Pengertian Sumbu Simetri Lipat, Putar Pada Bangun Datar

Pengertian Sumbu Simetri Lipat, Putar Pada Bangun Datar

SIMETRI, Apa itu SIMETRI ?? ya simetri ini adalah pelajaran Tingkat Sekolah Dasar (SD). Tetapi juga sering diulang pada tingkat SMP, SMA, bahkan Tingkat Universitas. Simetri adalah pelajaran matematika yang menurut mimin paling mudah.

Mudah dipelajari, mudah dipahami dan mudah digunakan atau diterapkan di ilmu yang lainnya. Bagi teman-teman yang belum memahami apa itu simetri, Nah disini mimin akan bahas apa itu SIMETRI. SIMETRI yang akan dibahas ada 3 macam yaitu Simetri Lipat, Simetri Putar, dan Sumbu Simetri.

1.SIMETRI LIPAT

pengertian simetri lipat adalah jumlah lipatan yang membuat suatu bangun datar menjadi dua bagian sama besar. ATAU banyaknya lipatan didalam bangun datar yang dapat membagi suatu bangun data tersebut.

Maksudnya bagaimana sih min, kurang paham ni dengan penjelasannya. Oke mimin jelasin lagi ya .

simetri lipat itu berhubungan dengan bangun datar, nah kalian pasti sudah paham apa saja bangun datar. kita ambil 1 contoh bangun datar untuk kita pahami dalam pengertian simetri lipat.

contohnya yaitu Persegi Panjang, bisa lihat pada gambar dibawah ini :

Gambar Persegi Panjang

Teman-teman juga bisa mempraktekkan langsung bagaimana simetri lipat ini. Nah disini bangun datarnya yaitu Persegi Panjang yang dimana titik sudutnya memiliki 4 titik sudut yaitu A, B, C, dan D. Jika kita lipat bagian AB Ke CD maka dia terlipat sangat rapi, begitu juga jika kita lipat bagian AC ke BD maka diterlipat tanpa ada yang berlebih. dan Ini lah yang dinamakan Simetri Lipat. Simetri Lipat pada Bangun datar ini memiliki 2 Simetri lipat yaitu AB ke CD dan AC ke BD.

Apakah sama sumbu simetri lipat pada semua bangun datar ? ya pasti berbeda, hal ini dikarenakan Titik sudut, sisi, panjang dan lebar suatu bangun datar pasti berbeda-beda. contohnya persegi memiliki 4 sisi yang sama panjang, sedangkan persegi panjang juga memiliki 4 sisi, tetapi tidak sama panjang.

Kesimpulannya adalah :
Simetri Lipat adalah Banyak nya Lipatan pada suatu bangun datar yang dimana titik sudut nya bertemu dengan titik sudut yang lain, tetapi dengan bagian yang pas dengan lipatannya.
ATAU
banyaknya lipatan didalam bangun datar yang dapat membagi suatu bangun data tersebut. 

2. SIMETRI PUTAR

berbeda dengan simetri lipat tadi, mungkin kalian lebih paham dengan simetri putar. Kenapa ? karenakan Putar, jadi ya putar saja. yuk simak pengertiannya.

Simetri Putar adalah Putaran pada suatu bangun datar dengan sekali putaran penuh pada pusat simetri sehingga kembali pada titik semula.

nah sebagai contohnya, lihat pada gambar dibawah ini .

Gambar Persegi

Simetri Putar indentik dengan lingkaran , hal ini dikarenakan setiap menghitung berapa banyak simetri putar yang di lakukan awal titik pusat akan bertemu dengan titik pusat awal lagi. Contohnya :

Putaran I = A==>B, B==>C, C==>D, D==>A, atau
Putaran II = A==>C, C==>D, D==>B, B==>A, atau
Putaran III = A==>D, B==>C, C==B, D==>A, atau
Putaran IV = A==>A, B==>B, C==>, D==>D 
titik pusat dimulai dari A, maka berakhir di Titik A,
 jika titik pusat di mulai dari B, maka berakhir di titik B, begitu seterusnya

3. SUMBU SIMETRI

yang teakhir adalah sumbu simetri. Apa itu sumbu simetri ???

Sumbu simetri adalah garis yang tepat membelah bangun datar menjadi 2 bagian, atau 4 bagian dan seterusnya yang sama luasnya. Atau garis yang dapat membagi bangun datar menjadi beberapa bagian yang sama luasnya.

Contoh pada sumbu simetri dapat dilihat pada bagian simetri lipat, yaitu gambar persegi panjang yang memiliki sumbu simetri yaitu 2, vertikal dan horizontal.

yaitu selanjutnya mimin akan kasih kunci tabel simetri bangun datar, bisa dihapal dan dibaca saja jika memang diperlukan.

4. TABEL SIMETRI BANGUN DATAR

BANGUN DATARSIMETRI LIPATSIMETRI PUTARSUMBU SIMETRI
Persegi444
Persegi Panjang222
Segitiga Sama kaki11
Segitiga Sama Sisi333
Segitiga Sembarang
Segitiga Siku-siku11
Trapesium Sama Kaki11
Trapesium Siku-siku
Trapesium Sembarang
Jajar Genjang2
Belah Ketupat222
Layang-layang11
Lingkarantak hinggaTak hinggaTak hingga
Tabel Simetri

Dengan adanya tabel simetri diatas agar dapat membantu teman-teman dalam belajar sumbu simetri lipat, sumbu putar, dan sumbu simetri.