Tips Memilih Power Bank untuk iPhone Terbaik dari Kualitas & Harga

Untuk pengguna iPhone, Power bank merupakan perangkat pengisi daya baterai portable yang sangat diperlukan untuk membantu kita mengisi ulang daya baterai iPhone secara instan dimanapun kita berada.

Tetapi tidak semua powerbank bisa digunakan untuk iPhone, karena itu kamu harus membaca tips memilih power bank untuk iPhone terbaik.

Tips Memilih Power Bank untuk iPhone Terbaik

powerbank yang bagus untuk iphone

Berikut ini ada beberapa tips memilih power bank untuk iphone yang terbaik dan wajib kamu ketahui.

1. Pilih Power Bank Dengan Port Input USB Lightning

Tips memilih power bank terbaik yang pertama carilah power bank yang memiliki port input USB lighting. Karena power bank dengan port Lightning dapat dengan mudah menghubungkan kabel charging yang sama dengan iphone yang kita gunakan tanpa perlu mencari kabel tambahan lain mengkoneksikannya.

Jadi ini adalah poin atau spek power bank khusus iPhone yang wajib kamu pertimbangkan ketika membeli.

2. Kapasitas Power Bank

Saat kamu ingin membeli power bank untuk iPhone, kamu perlu memperhatikan kapasitas baterai dari produk tersebut. Kamu harus memilih power bank dengan daya 2 kali lipat lebih besar dari kapasitas baterai iPhone yang kamu gunakan.

Sehingga nantinya ketika kamu gunakan power bank tersebut kamu bisa menggunakannya 1 sampai 2 kali pengisian daya baterai iPhone.

Contoh: Jika kamu menggunakan iPhone dengan kapasitas baterai 3.170 mAh, maka sebaiknya kamu membeli power bank dengan kapasitas baterai 7.500 mAh atau lebih besar.

Selain itu, kapasitas baterai power bank sebenarnya tergantung pada kapasitas baterai cadangan yang dimilikinya. Biasanya performa baterai power bank hanya sekitar 65% – 80% dari yang tertera di spesifikasinya.

Jika power bank kamu memiliki kapasitas baterai adalah 10.000 mAh dengan efisiensi 65%. Kamu sebenarnya hanya dapat menggunakan power bank tersebut untuk mengisi daya sekitar 6.500 mAh saja.

Selain itu, ada sejumlah faktor lain yang dapat membuat baterai power bank cepat habis, seperti tidak digunakan dalam waktu lama, pengisian daya sering dilakukan pada suhu tinggi, dan power bank sudah kehilangan kualitas baterainya.

Oleh karena itu, saat membeli power bank, sebaiknya kamu beli powerbank dengan kapasitas baterai tinggi, dan sesuaikan dengan kapasitas baterai iPhone yang kamu miliki.

3. Pelajari Tentang Jenis Yang Digunakan Pada Baterai Power Bank

Saat ingin membeli powerbank, ada tips memilih powerbank untuk iphone yang tidak boleh kamu abaikan yaitu mengetahui jenis baterai yang digunakan pada power bank.

Ada beberapa jenis baterai yang umum digunakan untuk memproduksi powerbank untuk iPhone, seperti :

  • Baterai Lithium-Polymer, juga dikenal sebagai Li-Pol. Ini adalah jenis baterai yang cukup umum digunakan untuk baterai iPhone dan iPad dari Apple. Karena jenis baterai ini memiliki daya tahan tinggi, kinerja yang baik .
  • Baterai lithium-ion, juga dikenal sebagai Li-ion. Ini adalah jenis baterai yang banyak digunakan untuk baterai ponsel yang dapat dilepas. Baterai ini memiliki desain kompak, kinerja yang baik, biaya rendah tetapi tidak sebagus baterai jenis Li-Pol.
  • Baterai Cell dibentuk dan disusun dari baterai kecil di dalamnya dan kemudian dirakit oleh pabrikan menjadi blok baterai. Jenis baterai cell tidak banyak digunakan karena memiliki kinerja yang buruk, tidak menjaminan kualitas, dan tidak tahan lama.

Jadi pastikan powerbank yang kamu beli juga memiliki jenis baterai yang sama dengan yang digunakan pada iPhone yaitu baterai Li-Pol atau Baterai Lithium-Polymer.

4. Teknologi Pengisian Daya Baterai

Teknologi pengisian daya baterai juga merupakan faktor yang perlu kamu pertimbangkan saat membeli power bank. Teknologi pengisian daya baterai power bank yang perlu kamu pertimbangkan seperti :

Fast Charging

Jika iPhone kamu sudah memiliki fitur fast charging, maka belilah powerbank yang memiliki teknologi seperti Qualcomm Quick Charge atau Power Delivery.

Sehingga dengan teknologi ini kamu dapat mengisi kapasitas baterai iphone dengan lebih cepat sama seperti saat kamu menggunakan charger bawaan dari iphone yang fast charging.

AiPower

Teknologi AiPower memungkinkan power bank untuk menyesuaikan tegangan output yang paling tepat sesuai dengan perangkat yang sedang diisi dayanya.

AiPower merupakan teknologi yang kompatibel dengan banyak perangkat yang berbeda-beda, memiliki kecepatan pengisian yang cepat dan aman bagi pengguna, dan umumnya bisa kita temukan pada power bank merek Aukey .

PowerIQ dan VoltageBoost

Teknologi PowerIQ dan Voltage Boost memungkinkan power bank untuk menyesuaikan arus output yang paling tepat untuk perangkat yang terhubung dengan powerbank. Fitur ini biasanya terdapat pada power bank dengan merek dari Anker.

MultiProtect

Teknologi Multi Protect berfungsi untuk mengontrol input (mengisi daya powerbank) dan output (mengisi daya perangkat).

5. Pilih Berdasarkan Merk Power Bank

Saat ini di pasaran terdapat banyak sekali merk power bank dengan berbagai desain, model, fitur, dan kapasitas baterai yang berbeda-beda.

Namun, kamu harus memilih dan membeli power bank dari merek terkenal, untuk memastikan kualitasnya saat digunakan, menghindari terjadinya kebakaran dan ledakan saat kita gunakan.

Beberapa merk power bank terkenal dari AS seperti : Anker, Energizer , Belkin dan lainnya.

Beberapa merk power bank terkenal dari Asia seperti: Samsung, Sony, Xiaomi, dan lainnya.

6. Beli di Toko Terpercaya

Memilih tempat untuk membeli power bank adalah tips memilih power bank untuk iPhone terakhir yang juga tidak boleh diabaikan.

Kamu harus memilih tempat untuk membeli power bank untuk iPhone di toko yang memiliki reputasi baik agar kamu dapat memasukan produk tersebut asli dan berkualitas.

Tinggalkan komentar