Rumus di Excel

Rumus di Excel

Micorosoft Excel biasanya disebut dengan tempat perhitungan. Karena terdapatnya rumus di excel yang bisa digunakan dan memudahkan pekerjaan kita. Didalam rumus-rumus excel kita hanya memerlukan operator aritmatika seperti tambah (+), kurang (-), kali (*) dan bagi (/).

Selain menggunakan operator terdapat juga fungsi-fungsi yang sudah ada atau kebawaan dari excelnya sendiri, tetapi sayang nya tidak semua fungsi yang tersedia yang bisa kita gunakan. Dan ada beberapa bagian yang harus kita kerjakan secara manual dan ada yang bisa dikerjakan tanpa manual atau satu persatu. Semua itu tergantung dari kondisi yang kita perlukan. Berikut penjelasan Rumus-rumus di Excel !

1. Rumus Penjumlahan di Excel

Penjumlahan yang terdapat pada excel mempunyai rumus yang sama dengan kita mengerjakan penjumlahan biasa pada umumnya yaitu menggunakan operator + untuk menjumlahkan. Cara penjumlahan di excel sangatlah mudah. Pada penjumlahan ini akan dijelaskan 2 cara yaitu menggunakan operator + dan menggunakan fungsi sum . berikut penjelasannya !

Cara 1 – Menggunakan Operator Plus (+)

Cara ini paling dasar yang banyak digunakan pada umumnya. Hal ini dikarenakan kita hanya menggunakan operator plus + saja. Cara penggunaannya sama hal nya dengan kita melakukan penjumlahan.Seperti 70+90+20+30+40 tetapi jika di microsoft excel sebelum kita melakukan penjumlahan maka terdapat adanya operator = . Contohnya =70+80+90+30+40 lalu tekan enter.

Diatas merupakan penjumlahan yang tidak menggunakan tabel atau shell. Jika menggunakan tabel atau shell maka penulisan pada microsoft excel yaitu =C4+C5+C6 yang berarti setiap baris ditambahkan dengan baris lainnya atau setiap kolom ditambahkan dengan kolom lainnya.

cara memasukan rumus penjumlahan di excel

Pada gambar diatas merupakan cara penjumlahan karena adanya tabel. Nah disitu tertera =F6+F7 hingga F15 didapatkan karena terdapat di kolom F dan dibaris 6. Jadi seandainya menjumlahkan pada bagian tertentu yang tidak sejajar maka tinggal klik saja bagian kolom atau baris yang ingin ditambahkan.

Cara 2 – Menggunakan Fungsi Sum

Fungsi sum ini sudah terdapat dari kebawaan microsoft excel sendiri, maka kita hanya tinggal memanggil fungsi sum tersebut kedalam shell atau kolom yang terdapat di microsoft excel. Fungsi sum ini lebih banyak digunakan daripada menggunakan operator +. Hal ini dikarenakan fungsi sum ini bisa menjumlahkan dalam satu baris atau satu kolom secara langsung hanya dengan memblok kolom yang akan dijumlahkan. Berbeda dengan operator + yang harus menjumlahkan atau mengklik satu persatu pada kolom atau tabel.

cara membuat rumus jumlah pada excel

Baca juga : Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong

2. Rumus Pengurangan di Excel

Pada pengurangan sedikit berbeda dengan penjumlahan. Dipengurangan hanya bisa menggunakan operator (-) saja dan tidak memiliki fungsi yang khusus seperti penjumlahan (Fungsi sum). Cara penulisan pengurangan sangat mudah karena hanya menggunakan operator – . Penulisannya pun hampir sama dengan cara penulisan penjumlahan menggunakan operator +. Berikut adalah bentuk penulisan pengurangan pada gambar di bawah ini

cara memasukkan rumus pengurangan di excel

Baca juga : Cara Menghilangkan Spasi Di Excel

3. Rumus Perkalian di Excel

Perkalian pada umumnya berbeda dengan perkalian biasa yang kita kerjakan secara manual. Perbedaannya terletak pada operator yang akan digunakan. Pada umumnya operator perkalian yaitu x , tetapi operator perkalian pada microsoft excel yaitu menggunakan tanda bintang * atau operator asterik. Contohnya kita akan mengalikan 7 x 8, maka di excel penulisannya adalah =7*8.

Pada perkalian ini terdapat 2 cara yaitu menggunakan tanda bintang * atau operator asterik dan menggunakan fungsi product yang terdapat di excelnya sendiri. Berikut penjelasannya !

Cara 1 – Menggunakan Tanda Bintang * atau operator asterik

Penggunaan tanda bintang * ini hanya bisa mengalikan satu persatu, tidak bisa digunakan sekaligus. Perkalian ini biasanya digunakan untuk mencari hasil total. Berikut contoh dalam menggunakan tanda bintang untuk perkalian.

contoh perkalian di excel

Cara 2 – Menggunakan Fungsi Product

Micosoft excel sendiri memiliki fungsi yang telah disediakan yaitu fungsi product. Penggunaan fungsi product ini hampir sama dengan penggunaan fungsi sum. Memanggil fungsinya agar bisa dieksekusi sesuai intruksi. Berikut contoh penggunakan fungsi Product.

cara membuat rumus perkalian di excel

Baca juga : Cara Menambahkan Tabel Di Excel

4. Rumus Pembagian di Excel

Pada pembagian kita hanya menggunakan operator saja. Operator yang digunakan dalam pembagian adalah slash atau garis miring ( / ) . Tanda inilah yang akan terbaca oleh microsoft excel bahwa itu merupakan pembagian. Cara penggunaan garis miring atau slash ini hampir sama dengan penjumlah, pengurangan ataupun perkalian. Yang menjadi perbedaannya yaitu masing-masing operatornya saja. Berikut cara penggunaan operator slash atau garis miring ( / ) untuk pembagian.

cara memasukkan rumus pembagian di excel

Pada pembagian tidak terdapat fungsi khusus yang bisa kita gunakan untuk membagi sekaligus. Jadi cara pembagian ini harus satu persatu.

Demikianlah penjelasan mengenai rumus-rumus yang terdapat pada microsoft excel. Dari penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Yang harus kamu ingat adalah penggunaan operator pada setiap rumus id excel harus sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Selain itu operator yang digunakan di excel pun sangatlah mudah untuk diingat.