Poco X6 Rilis: Apa Saja Keunggulan dan Fitur Unggulnya?

Poco X6
Poco X6

Setelah kehebohan peluncuran Xiaomi 14 yang telah resmi memasuki standar TKDN Indonesia, sorotan kini beralih ke langkah terbaru Xiaomi dengan peluncuran Poco X6. Ponsel ini juga telah resmi memenuhi standar TKDN di Indonesia, menandakan komitmen Xiaomi dalam mendukung pasar lokal.

Menurut bocoran terbaru, Poco X6 rupanya merupakan hasil rebranding dari Redmi Note 13 Pro yang populer di Cina. Namun, Xiaomi tidak hanya sekadar memberikan label baru; Poco X6 mengalami beberapa penyesuaian, terutama di sektor kamera. Mari kita telaah lebih dalam tentang ponsel ini.

Poco X6 hadir dengan desain yang memikat, mengingatkan kita pada gaya Infinix dengan penempatan kamera yang mencolok di pojok kiri atas. Desainnya terbingkai dalam kotak elegan, menampilkan body berbahan kaca yang memberikan sentuhan premium. Dengan profil ramping hanya 8 mm dan berat sekitar 187 gram, Poco X6 tidak hanya nyaman di tangan, tetapi juga praktis untuk dibawa ke mana saja.

Spesifikasi dan Harga Poco X6

Desain Elegan dan Kualitas Layar yang Memukau

Layar AMOLED 6,67 inci pada Poco X6 menawarkan pengalaman visual yang tajam dengan resolusi 1,5 Q. Keunggulan layar ini semakin diperkuat dengan refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz, menjamin tampilan yang halus dan responsif. Kejutan lainnya adalah kecerahan maksimal hingga 1000 nits, ideal untuk penggunaan di bawah cahaya terang.

Kamera Berkualitas Tinggi

Poco X6 membawa kamera utama 64 megapiksel, ultra-wide 8 megapiksel, dan macro 2 megapiksel dengan sensor Omnivision OV64B. Keberadaan fitur optical image stabilization pada kamera utama menjamin hasil foto yang stabil dan mengesankan. Meski terdapat penurunan spesifikasi dari 200 megapiksel pada Redmi Note 13 Pro, Poco X6 tetap memukau dengan kemampuan fotografinya.

Kamera selfie 16 megapiksel pada Poco X6, meski sederhana, dilengkapi dengan fitur-fitur canggih untuk menghasilkan foto yang memuaskan. Ponsel ini juga mampu merekam video hingga resolusi 4K pada 30 FPS, sementara kamera depannya mendukung video 1080p pada 60 FPS dengan electronic image stabilization berbasis gyro.

Performa Tinggi dengan Snapdragon 7S Gen 2

Dari segi performa, Poco X6 unggul dengan chipset Qualcomm Snapdragon 7S Gen 2. Dengan proses fabrikasi 4 nanometer oleh Samsung, chipset ini memberikan efisiensi energi dan performa yang lebih baik. Dukungan konektivitas 5G yang lebih cepat, bersama dengan unit pemrosesan grafis yang kuat, membuat Poco X6 menjadi pilihan yang superior.

Ponsel ini menawarkan opsi RAM mulai dari 8 GB hingga 12 GB, dengan penyimpanan internal 128 GB atau 256 GB. Meskipun tidak dilengkapi dengan slot kartu memori eksternal, Poco X6 menjalankan Android 13 dengan MIUI 14, menjanjikan pembaruan sistem yang berkelanjutan.

Konektivitas Modern dan Baterai Besar

Poco X6 tidak hanya unggul dalam performa, tetapi juga dalam konektivitas. Fitur-fitur modern seperti jaringan 5G, Wi-Fi 5 terkini, dual speaker stereo dengan Dolby Atmos, jack audio 3,5 mm, koneksi IR Blaster, dan rating IP54 (tahan air dan debu terbatas) membuatnya menjadi pilihan serba guna.

Baterai besar berkapasitas 5000 mAh pada Poco X6 dilengkapi dengan teknologi pengisian cepat 67 watt. Meskipun tidak mencapai tren 120 watt, pengisian cepat 67 watt tetap efisien untuk menjaga ponsel tetap siap digunakan kapan saja.

Harga dan Tanggal Peluncuran

Di pasar Cina, Redmi Note 13 Pro dihargai sekitar R3 jutaan untuk varian terendah, sementara varian tertinggi dijual sekitar 4 jutaan. Poco X5, pendahulu Poco X6, diluncurkan dengan harga awal 3,5 juta untuk varian 6 GB per 128 GB dan 3,9 juta untuk varian 8 GB per 256 GB.

Untuk Poco X6, diperkirakan harga di Indonesia akan sejajar dengan Poco X5, namun dengan peningkatan spesifikasi yang lebih baik. Peluncuran pertama di India dijadwalkan pada akhir tahun 2023 bersamaan dengan Poco X6 Pro. Pasar Indonesia dapat menantikan kehadiran Poco X6 pada awal tahun 2024, sebelum peluncuran Xiaomi 14 dan seri Redmi Note 13 Pro.