Perbedaan WiFi id Dan IndiHome

Perbedaan WiFi id Dan IndiHome

Meskipun sesama layanan internet dari telkom indonesia, Namun ternyata kedua layanan ini tidak sama. Lalu apa yang menjadi perbedaan wifi id dan indihome dan manakah yang paling rekomendasi untuk kita gunakan?

Seperti yang kita ketahui saat ini internet menjadi salah satu kebutuhan yang terbukti membantu kegiatan sehari-hari. Oleh karena itu banyak orang ingin menggunakan wifi dengan kecepatan tinggi, serta harganya yang terjangkau seperti wifi id dan indihome.

Untuk perbedaannya yang paling menonjol yaitu jika menggunakan layanan wifi.id kamu dapat menikmati akses internet dengan cara login menggunakan voucher wifi.id dengan harga yang bervariasi. Sedangkan indihome hanya membutuhkan password wifi untuk terhubung ke internet.

Agar lebih spesifik, Jadi disini kami akan menjelaskan beberapa perbedaan, kekurangan dan juga kelebihan dari sergi harga, kecepatan, dan target pengguna yang perlu kamu ketahui sebelum memasang wifi id atau indihome.

Perbedaan WiFi id (WMS) Dan IndiHome

Wifi.id (Wireless Fidelity) merupakan sebuah layanan telkom yang berbasis WMS atau Wifi.id Managed Services adalah sebuah standar jaringan lokal tanpa kabel (nirkabel) yang berkolaborasi bersama pihak telkom.

Sampai saat ini telkom sendiri terus berupaya untuk mengembangkan layanan wifi.id seperti yang dulunya wifi.id hanya dapat diakses pada corner wifi.id khusus tetapi saat ini wifi.id bisa kamu pasang di rumah untuk keperluan pribadi.

mending wifi id atau indihome

Sedangkan Indihome yaitu salah satu layanan telkom dengan berbagai fitur dan kelebihan tersendiri yang tidak dimiliki wifi.id. Fitur tersebut berfokus kepada produk digital untuk rumah seperti netflix, tvbox dan sebagainya.

Terlebih lagi ada fitur yang bernama usetv di wifi indihome khusus untuk anak-anak pada smart tv, Jadi kamu bisa menggunakan media ini sebagai hiburan serta pembelajaran. Berikut selengkapnya mengenai perbedaan wifi id dan indihome secara umum :

1. Harga

Seperti yang kita tahu dalam membeli sebuah barang atau jasa hal yang paling pertama kali kita perhatikan adalah harga, Karenanya kamu harus mengetahui perbandingan harga yang wajib kamu keluarkan ketika menggunakan wifi id dan indihome.

Untuk harga wifi.id sendiri justru jauh lebih murah dibandingkan indihome yaitu dengan harga kurang dari 500rb kamu sudah bisa memasangnya dengan kecepatan 20mbps, Sedangkan untuk pemasangan indihome dengan kecepatan 10mbps kamu dikenai biaya 300rb. Tak hanya itu di wifi.id kamu akan benar-benar merasakan yang namanya true unlimited kuota.

Baca juga : Cara Bayar Indihome

2. Kecepatan

Dari harga kita beralih ke segi kecepatan, jadi dari perbandingan harga sebelumnya kita sudah mengetahui bahwa wifi.id justru lebih murah. Tetapi ada sedikit perbedaan kecepatan yang dimiliki kedua layanan tersebut.

Untuk kecepatan pada wifi.id wms yaitu 1 banding 1 yang artinya jika kamu menggunakan wifi.id dengan speed 20mbps maka itu berarti kecepatan download dan upload juga 20mbps. Hal ini berbeda pada indihome yang memiliki perbandingan 5 banding 1 dengan kecepatan download 20mbps tetapi untuk upload hanya 4mbps saja.

Mungkin sebagian dari kamu tidak terlalu mementingkan speed upload terutama bagi yang memang suka streaming nonton film di youtube, download, dan lain-lain cocok memasang wifi indihome. Tetapi untuk pengguna yang sering mengupload sesuatu di internet seperti konten kreator tidak direkomendasikan.

Baca juga : Wifi IndiHome Tersambung Tapi Tidak Bisa Internet

3. Pengguna

Lalu kita akan membahas pengguna yang sesuai untuk kedua layanan telkom tersebut yaitu wifi.id dan indihome. Karena setiap layanan ini memiliki target pengguna yang berbeda-beda.

Dalam menentukan pengguna kita bisa melihat aspek kecepatan dan harga yang telah kita bahas sebelumnya. Dengan begitu kita dapat dengan mudah menyimpulkan bahwa untuk wifi.id cocok digunakan apabila kamu salah satu pelaku pengusaha seperti cafe, restoran, atau tempat banyak orang berkumpul karena speed nya yang true unlimited.

Bisa kamu bayangkan jika kamu menggunakan wifi indihome di cafe lalu banyak orang yang mengaksesnya untuk download. Hanya hitungan beberapa hari tagihan indihome akan membengkak dan terkena pembatasan pemakaian wajar (FUP).

Tetapi untuk wifi indihome sangat kami rekomendasikan buat kamu yang ingin memasang wifi indihome dirumah karena banyak sekali fitur wifi indihome yang berkaitan dengan produk digital rumahan seperti netflix, iflix dan sebagainya.

Eitss tunggu dulu, hal ini berbeda apabila kamu seorang konten kreator seperti youtuber dan blogger yang harus mengeluarkan kuota upload setiap harinya untuk membuat sebuah konten. Apalagi kamu seorang streamer yang wajib memiliki kualitas koneksi internet terbaik untuk melakukan streaming.

Baca juga : Cara Berhenti Berlangganan IndiHome

4. Kelebihan serta Kekurangan WiFi id dan IndiHome

Dari beberapa penjelasan di atas mungkin kamu sudah punya pilihan nih, Jadi bisa kita simpulkan kelebihan dan kekurangan wifi id dibandingkan indihome yaitu wifi id memiliki kuota internet unlimited dengan harga lebih murah jika dilihat dari indikator kecepatan.

Namun untuk indihome walaupun kecepatan internetnya lebih rendah tetapi harganya juga terjangkau dan cocok untuk digunakan personal atau secara pribadi di rumah. Tetapi untuk saat ini kamu sudah bisa memasang wifi.id di rumah apabila memang membutuhkannya.

Selain itu apabila kamu ingin memasang wifi.id kamu hanya akan diberikan fasilitas internet dan perangkat access point. Berbeda dengan wifi indihome yang memberikan router serta produk menarik seperti netflix iflix, tvbox dan produk digital lainnya.

Baca juga : Cara Cari Lokasi WiFi id

Itulah perbedaan wifi id dan indihome yang bisa kami bagikan dari segala aspek, Sekarang kamu pasti sudah punya pilihan. menurut kamu mending wifi.id atau indihome?

Bayu Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com