Pengertian, Sejarah, Fungsi, Dan Prinsip-Prinsip Akuntansi

Pengertian, Sejarah, Fungsi, Dan Prinsip-Prinsip Akuntansi

Akuntansi saat ini sangat berperan pada perusahaan dan dunia usaha dalam bidang apapun, mau itu perusahaan besar atau perusahaan kecil akuntansi sangatlah di butuhkan. Mengapa demikian ?

Hal ini dikarenakan dengan adanya akuntansi maka pola keuangan perusahaan dari Input, Proses dan Output sangatlah tersusun dan tertata rapi, dan meminimalisir keluar masuk uang yang tidak jelas. Maka tidak heran banyak orang yang ingin belajar akuntansi. Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan dan masih bingung dengan jurusan akuntansi, kamu wajib tau dan Baca ini !

Definisi Akuntansi

Pengertian Akuntansi sendiri berbagai ragam dari peneliti atau menurut ilmuwan sendiri, kamu bisa baca dari berbagai buku dan bisa kamu pahami.

Akuntansi itu adalah proses Mencatat transaksi keuangan dari pengeluaran maupun pemasukan, mengolah data sampai menyajikan data transaksi dalam bentuk laporan grafik, diagram dan sebagainya yang mudah dimengerti oleh siapapun.

Akuntansi merupakan seni pencatat, penggolongan dan pengikhtisaran dengan beberapa cara tertentu dalam ukuran monometer, transaksi, dan kejadian-kejadian yang umumnya bersifat finansial termasuk menafsirkan hasilnya.

Tujuan Akuntansi

mengumpulkan data-data transaksi keuangan dan melaporkan informasi keuangan yang meliputi tentang kinerja, stabilnya keuangan, dan arus kas besar maupun kas kecil dalam sebuah bisnis. informasi ini nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam membuat keputusan ekonomi. contohnya seandainya ada penurunan keuangan dalam sebuah perusahaan maka langkah yang bisa di ambil untuk meminimalisir kerugian perusahaan adalah dengan mengadakan promo suatu produk atau hal lainnya.

Fungsi Akuntansi

  1. sebagai sumber informasi keuangan dalam proses pengambilan keputusan baik untuk kepentingan ekternal maupun internal
  2. sebagai alat kontrol dalam mengendalikan keuangan
  3. sebagai sumber informasi dalam menilai kinerja maupun kesehatan bisnis

Prinsip-prinsip Akuntansi

  1. Prinsip Entitas Ekonomi (Unit Monotery)
  2. Prinsip Kesinambungan Usaha (Going Concern)
  3. Prinsip Satuan Moneter (Unit Monetery)
  4. Prinsip periode waktu (Time Periode)
  5. prinsi biaya history (Historycal Cost)
  6. Prinsip Pengakuan Pendapatan (Revenue Recognition)
  7. Prinsip mempertemukan biaya dan pendapatan (Matching Cost and Revenue)
  8. Prinsip Konsistensi
  9. Prinsip pengungkapan penuh (Full Disclosure)
  10. Prinsip materialitas

Sejarah Akuntansi Indonesia

Fase PertamaFase KeduaFase Ketiga
Zaman Penjajahan Belanda, Menggunakan sistem Kontinental yang di gagas Luca Paciolisetelah tahun 1960, dikenalkan akuntansi cara Amerika Serikat (Anglo Saxon) karena mulai banyaknya masuk investasi asing di Indonesia.
sistem pembukuan berubah dari kontinental ke Anglo Saxon
Diterapkannya Pedoman Standart Akuntansi Keuangan (PSAK)

Siklus Akuntansi

Siklus akuntansi ini mulai dari pencatatan yaitu dari dokumentasi atau transaksi, pengklasifikasi dari jurnal ke buku besar dan pelaporan dari laba rugi, neraca, perubahan modal dan Arus kas.