Pengertian Teks Debat, Unsur-Unsur, Ragam Dan Tata Caranya

Pengertian Teks Debat – Teks Debat mungkin tidak asing bagi teman-teman, Kata Debat yang biasa kita kenal yaitu semacam perkelahian atau semacam adu pendapat. Faktanya Debat ini memiliki aturan dan beberapa yang harus ada dalam Debat untuk mencapai tujuaan titik permasalahan yang ada.

Pernah kah kamu melihat percakapan berita yang sedang berbicara mengenai pendapat masing-masing. Ya itu lah yang dinamakan Debat. Pada umumnya setiap akhir dari debat terdapat kesimpulan atau adanya suatu permasalahan.

[rb_related title=”Baca juga : ” total=”2″]

Pengertian Teks Debat

Teks Debat adalah kegiatan percakapan adu argumentasi atau adu pendapat yang dilakukan oleh dua orang atau lebih antar beberapa pihak dengan sudut pandang yang berbeda untuk mendapatkan hasil suatu permasalahan.

Debat ini tidak hanya dilakukan untuk masalah-masalah pekerjaan dari pemerintah saja, tetapi debat ini juga di terapkan kesemua masyarakat, pendidikan dan lainnya. Debat juga memiliki unsur-unsur yang wajib kita ketahui untuk memulai debat.

Baca juga : Pengertian Paragraf

Unsur-unsur Debat

  • Mosi adalah permasalahan yang akan di debatkan
  • Tim Afirmasi atau biasa di sebut dengan tim pendukung ini adalah tim yang setuju dengan mosi atau bisa disebut dengan Tim Mosi
  • Tim Oposisi atau biasanya disebut dengan tim penyanggah adalah tim yang tidak setuju dengan mosi
  • Tim Netral adalah tim ini merupakan tim opsional yaitu tim yang tidak setuju dan juga tim yang tidak mendukung mosi atau bisa jadi sebaliknya.
  • Juri bertugas memutuskan hasil dan menentukan pemenang
  • Moderator bertugas memimpin jalannya debat yang sedang berlangsung
  • Notulis bertugas untuk mencatat debat.

Tata Cara Debat

  • Setiap tim memperkenalkan diri selama 1 menit. (3 menit)
  • Setiap tim menyampaikan argumentasinya terhadap mosi selama 5 menit, dimulai oleh tim afirmasi dilanjut dengan tim oposisi dan teakhir yaitu tim netral. (15 menit)
  • Setiap tim mengomentari argumentasi tim lain selama 3 menit, misalnya tim pendukung mengomentari argumentasi dari tim oposisi dan tim netral di beri waktu 3 menit. Begitu seterusnya (9 menit).
  • kemudian diberikan waktu 5 menit untuk rebutan memencet bel. Bagi tim yang tercepat menekan tombol bel akan diberikan waktu 1 menit untuk memberikan komentar, memberikan sanggahan, atau memberikan pertanyaan. Pada bagian ini diberikan 5 kali kesempatan bagi tim yang tercepat. (5 menit)
  • Setiap tim memberikan ungkapan penutup terhadap mosi sesuai dengan posisinya, diberikan waktu 1 menit (3 menit). kemudian di tutupi oleh moderator.

Menyimpulkan Hasil Debat

pada saat menyimpulkan hasil debat yang menjadi faktor penilaian terbagi menjadi 3 bagian yaitu Generalisasi, Analogi dan sebab akibat.

  • Generalisasi yaitu penarikan kesimpulan dengan cara generalisasi berpangkat pada pernyataan-pernyataan yang bersifat khusus, kemudian ditarik dengan pernyataan umum. Contoh Generalisasi
  • Analogi yaitu penarikan kesimpulan di dasarkan atas perbandingan dua hal yang berbeda, akan tetapi memiliki persamaan. Contoh Analogi
  • Sebab akibat yaitu Akibat menjadi gagasan utama dan sebeb menjadi gagasan penjelas. Contoh Sebab Akibat.

Ragam Bahasa Debat

Ragam bahasa debat juga memiliki konsep atau aturan bahasa debat yang baik dan benar. Ragam bagasa debat yaitu pertama, Menggunakan bahasa yang baku dan ilmiah dan Kedua, yaitu Struktur kalimat yang jelas dan bermakna denotatif (Sebenarnya).

Baca juga : Pengertian, Jenis, Struktur, Contoh Dan Cara Membuat Cerita Fantasi

Demikianlah penjelasan pengertian Teks Debat dan pembahasannya. Teks debat ini digunakan untuk kita berargumentasi dengan pihak yang tidak sepemikiran dalam suatu permasalahan dan teks debat ini bisa dilakukan di dalam kelas dalam pembelajaran. Baca juga : Contoh Konjungsi Temporal.

Tinggalkan komentar