Perbedaan Ilmu dan Pengetahuan

Setiap orang memang wajib untuk memiliki ilmu pengetahuan, ilmu pengetahuan tidak hanya bisa didapat saat duduk dibangku sekolah,atau kuliah. tetapi kamu juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan dimanapun dan kapan pun.

Semakin banyak ilmu yang kita capai juga semakin banyak pengetahuan yang kita dapatkan.

Banyak dari orang mengatakan bahwa ilmu dan pengetahuan adalah kata yang memiliki makna yang sama. Tapi tahukah kamu bahwa ilmu dan pengetahuan sebenarnya memiliki makna yang berbeda.

Untuk itu afrizatul.com telah akan membahas apa sih itu ilmu dan apa itu pengetahuan lalu apa perbedaannya?

Dari pada penasaran yuk disimak ulasannya..

Pengertian Ilmu dan Pengetahuan

Sebelum mengetahui perbedaan antara ilmu dan pengetahuan ada baiknya kita pelajari dulu apa sih itu ilmu dan pengetahuan?

Ilmu

Ilmu merupakan sebuah pengetahuan tentang sesuatu yang tersusun rapi dan sistematis dengan metode tertentu. Oleh karena itu ilmu bersifat umum dan menyeluruh sehingga dapat menjelaskan secara detail dan terperinci.

Ilmu dihasilkan dari seseorang yang ingin mendalami sesuatu melalui pengetahuan yang ia miliki. Ilmu juga bisa di dapat dari membaca, serta pengalaman sendiri. Seperti : membaca buku, membaca ebook, atau bahkan membaca artikel blog juga bisa menghasilkan ilmu.

Ilmu juga merupakan sesuatu yang pasti dan telah dibuktikan dengan bermacam-macam seperti bukti nyata maupun teoritis sehingga ilmu sangat sulit untuk dibantah. Semakin banyak pengetahuan yang kamu miliki maka semakin banyak pula ilmu yang akan kamu dapatkan.

Contoh ilmu adalah : misalnya kamu ingin belajar menjahit baju, tetapi kamu tidak tau bagaimana cara pembuatan baju maka kamu membaca buku atau sesuatu yang berkaitan dengan itu lalu kamu mencoba nya dan berhasil maka setelah diuji maka akan terbukti kebenarannya.

Pengetahuan

Sedangkan Pengetahuan merupakan suatu informasi yang didapatkan atau diketahui oleh seseorang atau sebagian kelompok yang belum diketahui benar atau tidak karena belum dikaji lebih dalam dan belum terbukti kebenarannya.

Pengetahuan bisa kamu dapatkan dari pengalaman, karena ketika kamu belum pernah melakukan sesuatu dan mencobanya dari pengalaman tersebut kamu akan mendapatkan pengetahuan.

Pengetahuan juga bisa kamu dapatkan dari orang lain dalam kehidupan sehari-hari. Jadi secara tidak sadar setiap hari kita akan mendapatkan pengetahuan. Namun pengetahuan tersebut belum tentu adalah ilmu karena belum teruji dan dikaji lebih dalam akan kebenarannya.

Karakteristik Ilmu dan Pengetahuan

Ada perbedaan mengenai karakteristik antara ilmu dan pengetahuan. Adapun perbedaan karakteristik tersebut ialah :

Ilmu memiliki karakteristik yang tersistematis, terurut, dan pasti menggunakan metode-metode tertentu. Oleh karenanya ilmu biasanya pasti akan dapat menjawab apapun mengenai pertanyaan 5W1H.

Semua objek yang berkaitan dengan ilmu sudah pernah dikaji, diuji, terbukti, dan telah disetuju oleh banyak pihak. Oleh karenanya sesuatu yang di dasarkan oleh ilmu sangat sulit terbantahkan jika kita belum melakukan riset terlebih dahulu.

Pengetahuan memiliki karakteristik yaitu Sesuatu informasi yang didapatkan atau diketahui yang belum pasti kebenarannya. Tetapi sebenarnya pengetahuan sendiri merupakan bagian dari ilmu namun harus dikaji lebih dalam lagi.

Perbedaan antara Ilmu dan Pengetahuan

Terkait perbedaan antara ilmu dan pengetahuan afrizatul.com telah menyiapkan tabel yang bisa kamu baca untuk lebih mudah memahaminya.

Perbedaan Ilmu Pengetahuan
Besar Jangkauan Sangat Luas Tidak terlalu luas
Metode Pembuktian Dibuktikan secara objektif Dibuktikan secara subjektif
Objek yang disampaikan Sudah diriset,diuji, dan dikaji Belum diriset,diuji, dan dikaji
Kebenaran Bersifat umum (universal) Sesuai Pemahaman seseorang atau kelompok
Karakteristik Sistem yang tersistematis dan terurut Sistem yang belum tersistematis

Kesimpulan

Dari tabel diatas kita dapat mengambil kesimpulan bahwa ilmu mempunyai jangkauan yang sangat luas, menggunakan metode pembuktian secara objektif (harus dibuktikan kebenarannya), sudah ada riset,pengujian dan pengkajian yang membuktikan kebenarannya

Sedangkan pengetahuan mempunyai jangkauan yang tidak terlalu luas dibandingkan ilmu, metode pembuktian yang digunakan secara subjektif (hanya pemikiran dari seseorang) kemudian belum ada riset, pengujian dan pengajian lebih dalam lagi.

Akhir Kata

Itulah perbedaan mengenai ilmu dan pengetahuan yang telah kita pelajari hari ini mulai dari pengertian, contoh, karakteristik, hingga perbedaan dari berbagai aspek seperti jangkauan, metode pembuktian dan lain sebagainya.

Bayu Afrizatul Rizki
"Blogger, Wibu, dan Maniak Komputer"