Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Persebaran Flora dan Fauna di Indonesia

Hai teman-teman semua. Kali ini saya akan membahas tentang persebaran flora dan fauna di Indonesia, Hal ini dikarenakan persebaran flora dan fauna memiliki keanekaragaman yang sangat tinggi. Apa saja itu ? Yuk kita baca sama-sama.

1. Persebaran Flora Diindonesia

Menurut Alfred Wallace, seorang Ilmuwan berkebangsaan Inggris , ada keterkaitan tipe-tipe hewan dengan suatu wilayah. pendekatan yang dilakukan Alfred Wallace ini dikenal dengan pendekatan Biogeografi. Berdasarkan pendekatan biogeografi, kekayaan flora diindonesia dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok Indo-Malayan dan kelompok Indo-Australian.

a. Kelompok Indo-Malayan

kelompok ini meliputi kawasan Indonesia Barat. Pulau-pulau yang masuk kedalam kelompok ini adalah Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. Flora Indo-Malayan di dominasi oleh jenis meranti-merantian, terdapat beberapa jenis rotan, serta memiliki berbagai jenis pohon nangka. Penyebaran flora di Indonesia sangat dipengaruhi oleh keanekaragaman hayati serta posisi geografis Indoneis yang sangat menguntungkan.

jenis meranti-merantian merupakan kelompok tumbuhan yang banyak manfaatkan dalam bidang perkayuan. Beberapa jenis tanaman meranti, antara lain keruing, mersawa, kapur, bangkirai, meranti/melapi, meranti kuning, meranti merah, tengkawang dan meranti batu.

b. Kelompok Indo-Australian

kelompok Indo-Australian meliputi tumbuhan yang ada kawasan Indonesia. untuk teman-teman yang bingung bisa lihat tabel dibawah ini yaitu tabel perbandingan flora yang ada di Indonesia Barat dan Indonesia Timur.

NOINDONESIA BARATINDONESIA TIMUR
1Jenis meranti-merantian sangat banyakJenis meranti-merantian hanya sedikit
2Terdapat berbagai jenis rotanTidak banyak berbagai jenis rotan
3Tidak terdapat hutan kayu putihterdapat hutan kayu putih
4Jenis tumbuhan matoa hanya sedikitTerdapat berbagai jenis tumbuhan matoa
5Jenis anggrek sedikitjenis anggrek banyak
6terdapat berbagai jenis nangkatidak terdapat jenis nangka/td>
7Tidak banyak tumbuhan sagubanyak terdapat tumbuhan sagu/td>

2. PERSEBARAN FAUNA DI INDONESIA

Fauna Indonesia dapat dikelompokkan menjadi tiga corak yang berbeda, yaitu fauna bagian barat, tengah dan timur. Garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian Barat dan Tengah dinamakan garis Wallace, sedangkan garis yang memisahkan fauna Indonesia bagian Tengah dan Timur dinamakan garis Weber.

Fauna bagian barat memiliki ciri atau tipe seperti halnya fauna Asia sehingga disebut Tipe Asiatis. Fauna bagian Timur memiliki ciri atau tipe yang mirip dengan fauna yang hidup di benua Australia sehingga disebut Tipe Australis. Fauna bagian Tengah merupakan fauna peralihan yang memiliki ciri atau tipe yang berbeda dengan fauna Asiatis dan Australis. Fauna ini memiliki ciri tersendiri yang tidak ditemukan di tempat lainnya di indonesia. Fauna tipe ini disebut fauna Endemis.

Nah teman-teman berikut ini adalah penjelasan mengenai apa itu fauna Asiatis, Australis dan Endemis.

NOBAGIAN FAUNAPENJELASAN
1Fauna Indonesia Bagian Barat (Tipe AsiaticFauna indonesia Bagian Barat atau Tipe Asiatis mencakup wilayah Sumatra, Jawa, Bali dan Kalimantan. Mamalia berukuran besar banyak ditemui di wilayah ini seperti gajah, macan, tapir, badak bercula satu satu, banteng, harimau, kerbau, rusa, babi hutan, orang utan, monyet dan berkantan. Disamping mamalia, di wilayah ini banyak pula ditemui reptip, seperti ular, buaya, tokek, kadal, biawak, bunglon, kura-kura dan trenggiling. Berbagai jenis burung yang dapat ditemukan, antara lain burung hantu, gagak, jalak, elang, merak, kutilang, dan berbagai macam unggas. Berbagai macam ikan air tawar dan pesut (sejenis lumba-lumba di Sungai Mahakam) dapat ditemukan di wilayah ini
2Fauna Indonesia Tengah atau Tipe PeralihanFauna Indonesia Tengah merupakan tipe peralihan atau Australic Asiatic. Wilayah fauna Indonesia Tengah disebut pula wilayah fauna kepulauan Wallace, mencakup Sulawesi, Maluku, dan Nusa Tenggara serta sejumlah pulau kecil disekitarnya. Fauna yang menghuni wilayah ini, antara lain babi rusa, anoa, kuda, monyet, saba, babi, beruang, ikan duyung, monyet hitam, tarsius, sapi, dan benteng. Reptil yang menghuni wilayah ini antara lain biawak, komodo, buaya, dan ular. Berbagai jenis burung yang banyak dijumapi didaerah ini antara lain maleo, mandar, raja udang, burung dewata, rangkong, kakaktua dan nuri.
3Fauna Indonesia Bgian Timur (Tipe Australic)Fauna Indonesia bagian timur mencakup wilayah Halmahera, Papua, dan Kepulauan Aru. Mamalia yang banyak ditemukan di wilayah ini antara lain beruang., kanguru, Walabi, landak Irian, Kuskus, Kanguru Pohon, pemanjat berkantong, dan kelelawar. Di wilayah ini tidak ditemukan kera. Banyak juga ditemukan jenis reptil seperti ular. Kadal, buaya, dan biawak. Berbagai jenis burung yang banyak dijumpai didaerah ini antara lain cedrawasih, kasuari, nuri, raja udang, dan namdur. Adapun jenis ikan air tawar relatif sedikit

Iklim, ketampakan alam, serta kekayaan flora dan fauna yang dimiliki bangsa indonesia harus dimanfaatkan secara bertanggung jawab. Tiap pemanfaatannya harus diikuti dengan usaha untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan dan upaya pelestariannya. selain itu, pemanfaatannya harus disesuaikan dengan kebutuhan.

kita tidak boleh memanfaatkan kekayaan potensi alam yang dimiliki indonesia secara sembarangan. Ada sebagian kekayaan alam yang tidak bisa di perbarui, misalnya beragai macam bahan tambang, seperti emas, batu bara, minyak bumi, timah, dan tembaga. Baha-bahan tersebt memiliki keterbatasan sehingga suatu saat akan habis. Dalam pemanfaatan kayu hutan, kita juga tidak boleh sembarangan. kita tidak boleh menebang pohon dan membakar hutan secara tidak bertanggung jawab. Jika penbangan hutan dilakukan terus-menerus tanpa usaha pelestarian, terjadilah perubahan iklim yang memicu terjadinya global warning (meningkatnya suhu bumi), hilangnya habitat hidup berbagai flora dan fauna, punahnya jenis-jenis flora dan fauna tertentu, serta menyebabkan terjadinya banjir dan tanah longsor.

Nah teman-teman itulah persebaran fauna dan flora di indonesia. mari kita sama-sama menjaga lingkungan kita, paru dunia yaitu Hutan kita, hewan yang harus dilindungi, agar semua tetap terjaga dan tidak adanya kerusakan dan dampak pada kita nantinya.

Lingkungan yang sehat, lingkungan yang bersih, membuat kita merasa nyaman dan aman. berperilakulah seperti manusiawi yang tidak menyiksa hewan hanya karena kepentingan pribadi.

selamat membaca dan selamat belajar