihitung banyak seperti 30 angka. Namun, jika angka atau datanya sedikit hanya lebih kurang dari 10 data, cara mudahnya bagi dua sama rata sisi kanan dan sisi kiri. Seperti gambar dibawah ini !
Cara mencari median genap

Contoh Median Data Ganjil

Cara mencari median ganjil

Contoh menggunakan Tabel :

Tinggi BadanFrekuensiFrekuensi Kumulatif (fk)
12055
122813
1251225
1281439
1301645
Jumlah45

Untuk kolom frekuensi kumulatif tidak ada dalam soal, tetapi saya menambahkan untuk memudahkan kita dalam mencari median. Hasil frekuensi kumulatif didapatkan dari cara penambahan silang yaitu 5 + 8 = 13, 13 + 12 = 25 begitu seterusnya hingga selesai. Untuk awal perhitungan posisi angka lima (5) letakkan saja dikolom paling atas dibagian fk.

Setelah kita sudah mendapatkan hasil frekuensi kumulatif (fk) kemudian kita mencari median dengan menggunakan rumus median data ganjil. Kenapa disebut data ganjil, karena hasil dari fk termasuk bagian bilangan ganjil. Berikut perhitungannya :

Cara mencari median dari tabel

n diatas merupakan hasil penjumlahan frekuensi dari tabel diatas yaitu 45. Hasil perhitungan median yaitu data ke 23. Jadi carilah nilai data ke 23, boleh mendekati namun tidak boleh melebih dari 23.

Cara melihat data ke 23 yaitu dari tabel frekuensi kumulatif (fk) yang telah kita buatkan. Data ke 23 berada di antara kolom 13 dan kolom 25, Kita pilih kolom 25 dikarenakan jumlah frekuensi 25 yaitu 12 jadi Nilai data ke 23 yaitu 125.

Baca juga : Contoh Soal dan Jawaban Pengukuran Panjang dan Pengukuran Berat

Demikianlah penjelasan dan contoh soal mengenai Mean, Modus dan Median. Sangat mudah pengerjaannya jika mengetahui konsep cara pengerjaannya.

Tinggalkan komentar