Perintah Dasar Database Mysql CRUD (Create,Read,Update,Delete)

Haii semuanya, dipostingan sebelumnya kita sudah membahas tentang pengenalan database. Nah, pada tahap ini akan dibahas bagaimana memulai MysQL atau bagaimana cara membangun Database. Tapi sebelum memulai, saya akan menjelaskan sedikit, Disini saya menggunakan SQL yog untuk membangun database. sebenarnya tidak hanya SQL yog saja yang bisa membangun database. pada umumnya orang-orang lebih sering menggunakan CMD . Tergantung pemakaian, lebih suka menggunakan yang mana ?? Perintah SQL di CMD dan SQL Yog sama saja. oke langsung saja kita ketahap membangun Database.

pertama sekali kalian harus menginstall terlebih dahulu SQL Yog di laptop kalian. jika sudah terinstall buka Sql yog

Lalu klik connect tanpa harus menggantikan nama pada bagian SAVED CONNECTIONS. dan setelah itu kita akan masuk kehalaman query.

Selanjutnya, untuk menjalankan Program maka klik gambar dibawah ini, bisa menggunakan sebelah kiri dan juga sebelah kanan.

MEMBUAT DATABASE

Hal yang harus diperhatikan dalam penamaan database adalah nama database tidak boleh mengandung kata-kata yang menjadi kosakata SQL seperti “Select”, dikarenakan akan membuat anda bingung dan rancu. contoh membuat database

dibawah query ada pemberitahuan message tentang success, error, dan warning. jika 1 success maka kita berhasil memuat database dengan nama murid. untuk melihat apakah database kita berhasil maka ketik “SHOW DATABASES” . selanjutnya cara mengaktifkan database dengan nama database “murid”

MEMBUAT TABLE

setelah membuat database, anda bisa membuat tabel didalam database murid. sintaknya :

Dalam pemakaian pernyataan CREATE TABLE, anda akan menemukan 2 opsi yang biasanya menyertai deklarasi defenisi kolom, yaitu NULL/NOT atau NULL dan DEFAULT. Null/ Not Null mengindikasikan apakah suatu kolom dapat menerima nilai null (nilai tiada). jika dinyatakan null, berarti kolom tersebut bisa dikosongkan. sebaliknya, bila diberi atribut not null, kolom tersebut tidak boleh kosong. sedangkan Default menyatakan nilai baku yang akan dipakai jika dalam proses pemasukan nilai kekolom tersebut dan tidak diberi nilai. ditabel create tabel murid menggunakan “primary key” arti primary key disni kunci utama. kunci utama tabel murid adalah “id_siswa”.

untuk melihat output tabel yang sudah dibuat bisa menggunakan dengan sintak “SHOW TABLES”; setiap akhir dari sintak jangan lupa menggunakan titik koma.

untuk memeriksa tabel yang telah anda buat sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan, gunakan perintah DESCRIBE atau Desc. ini digunakan jika anda lupa nama kolom atau tipe kolom dari tabel.

MEMASUKKAN DATA

selanjutnya kita akan memasukkan data pada tabel murid. untuk memasukkan data dalam kolom-kolom anda dapat menggunakan sql query “INSERT”. dan sebelum anda memasukka data kedalam tabel murid, perlu anda perhatikan tipe data yang digunakan dalam setiap kolom. disini saya memasukkan data secara bersamaan.

MELIHAT DATA

untuk melihat data-data yang telah anda memasukkan ke dalam kolom murid gunakan sintak “select * from murid”.

MENGUBAH NAMA TABLE

saat anda memberi nama pada tabel tidak sesuai dengan yang anda inginkan atau rancu gunakan perintah “ALTER TABLE” dengan sintak

MENAMBAH KOLOM/FIELD

MENGHAPUS / MENGURANGI KOLOM/FIELD

MENGHAPUS TABEL

MENGHAPUS DATABASE

nah, sekian penjelasan tentang membangun database. di tahap selanjutnya kita akan membahas tentang Editing Struktur Data. selamat belajar 🙂

Kategori Mysql

Tinggalkan komentar