Perbedaan Nabi dan Rasul

Halo teman-teman sahabat blog afrizatul.com terutama yang memeluk agama Islam.

Walaupun kita belum pernah sekalipun bertemu dengan Nabi dan Rasul kita wajib meyakini bahwa Nabi dan Rasul itu ada.

Karena Nabi dan Rasul merupakan panutan untuk kita mencontoh perilaku tauladan Nya.

Kita sebagai umat muslim tentunya pernah bertanya dan masih bingung tentang apakah ada perbedaan antara nabi dan rasul? Mungkin ada teman-teman yang sudah tau tetapi lupa.

Maka dari itu afrizatul.com akan menjelaskan beberapa perbedaan antara nabi dan rasul yang akan kita bahas secara lengkap supaya teman-teman bisa membedakan apa itu nabi dan apa itu rasul.

Pengertian Nabi dan Rasul

Sebelum mengetahui apa perbedaan antara Nabi dan Rasul ada baiknya kita harus tau dulu apa itu Nabi dan apa itu rasul.

Nabi

Nabi merupakan kata yang berasal dari kata naba, yang mempunyai arti dari tempat yang tinggi. Nabi adalah salah satu manusia atau Hamba Allah SWT yang dipercayakan dari diberikan wahyu oleh Allah SWT untuk diamalkan ke dirinya sendiri tanpa diberikan kewajiban untuk disampaikan kepada umat manusia.

Rasul

Rasul merupakan kata yang berasal dari kata risalah yang mempunyai arti menyampaikan. Rasul sendiri sudah lebih dulu diangkat menjadi Nabi. Rasul diberikan wahyu dan kepercayaan oleh Allah SWT yang wajib untuk disampaikan kepada umat islam di dunia.

Kriteria Nabi dan Rasul

Nabi dan Rasul tentunya memiliki kriteria-kriteria mengingat diutus atau dipilih secara langsung oleh allah SWT.

Adapun kriteria-kriterianya sebagai berikut :

  • Nabi dan Rasul diangkat secara langsung oleh Allah SWT.
  • Diberikan wahyu dan diberikan kepercayaan untuk menyampaikan wahyu tersebut kepada dirinya sendiri atau kaumnya.
  • Alquran tidak ada menjelaskan tentang jenis kelamin nabi dan rasul adalah perempuan.
  • Membawa peringatan untuk kaum yang ingkar kepada Allah SWT.
  • Nabi diberikan wahyu saat tertidur sedangkan nabi diberikan wahyu oleh malaikat

Perbedaan Nabi dan Rasul

Berikut ini afrizatul.com merangkum perbedaan antara nabi dan rasul :

1. Jenjang Tingkatan Nabi dan Rasul

Jenjang tingkatan KeRasulan lebih tinggi dibandingkan dengan Nabi. Karena Rasul dipercayakan untuk menyampaikan wahyu kepada umatnya dan merupakan Rasul pilihan yang ditunjuk sendiri oleh Allah SWT.

2. Utusan

Allah mengutus Rasul oleh Allah SWT untuk kaum Kafir atau belum beriman kepada Allah SWT, sedangkan Nabi diutus oleh Allah SWT untuk kaum yang beriman.

3. Syariat

Rasul menyampaikan syariat yang baru yang diberikan oleh Allah SWT, sedangkan Nabi menyampaikan syariat yang sudah dibawa oleh Rasul sebelumnya kepada umatnya.

4. Nabi dan Rasul yang diutus Pertama Kali

Nabi dan Rasul diutus secara langsung oleh Allah SWT, namun kamu harus tau apa saja nabi dan rasul yang pertama kali diutus oleh Allah SWT. Nabi yang diutus oleh Allah SWT pertama kali yaitu Nabi Adam AS dan Rasul yang pertama kali diutus oleh Allah SWT adalah Nuh AS.

5. Jumlah Nabi dan Rasul

Untuk mengetahui tentang berapa jumlah nabi dan rasul. Ada sebuah hadist yang menerangkan tentang jumlah nabi dan rasul yaitu dalam hadist yang diriwayatkan oleh Ibnu Hibban yang mengatakan bahwa jumlah Nabi ada 124.000 dan jumlah Rasul ada 313. (Qs. Al-Ghafir: 787).

Tetapi dari segitu banyaknya jumlah nabi dan rasul. yang wajib kita pelajari dan kita ketahui hanya 25 saja. diantaranya seperti : Muhammad SAW, Adam AS, Sulaiman AS, Daud AS, AS, Idris AS, Nuh AS, Hud AS, Saleh AS, Ibrahim AS, Luth AS, Ismail AS, Ishak (Ishaq) AS, Ilyasa’ AS, Yunus AS, Zakaria AS, Yaqub AS, Yusuf AS, Syu’aib AS, Ayyub AS, Dzulkifli AS, Musa AS, Harun AS, Ilyas AS, Yahya AS, dan Isa AS.

Terdapat pula 5 orang yang memiliki gelar Ulul Azmi karena memiliki ketabahan yang sangat luar biasa sehingga yang mempunyai gelar ini adalah nabi-nabi pilihan Allah SWT. Adapun kelima nabi tersebut adalah Nabi Musa, Nuh, Isa, Ibrahim dan Muhammad.

6. Wahyu yang disampaikan

Ada perbedaan antar penyampaian wahyu antar nabi dan rasul. Nabi diutus oleh Allah SWT dan diberikan wahyu dari perantara mimpi untuk dirinya sendiri.

Sedangkan Rasul diutus oleh Allah SWT dan diberikan wahyu secara langsung oleh Allah SWT melalui malaikan maupun melalui perantara mimpi untuk disampaikan kepada umat islam di dunia.

7. Sejarah Percobaan Pembunuhan

Mengenai sejarah percobaan pembunuhan, nabi dan rasul memliki perbedaan. Ada Nabi yang dibunuh oleh kamunya sendiri. Rasul juga dibunuh oleh kaumnya sendiri namun diselamatkan oleh Allah SWT yang mengalami percobaan pembunuhan dari kaumnya sendiri. Contohnya adalah Nabi Isa yang mengalami percobaan pembunuhan dan diangkat menjadi nabi.

Adapun kesimpulan dari perbedaan antara nabi dan rasul afrizatul.com membuat tabel agar mudah dipahami dan diingat.

Perbedaan Nabi Rasul
Jenjang Tingkatan Nabi dan Rasul Dibawah Jenjang Rasul Jenjang Paling Tinggi
Utusan Menyampaikan wahyu kepada orang beriman Menyampaikan wahyu kepada orang kafir atau belum beriman
Syariat Syariat dari Rasul Sebelumnya Syariat baru dari Allah SWT
Nabi dan Rasul yang diutus Pertama Kali Nabi Adam AS Nabi Nuh AS
Jumlah Nabi dan Rasul 124.000 313
Wahyu yang disampaikan Untuk Dirinya sendiri Disampaikan kepada Umatnya
Sejarah Percobaan Pembunuhan Dibunuh oleh kaumnya sendiri Diselamatkan oleh Allah SWT

Akhir Kata

Itu penjelasan mengenai perbedaan antara nabi dan rasul yang telah kita pelajari bersama mulai dari pengertian, kriteria, serta perbedaan antara nabi dan rasul dan ditampilkan melalui tabel yang telah afrizatul.com berikan.

Bayu Afrizatul Rizki
"Blogger, Wibu, dan Maniak Komputer"