Inilah Perbedaan CV (Curriculum Vitae) dan Resume

Perbedaan CV dan Resume

Perbedaan CV dan Resume РBagi kamu yang mengganggap cv (curriculum vitae) dan resume itu sama, ternyata ada perbedaannya loh. simak selengkapnya berikut ini!

Perbedaan CV dan Resume

Ketika kamu melamar kerja pasti kamu akan disuruh untuk memberikan curriculum vitae, tapi terkadang kamu bingung apakah itu curriculum vitae atau resume.

Curriculum vitae dan resume pasti familiar banget bagi kamu yang sedang melamar pekerjaan. Dua istilah ini memiliki perbedaan yang mungkin belum kamu ketahui.

CV itu singkatan dari curriculum vitae, CV dan resume ini masuk ke dalam kategori dokumen biodata yang berisikan tentang pendidikan, kemampuan, pengalaman sama kualifikasi kamu. Sekarang ini CV dan resume sudah jadi dokumen standar yang diperlukan bagi seseorang untuk melamar pekerjaan.

istilah curriculum vitae sendiri sebenarnya sangat familiar digunakan di Inggris Sedangkan untuk resume itu lebih familiar digunakan di Amerika Serikat. Secara sederhana sebenarnya resume ini cuman Bentuk singkat dari curriculum vitae aja cuman dari segi konten dan isinya bisa dibilang sama.

Bedanya di curriculum vitae kamu bisa menuliskan dan menjelaskan kualifikasi kamu dengan detail dan dalam jangka waktu yang lebih panjang misalnya seperti 10 sampai 15 tahun terakhir sedangkan resume hanya terbatas pada pengalaman atau kualifikasi yang memang memiliki keterkaitan dengan posisi yang kamu lamar atau pengalaman yang terjadi belakangan ini aja seperti 5 tahun terakhir.

Di Amerika Serikat sendiri CV biasanya digunakan oleh seseorang yang hendak mendaftarkan dirinya bekerja di institusi akademik seperti kampus atau sekolah. Hal ini dikarenakan pengetahuan atau track record seseorang sangat dipertimbangkan dan sangat penting ketika mereka mendaftarkan dirinya di institusi tersebut.

Sedangkan di Indonesia sendiri tidak ada standarisasi atas format CV atau resume kamu ikutin jadi kamu sebenarnya bebas mau desain resume atau cv sesuka kamu.

Namun perlu dipertimbangkan untuk jabatan apa atau lembaga apa curriculum vitae dan resume tersebut kamu tujukan. Hal ini berpengaruh pada layout, font, warna dan komponen lainnya yang kamu cantumkan.

Karena mencakup rentang waktu yang lebih luas Biasanya curriculum vitae ini terdiri dari 1 sampai 3 halaman meski sebenarnya direkomendasikan itu hanya sampai 2 halaman saja, sedangkan untuk resume biasanya tidak lebih dari 1 halaman aja.

Oh ya kalau kamu mau ngirim curriculum vitae atau resume jangan sampai lupa untuk perhatikan nama filenya, misalnya kamu diminta untuk mengirim curriculum vitae tapi nama file-nya resume meskipun secara konten isinya sama saja tapi ada kemungkinan kamu dikira tidak paham apa yang sebenarnya dimaksud.

Nah itulah Perbedaan CV dan Resume, semoga dengan penjelasan singkat ini kamu bisa paham ya.