Sistem Organisasi Kehidupan: Penjelasan Sel, Jaringan, dan Organ

Sistem Organisasi Kehidupan – Tingkatan Organisasi Kehidupan Makhluk hidup ternyata memiliki tingkatan kehidupan. unit yang terkecil dari makhluk hidup yaitu sel. Jadi sesuatu dikatakan makhluk hidup apabila tersusun atas satu sel. kemudian sel-sel yang tersusun mempunyai fungsi yang sama akan membentuk jaringan.

Lalu beberapa jaringan akan bergantung membentuk fungsi-fungsi khusus yang kita sebut dengan Organ. Beberapa organ akan bergabung melakukan suatu fungsi tertentu yang kita sebut dengan sistem organ. Suatu individu merupakan gabungan dari sistem – sistem organ.

Pengertian Sel

Sel pada sistem organisasi kehidupan adalah unit terkecil penyusun makhluk hidup. Suatu sel mampu melakukan semua aktivitas kehidupan dan didalam sel banyak terjadi aktivitas kimiawi. Dan sesuai yang dijabarkan tadi, sesuatu dikatakan makhluk hidup apabila dia terdiri dari minimal satu sel.

Jenis – Jenis Sel

1 – Sel Prokariotik

Sel prokariotik mempunyai inti sel yang tidak dibungkus oleh membran. Contoh organisme yang tidak tersusun oleh sel – sel prakariotik adalah bakteri (Kingdom Monera).

2 – Sel Eukarotik

Sel Eukarotik mempunyai inti sel yang dibungkus oleh membran. Contohnya : Sel hewan ( animalia), Plantae (tumbuhan), Fungi (Jamur), Protista.

[rb_related title=”Baca juga :” total=”2″]

Ukuran Sel

Ukuran sel sangat kecil, oleh karena itu kita tidak bisa melihat dengan mata telanjang. Untuk melihatnya harus menggunakan alat yang dinamakan miskroskop.

Namun, ada juga sel yang berukuran besar yaitu telur burung unta dan sel syaraf jerapah yang panjangnya hampir 1 meter.

Bagian Utama Sel

Ada beberapa bagian utama dalam suatu sel yaitu :

1 – Membran sel

Membran sel terdapat dibagian luar sel yang berfungsi untuk melindungi isi sel dan mengatur proses keluar masuk zat. Membran sel tersusun atas lemak, protein dan Fosfat.

2 – Sitoplasma

Sitoplasma adalah cairan yang terdapat diantara inti sel dan dinding sel atau membran sel. Fungsi sitoplasma adalah tempat terjadinya metabolisme sel dan terdapat organel sel. Cairan sitoplasma mengandung cairan -cairan senyawa-senyawa organik seperti protein, Karbohidrat dan lainnya.

3 – Nucleus (Inti sel)

Nucleus atau inti sel terdapat dibagian pusat sel fungsinya adalah pusat pengendali semua kegiatan sel. Selain itu didalam inti sel terdapat DNA yang membawa informasi berupa genetik yang mengatur suatu sifat individu.

Selanjutnya pada beberapa organisme tertentu seperti tumbuhan atau pungi sel-selnya mempunyai dinding sel dibagian terluar. Jadi, bagian luar Membran sel terdapat dinding sel. Dinding sel tumbuhan tersusun atas sesulosa, sementara dinding sel jamur atau pungi tersusun atas kitin. Dinding sel tersebut berfungsi sebagai pelindung tambahan untuk melindungi sel.

Organel Sel

Organel sel yang mempunyai fungsi-fungsi tertentu yaitu :

  1. Mitokondria fungsinya adalah pernafasan sel.
  2. Lisosom berfungsi untuk pencernaan intra sel
  3. Badan Golgi berfungsi untuk Modifikasi protein.
  4. Ribosom berfungsi untuk menghasilkan sintesis protein.

Beda Sel tumbuhan dan hewan yaitu :

NoPembedaSel HewanSel Tumbuhan
1.UkuranLebih kecilLebih besar
2.LisosomAdaTidak ada
3.PlastidaTidak adaAda berupa kloroptas
4.Dinding selTidak adaAda
5.SentrosomAdaTidak ada
6.BentukTidak tetapTetap
7.VakuolaTidak adaAda dan besar

Jaringan

Jaringan dalam sistem organisasi kehidupan adalah sekumpulan sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama untuk melakukan fungsi kehidupan. Jaringan terbagi beberapa macam yaitu :

1 – Jaringan pada hewan

Jaringan pada hewan sendiri terbagi menjadi 4 macam yaitu :

  • Jaringan epitel yaitu jaringan yang berfungsi untuk melapisi atau melindungi permukaan tubuh.
  • Jaringan ikat yaitu berfungsi untuk mengikat jaringan satu dengan lainnya atau mengikat organ satu dengan organ lainnya.
  • Jaringan syaraf ini berfungsi untuk menerima rangsang dan meneruskan rangsang ke sel – sel syaraf berikutnya sampai kejaringan syaraf pusat.
  • Jaringan Otot berfungsi sebagai alat menggerakkan tulang dengan cara kontraksi dan relaksasi. Otot sendiri dibagi menjadi 3 yaitu otot polos, Lurik dan jantung.

2 – Jaringan pada Tumbuhan

Jaringan pada tumbuhan sendiri terbagi menjadi 5 macam yaitu :

  • Jaringan Meristem yaitu jaringan yang aktif membelah.
  • Jaringan Epidermis yaitu jaringan yang terdapat diluar tumbuhan. Fungsinya adalah untuk melindungi bagian dalam tumbuhan.
  • Jaringan Parenkim/Dasar yaitu jaringan yang melapisi organ tumbuhan sebagai menyimpan cadangan makanan.
  • Jaringan Penyokong berfungsi untuk menyokong tumbuh-0tumbuhan agar tetap bisa berdiri tegak. Jaringan penyokong terdaat 2 jenis yaitu Kolenkim dan skelerenkim
  • Jaringan pengangkut yaitu berfungsi sebagai mengangkut. Jaringan ini terbagi menjadi 2 bagian yaitu Floem (Tapis) dan Xilem (Kayu).

Organ

Organ adalah kumpulan beberapa macam jaringan untuk melaksanakan fungsi tertentu. Beberapa organ yang terdapat pada manusia dan tumbuhan yaitu :

1 – Organ Pada Manusia

  • Jantung terdapat rongga dada sebelah kiri yang berfungsi memompa darah keseluruh tubuh.
  • Mata adalah salah satu alat indera yang berfungsi untuk melihat
  • Paru-paru terdapat dirongga dada dan terdapat sepasang yaitu kanan dan kiri yang berfungsi untuk bernafas.
  • Ginjal adalah organ ekskresi atau pengeluaran yang berfungsi untuk mencuci darah atau menyaring darah yang kotor .
  • Lambung adalah salah satu organ pencernaan pada manusia yang berfungsi mencerna makanan secara kimiawi. Lambung menghasilkan getah-getah pencernaan seperti asam lambung yang berfungsi untuk membunuh kuman serta enzim pepsin dan renin yang berfungsi untuk mencerna protein.
  • Hati yaitu berfungsi untuk mengeluarkan racun dalam tubuh dan menghancurkan sel darah merah yang rusak selain itu juga bisa merombak protein yang sudah tidak berguna.
  • Usus halus dan usus besar merupakan bagian dari sistem pencernaaan yang berfungsi seabagi mencerna makanan. Tepatnya usus halus untuk mencerna dan usus besar untuk membentuk sisa-sisa makanan.
  • Otak berfungsi untuk mengatur dan mengkoordinasikan fungsi tubuh.

2 – Organ Pada Tumbuhan

  • Akar berfungsi memperkokoh tubuh tumbuhan serta menyerap air dan garam mineral. Ari dan garam tersebut digunakan untuk proses fotosintesis.
  • Batang berfungsi untuk mengangkut air dan garam mineral dari akar kedaun serta mengangkut hasil fotosintesis keseluruh bagian tumbuhan.
  • Daun berfungsi sebagai tempat terjadinya fotosinstesi. Hal ini dikarenakan fotosintesis membutuhkan klorofil atau zat hijau daun, dimana klorofil tersebut terdapat hanya diabagian daun.

Sistem Organ

Sistem Organ terbagi menjadi 2 yaitu sistem organ pada manusia dan pada tumbuhan

1 – Sistem Organ Pada Manusia

  • Sistem pencernaan ( Digestive) yang berfungsi mencerna makanan dalam tubuh manusia.
  • Sistem Pernapasan ( Respirasi) yang berfungsi untuk mengambil oksigen untuk tubuh dan membuang zat sisa karbondioksida.
  • Sistem peradaran darah berfungsi untuk mengambil oksigen untuk tubuh dan mmembuang zat sisa karbondioksida.
  • Sistem gerak yaitu berfungsi untuk menggerakkan tubuh dan anggota tubuh, yang terdiri dari sistem otot dan rangka.
  • Sistem syaraf berfungsi untuk pusat pengatur dan pengkoordinasian semua kejadian kegiatan pada tubuh.
  • Sistem ekresi berfungsi untuk mengeluarkan zat sisa dari tubuh.
  • Sistem reproduksi yaitu berfungsi untuk melakukan perkembangbiakan dan menghasilkan keturunan.

2 – Sistem Organ Pada Tumbuhan

  • Sistem pengangkutan yang tersusun atas akar, batang dan daun.
  • Sistem Pernafasan tumbuhan juga tersusun atas akar, batang dan daun.
  • Sistem Reproduksi tumbuhan regatif dengan melalui bunga, sementara akar dan batang juga bisa bisa digunakan sebagai alat reproduksi vegetatif.

Demikianlah penjelasan mengenai sistem organisasi kehidupan yang terdiri dari Manusia, hewan dan tumbuhan.

Tinggalkan komentar