Soal Cerita Pecahan Kelas 5 (Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian dan Pembagian)

Soal Cerita Pecahan Kelas 5
Soal Cerita Pecahan Kelas 5

Kali ini kita akan membahas materi matematika untuk kelas 5 SD tentang penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian pecahan. Beberapa soal yang kita sajikan ini dalam bentuk soal cerita berserta jawaban dan pembahasannya.

Agar dapat dipahami lebih mudah ketika menjawab soal yang serupa nantinya, disimak baik-baik ya adik-adik sekalian.

Baca juga : Contoh Soal Transpose Matriks 2×2, 2×3, dan 3×3 Beserta Jawabannya

Contoh Soal Cerita Pecahan Kelas 5

1. Penjumlahan

penjumlahan soal 1

Contoh soal pertama ibu membeli daging sebanyak dua macam daging sapi sebanyak 2 1/2 kg dan daging ayam sebanyak 3 3/4 kg Berapa kg daging yang dibeli Ibu seluruhnya?

penjumlahan soal 1 jawaban

2 1/2 kg dan daging ayam sebanyak 3 3/4 kg yang ditanyakan adalah daging yang dibeli oleh ibu seluruhnya jadi ini merupakan soal penjumlahan.

Jawaban :

Daging sapi + daging ayam daging sapi 2 1/2 ditambah daging ayam 3 3/4 kemudian kita lakukan pengelompokan penjumlahan bilangan bulat ditambah dengan kelompok penjumlahan pecahan.

Sehingga kita Tuliskan sama dengan dalam tanda kurung penjumlahan bilangan bulat 2 ditambah 3 Lalu + dengan kelompok penjumlahan pecahan 1/2 ditambah 3/4. Kemudian kita samakan penyebut kedua pecahan dengan KPK penyebut 2 dan 4 yaitu 4.

Nah bilangan bulat 2 + 3 hasilnya 5 Lalu kita + dengan kelompok penjumlahan pecahan yang sudah di samakan penyebutnya yaitu 2/4 ditambah 3/4 hasilnya adalah 5 ditambah 5/4.

Pecahan biasa 5/4 masih lebih besar pembilangnya, sehingga dapat kita ubah ke pecahan campuran yaitu 1 1/4. bilangan bulat 5 ditambah 1 hasilnya 6 kemudian kita tambahkan dengan pecahan 1/4 hasilnya adalah 6 1/4.

Jadi daging yang dibeli Ibu seluruhnya ada 6 1/4 kg.

2. Pengurangan

penjumlahan soal 2

Contoh soal kedua Sasti membeli 2 liter minyak goreng Di tengah jalan minyak tumpah Hai sampai di rumah Ternyata sisa minyak goreng hanya 1 2/5 liter Berapa liter minyak goreng yang tumpah?

penjumlahan soal 2 jawaban

Jawaban : Nah dari soal diketahui bahwa semula ada 2 liter minyak goreng kemudian minyak tumpah dan Sisanya hanya 1 2/5. yang ditanyakan adalah banyak minyak goreng yang tumpah?

Oleh karenanya ini merupakan contoh soal pengurangan pecahan.

Jadi kita Tuliskan minyak semula 2 kita kurangkan dengan sisa minyak yaitu 1 2/5. Nah agar dapat kita kurangkan bilangan bulat 2 kita Ubah menjadi pecahan biasa.

caranya kalikan bilangan bulat dua dengan penyebut pecahan di belakangnya, yaitu 2 kali 5 hasilnya menjadi pembilang sedangkan penyebutnya tetap.

2 kali 5 adalah 10. 10 menjadi pembilang dan penyebutnya tetap 5, sehingga kita Tuliskan = 10/5 dikurangi 1 2/5.

Agar lebih mudah lagi pecahan campuran 1 2/5 kita Ubah menjadi pecahan biasa senilai 7/5. Lalu kita Tuliskan = 10/5 dikurangi 7/5 hasilnya adalah 3/5.

Jadi jawabannya banyak minyak goreng yang tumpah adalah 3/5 liter.

3. Perkalian

Soal Cerita Perkalian No.1

perkalian soal 1

Kita bahas mulai dari nomor 1.

Ibu memiliki 2 setengah karung tepung. Jika setiap karung berisi 2 per5 kuintal tepung, berapa kuintal tepung Ibu seluruhnya?

Cara mengerjakannya, karena di sini ada 2 setengah karung, kemudian setiap karung berisi 2 per5 kuintal, maka operasi hitung yang digunakan adalah perkalian.

perkalian soal 1 jawaban

Jadi, 2 1 per 2 × 2 per 5 Jika ada bentuk pecahan campuran, kita ubah dulu menjadi pecahan biasa.

Dengan cara :

  • 2 x 2 = 4 + 1 = 5 sehingga menjadi 5/2
  • untuk bagian belakang tetap 2/5.

Sehingga menjadi 5/2 x 2/5.

Setelah itu, sebelum kita melakukan perkalian. Jika ada yang bisa dibagi atau disederhanakan silahkan lakukan terlebih dahulu.

Dengan begitu dapatlah 1/1.

Dan hasilnya adalah 1. Tepung yang dimiliki Ibu totalnya adalah 1 kuintal.

Soal Cerita Perkalian No.2

perkalian soal 2

Nomor 2: Ibu memiliki persediaan gula dalam 5 bungkus plastik. Apabila setiap bungkus berisi 2 1/2​ kg gula, berapa berat semua gula persediaan Ibu?

Operasi hitung yang digunakan adalah perkalian.

perkalian soal 2 jawaban

5 × 2 1/2, Karena bentuknya masih pecahan campuran, kita ubah menjadi pecahan biasa, cara nya 5 x 2 x 2 + 1 = 5. Sehingga menjadi 5 x 5/2.

Karena tidak ada yang bisa disederhanakan lagi maka, 5 x 5 = 25 dan penyebutnya tetap 2.

Setelah itu kita ubah menjadi pecahan campuran dengan cara 25 / 2 = 12 sisa 1 per 2.

Jadi hasilnya berat semua gula adalah 12 1/2 kg.

3. Pembagian

Soal Cerita Pembagian No.1

pembagian soal 1 1

Di kelas siti dan teman-temannya sedang melakukan praktek membuat kue. Setiap adonan membutuhkan 2 1/4 kg tepung, dan stok tepung yang tersedia adalah 18 kg. Berapa kali adonan dapat dibuat oleh mereka?

pembagian soal 1

Operasi yang kita gunakan adalah pembagian, yaitu 18 kg dibagi dengan kebutuhan setiap kali membuat adonan yaitu 2 1/4 kg.

Maka : 18 : 2 1/4, Langkah selanjutnya mengubah 2 1/4 ke pecahan biasa, 2 x 4 = 8 + 1 = 9. Sehingga sekarang menjadi 18 : 9/4.

Setelah itu operasi pembagian kita ubah menjadi perkalian lalu 9/4 kita balik menjadi 4/9. Lalu langkah terakhir kita sederhanakan dan dapatlah hasil akhir yaitu 8.

Jadi berapa kali adonan dapat dibuat oleh mereka? Jawabannya adalah 8 kali.

Soal Cerita Pembagian No.2

pembagian soal 2

Sebuah taman berkeliling 24 meter, dengan pot ditempatkan setiap 1 1/2 meter. Berapa banyak pot yang dibutuhkan?

pembagian soal 2 jawaban

Caranya juga sama, kita ubah dulu pecahan campuran yaitu 1 1/2 ke pecahan biasa menjadi 3/2. Setelah itu kita sederhanakan dan kita kalian sehingga hasil akhirnya yaitu 16.

Maka jawaban dari soal cerita pembagian nomor 2 adalah 16 pot.

Sekian pembahasan mengenai soal pecahan dalam bentuk cerita yang ada pada buku kelas 5 sd. Kesimpulan yang didapat adalah untuk menyelesaikan soal cerita pecahan silahkan pahami dulu cara mengubah pecahan campuran ke pecahan biasa lalu cara menyederhanakan pecahan.