Pengertian Proposal Serta Penjelasan & Contoh Setiap Jenisnya

Pengertian Proposal

Berikut ini materi pembelajaran untuk kelas 11 yakni pengertian dan jenis proposal, proposal merupakan suatu hal yang tidak baru bagi kalian. Apalagi bagi kalian yang sering mengikuti kegiatan osis ataupun kegiatan remaja di kampung kalian.

Kalau yang pernah membuat proposal pasti sudah paham ya, proposal itu seperti apa. Bagi yang belum silahkan simak pembahasan mengenai proposal berikut ini.

Disini afrizatul akan menjelaskan mulai dari pengertian proposal, jenis-jenis proposal, dan cara membuat proposal.

Pengertian Proposal

Kita akan membahas dulu mengenai pengertian dan jenis-jenis proposal, karena proposal itu ternyata ada berbagai macam loh.

pPengertian dari proposal adalah rencana kegiatan yang ditulis dalam bentuk rancangan kerja yang akan dilakukan. jadi membuat proposal itu berarti kita akan melakukan sebuah kegiatan.

Tujuan ditulisnya proposal adalah agar kita lebih Mengetahui kegiatan ini akan seperti apa, kemudian proposal juga ditulis untuk meminta izin atau pun juga meminta dana.

Baca juga : Pengertian Hikayat, Karakteristik, Unsur dan Nilai-Nilainya

Jenis-Jenis Proposal

1. Proposal Bisnis

Jenis-jenis dari proposal yang pertama adalah proposal bisnis. Proposal bisnis yakni proposal yang berhubungan dengan dunia bisnis ataupun dunia kerja, baik individu maupun kelompok.

Proposal ini dibuat untuk memberikan gambaran usaha kepada investor ataupun pihak yang ingin diajak kerjasama.

Contoh dari proposal bisnis antara lain :

  • proposal pendirian usaha
  • proposal kerjasama
  • proposal peminjaman dana

Jadi misalnya kalau kalian besok mau menjadi pengusaha kemudian membuat sebuah usaha di suatu tempat, kalian perlu untuk membuat proposalnya dulu.

Tujuannya untuk meminta izin pendirian usaha, atau bisa jadi kalian akan bekerjasama dengan pihak lain.

Kalau misalnya kalian memiliki uang banyak kemudian kalian tahu nih peluang usahanya apa, maka kalian perlu membuat proposal bisnis.

2. Proposal Kegiatan

Jenis proposal yang kedua adalah proposal kegiatan, proposal kegiatan ini yang sering sekali kalian buat tentunya karena proposal kegiatan yakni proposal yang ditulis untuk mengajukan sebuah rencana kegiatan baik perseorangan maupun kelompok.

Contohnya kalau kalian akan mengadakan lomba 17-an Agustus di kampung kalian, kalian pasti akan membuat proposalnya

Didalamnya berisi tentang Kapan kegiatan itu akan dilakukan, siapa saja pesertanya kemudian hadiahnya apa dan juga anggaran dana yang diperlukan.

Contoh nya lagi misalnya kalian ingin membuat pentas seni di sekolahan, Kalian juga akan membuat sebuah proposal kegiatan.

3. Proposal Penelitian

Jenis proposal yang ketiga adalah proposal penelitian, proposal ini biasanya berhubungan dengan bidang akademis.

Proposal kegiatan akan kalian buat ketika kalian akan melakukan riset atau penelitian mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi.

Contohnya adalah proposal pembuatan skripsi, tesis maupun pengembangan ilmu pengetahuan.

Dulu ketika saya mahasiswa, sebelum saya membuat skripsi itu harus membuat Proposalnya dulu.

4. Proposal Proyek

Selanjutnya jenis proposal yang ke-empat adalah proposal proyek, jenis ini berkaitan dengan dunia pekerjaan. Biasanya isi dari proposal ini menjelaskan serangkaian rencana usaha dalam komersil.

Misalnya di kampung kalian akan mendirikan bangunan atau memperbaiki jalan, itu biasanya ada Proposalnya. Itulah yang dinamakan proposal proyek.

Jadi contoh proposal proyek yaitu :

  • proposal pembangunan masjid
  • proposal perbaikan jalan
  • proposal izin pertambangan dll.

Itu semua adalah proposal proyek, di dalam proposal proyek ini biasanya yang ditekankan adalah dari sisi anggaran dananya karena memang proyek itu kan menyangkut pembangunan dan juga besar atau kecilnya dana yang dibutuhkan.

Itu tadi adalah pengertian dan jenis-jenis dari proposal, Untuk struktur dan ciri atau unsur kebahasaan proposal bisa kamu baca di artikel selanjutnya.

Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com
Exit mobile version