Perbedaan AM dan PM

Perbedaan AM dan PM (Pengertian,Contoh,Penerapan dan Perbedaan)
Perbedaan AM dan PM (Pengertian,Contoh,Penerapan dan Perbedaan)
Perbedaan AM dan PM (Pengertian,Contoh,Penerapan dan Perbedaan)

Pasti diantara kita banyak yang sudah tau apa itu AM dan PM. Yapp, AM dan PM ini adalah untuk menunjukan waktu dengan sistem 12 jam yang banyak dipakai oleh negara luar seperti Amerika, Kanada dan negara eropa lainnya.

Tapi seiring dengan berjalannya waktu, negara asia termasuk indonesia juga sudah menggunakan sistem 12 jam ini dari sistem 24 jam.

Kamu juga bisa melihat di gadget kamu seperti laptop, komputer, smartphone yang menampilkan waktu dengan format 12 jam menggunakan AM dan PM.

Jika kamu masih bingung perbedaan antar AM dan PM. Berikut ini afrizatul.com telah merangkum untuk kamu supaya lebih paham mengenai AM dan PM.

Penasaran? Yuk Langsung disimak aja penjelasannya..

Pengertian AM dan PM

Adapun pengertian mengenai apa itu AM dan PM afrizatul.com telah memberikan beberapa pengertian sebagai berikut :

AM

AM (Ante Meridiem) merupakan kata yang berasal dari bahasa latin dan memiliki arti “Sebelum Tengah Siang” atau ada juga yang menyebutkan bahwa AM merupakan singkatan dari “After Midnight” yang berarti “Setelah Tengah Malam”.

Dari sini kita dapat menyimpulkan bahwa AM digunakan jika waktu menunjukkan setelah tengah malam alias jam 1 Malam hingga sebelum jam 12 siang atau sebelum tengah siang.

Untuk lebih memahami apa contoh penggunaan AM dan PM dalam kehidupan sehari-hari. Berikut adalah contoh nya :

Contoh : Misalnya di negara kita saat ini waktu menunjukkan pukul 09.00 alias jam 9 pagi maka benar sekali yang digunakan jika menggunakan sistem format 12 jam adalah 09.00 Am yang berarti pagi karena seperti pengertian dari AM diatas bahwa AM digunakan setelah tengah malam dan sebelum tengah siang.

PM

PM (Post Meridiem) merupakan kata yang berasal dari bahasa latin yang memilik arti “After Noon” alias “Setelah Tengah Siang”. Dan ada juga beberapa orang menyebutkan bahwa PM berarti “Pre Midnight” alias “Sebelum Tengah Malam”.

Dan kita bisa menyimpulkan bahwa PM akan digunakan apabila waktu menunjukkan setelah jam 12.00 siang dan sebelum 00.00 tengah malam.

Untuk lebih jelasnya lagi afrizatul.com akan memberikan contoh penggunaan PM dengan format waktu sistem 12jam :

Contoh : misalnya di indonesia saat ini menunjukkan pukul 16.00 maka apa yang kita gunakan? yaps benar yaitu 16.00 PM.

Tabel Penerapan AM dan PM

Supaya lebih jelas dan mudah dipahami afrizatul.com memberikan cara pengerapan AM dan PM menggunakan format 12 jam pada kehidupan sehari-hari.

AM PM
Setelah Tengah Malam dan Sebelum Tengah Siang Setelah Tengah Siang dan Sebelum Tengah Malam
01.00 13.00
02.00 14.00
03.00 15.00
04.00 16.00
05.00 17.00
06.00 18.00
07.00 19.00
08.00 20.00
09.00 21.00
10.00 22.00
11.00 23.00
11.59 23.59

Perbedaan AM dan PM

Setelah membaca penjelasan mengenai pengertian,contoh, dan penerapan AM dan PM, maka dapat disimpulkan bahwa perbedaan nya adalah AM digunakan setelah waktu tengah malam dan sebelum tengah siang, sedangkan pm adalah kebalikannya yang akan digunakan apabila waktu menunjukan setelah tengah siang dan sebelum tengah malam.

Akhir Kata

Itulah Penjelasan mengenai AM dan PM dari mulai pengertian, contoh, penerapan, dan perbedaan antara AM dan PM yang telah dijelaskan oleh afrizatul.com, semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu teman-teman sekali supaya tidak bingung lagi apa itu am dan pm dan kapan akan menggunakannya.

Bayu Afrizatul Rizki
"Blogger, Wibu, dan Maniak Komputer"