Penyebab dari Lambatnya Penyaluran Bansos KPM

Bansos KPM
Bansos KPM

Fenomena yang masih misterius terkait pencairan bantuan sosial (bansos). Banyak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dilaporkan belum menerima bantuan, terutama untuk alokasi bulan September, Oktober, dan November-Desember.

Beberapa hari belakangan, media sosial dipenuhi postingan KPM yang merayakan pencairan bansos untuk alokasi September-Oktober. Namun, di sisi lain, masih ada KPM lain yang belum merasakan cairnya bantuan yang dijanjikan. Pertanyaannya, mengapa hal ini terjadi? Mari kita kupas bersama dalam artikel ini.

Penyebab Keterlambatan Pencairan

Berdasarkan data dari View DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial), tampaknya beberapa KPM mengalami keterlambatan dalam menerima bansos karena adanya perbedaan data antara informasi yang mereka miliki dan yang tercatat di lembaga perbankan. Proses pencarian bansos saat ini lebih mengutamakan yang cairnya melalui bank Himbara atau kartu KKS, sehingga KPM yang menggunakan metode tersebut lebih cepat mendapatkan bantuannya.

Namun, untuk KPM yang proses pencairannya melalui PTP, masih dalam tahap proses. Maka dari itu, kita akan lebih fokus pada kasus KPM yang bantuan sosialnya belum cair, terutama yang melalui bank Himbara.

Perbedaan Data dan Hambatan Pencarian Bansos

Beberapa kasus menunjukkan bahwa KPM berhenti di SPM atau SII karena perbedaan data di antara keduanya. Jika data diri yang dimiliki KPM tidak selaras dengan data di lembaga perbankan, bansos tidak bisa ditransfer dengan lancar. Meskipun, perlu dicatat bahwa jika perbedaan data tidak signifikan, bansos mungkin akan masuk di termin berikutnya.

Saat ini, kita masih berada di minggu kedua bulan November, yang berarti masih ada waktu yang cukup panjang untuk proses penyaluran bansos hingga akhir Desember. Oleh karena itu, bagi KPM yang bansosnya belum cair, disarankan untuk tetap bersabar karena masih dalam tahapan proses data.

Langkah-Langkah Mengatasi Kendala Pencarian Bansos

Jika bansos untuk alokasi September-Oktober belum masuk, langkah pertama yang bisa diambil adalah bertanya langsung ke pendamping sosial. Minta pendamping sosial untuk melakukan pengecekan data KPM di View DTKS guna mengetahui keterangan yang muncul. Jika ada permasalahan, segera lakukan perbaikan.

Jika data terblokir dan tertolak oleh sistem, mungkin perlu mengusulkan agar KPM masuk kembali ke DTKS sebagai peserta baru. Proses ini dapat dilakukan dengan memperbarui data anggota keluarga yang mungkin menjadi penyebab penolakan.

Buat KPM yang bansosnya belum cair untuk alokasi September-Oktober, tetaplah bersabar. Proses penyaluran masih berlangsung, dan masih ada kemungkinan untuk masuk di termin atau bulan berikutnya. Semoga data diri segera diperbarui jika ada perbedaan, sehingga bansos dapat segera dicairkan.