Pengertian dan Contoh Teks Eksposisi Pengembangan Lengkap

Paragraf eksposisi atau teks eksposisi merupakan sebuah paragraf atau sebuah karangan yang mengandung di dalamnya sejumlah informasi yang mana isinya ditulis dengan tujuan untuk menjelaskan atau memberikan pengertian dengan gaya penulisan yang padat singkat dan akurat. Paragraf eksposisi sendiri adalah paragraf yang isinya menjelaskan sesuatu dan ditulis sesuai fakta tetapi tidak bersifat mempengaruhi.

Paragraf eksposisi bertujuan untuk menjelaskan informasi tertentu supaya dapat menambah pengetahuan pembaca dengan membaca Paragraf eksposisi maka pembaca akan mendapatkan pengetahuan secara lebih rinci dari suatu hal atau kejadian yang terjadi. Paragraf eksposisi yaitu :

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

  • Yang pertama memiliki gaya informasi yang mengajak
  • Penyampaian teksnya secara lugas dan juga menggunakan bahasa yang sangat baku
  • Berisi tentang penjelasan informasi-informasi pengetahuan
  • Dalam teks eksposisi ini isinya tidak memaksakan kemauan dari penulis terhadap pembacanya
  • Teks eksposisi memiliki sifat objektif dan netral
  • Teks eksposisi memiliki penjelasan disertai data-data yang sangat akurat
  • dalam teks eksposisi fakta akan digunakan sebagai alat konkritasi dan kontribusi
  • Menjelaskan suatu fakta
  • umumnya jawaban dari askadimeba ( apa, dimana, kapan, mengapa dan bagaimana )

Berikut struktur paragraf eksposisi yaitu :

  • Struktur pertama yaitu Berisi tentang gagasan utama tentang salah satu permasalahan berdasarkan fakta berisi tentang
  • Struktur kedua adalah argumentasi yaitu bagian ini kamu akan menemukan penjelasan secara mendalam tentang pernyataan pendapat dan pengungkapan fakta sebagai penjelasan dari argumen si penulis
  • Struktur ketiga adalah penegasan ulang pendapat yaitu Pada bagian ini penulis akan memberikan penguat dari pendapat serta argumen yang ditunjang oleh fakta

Jenis – jenis paragraf eksposisi yaitu :

  • Yang pertama adalah eksposisi definisi
  • Yang kedua adalah Eksposisi proses
  • Yang ketiga adalah Eksposisi ilustrasi
  • Yang keempat adalah Eksposisi laporan
  • Yang Kelima adalah Eksposisi perbandingan
  • Yang ke enam adalah Eksposisi pertentangan

Paragraf eksposisi memiliki kaidah kebahasaan yang digunakan seperti :

  • Yang pertama adalah Pronominan – Di mana pronomina merupakan kata ganti yang dapat digunakan pada saat pernyataan pendapat pribadi diungkapkan, Dalam kasus ini pronomina dapat dikategorikan menjadi dua yaitu pronomina persona dan pronomina nonpersona.
  • Yang kedua adalah konjungsi – Seperti kita ketahui konjungsi adalah kata penghubung yang digunakan dalam teks eksposisi untuk memperkuat argumentasi.

Baca juga : Contoh Paragraf Narasi

Contoh Paragraf Eksposisi Pengembangan Klasifikasi

Penebangan Hutan secara ilegal. sebenarnya persoalan ini sudah ada sejak dahulu bahkan menjadi persoalan klasik bagi masyarakat indonesia. Setiap hari, kegiatan tersebut marak dilakukan di sejumlah kawasan hutan dengan diketahui petugas yang berwenag, aparat dan masyarakat setempat. Meskipun berkali-kali di beritakan bahwa penertiban terus di upayakan, namun penebangan dan perusakan hutan semakin merajalela.

Penebangan hutan secara ilegal adalah masalah yang cukup besar bagi indonesia, diperkirakan bahwa penebangan hutan secara ilegal di indonesia sekitar 70-75%. Jika hal ini terjadi terus menerus maka akan banyak dampak yang terjadi bagi kita semua.

Dengan demikian pihak pemerintah, warga dan seluruh penduduk indonesia harus berpikir dewasa untuk kedepannya. Oleh karena itu penebangan hutan secara liar harus di hentikan. Mari kita bersama-sama menjaga hutan alam kita.

Contoh Teks Eksposisi Pengembangan Definisi

Kuda laut adalah hewan yang berkembangbiak dengan cara kehamilan pada sijantan. kuda laut jantan memiliki kantung pengeraman yang disebut dengan brood pounch yang terdapat pada perutnya. Pasangan kuda laut adalah pasangan sehidup semati. Apabila pada hewan lain terjadi tranfer sperma dari jantan ke betina, maka kuda laut sabaliknya yaitu kuda laut betina akan menstranfes sel telurnya ke kantong pengeraman kuda laut jantan hingga telur tersebut menetas. Kuda laut biasanya bisa mencapai tingkat dewasa pada usia 7 bulan.

Contoh Teks Ekposisi Pengembangan Sebab – Akibat

Pada tahun 2017, Wilayah Riau mengalami kabut asap yang sangat tebal. Hal ini dikarenakan terjadinya penebangan hutan secara liar dan juga kekeringan . Maka dari itu terjadinya kebakaran hutan di titik-titik tertentu yang bisa merambat ke hutan-hutan lainnya. Terjadinya kebakaran menyebabkan pencemaran lingkungan kabut asap yang tidak baik untuk kesehatan.

Pengurangan Oksigen yang bersih mengakibatkan saluran pernapasan menjadi sempit dan sesak. Untuk menanggulangi tejadinya kebakaran hutan dimusim kekeringan yaitu membuat hujan buatan agar mengurangi populasi asap. Masyarakat riau selama terjadinya kabut asap diharuskan menggunakan masker, agar oksigen yang di hirup tersaring menggunakan masker medis.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian teks eksposisi beserta contohnya, dari ketiga contoh diatas masih banyak lagi contoh pengembangan paragraf eksposisi seperti pengembangan perbandingan yang menyatakan adanya paragraf pembanding. Paragraf eksposisi ini pada umumnya ada di majalah, dikoran dan buku karya-karya ilmiah.

Tinggalkan komentar