Pengertian PM10 adalah: Pengertian dan Perbedaan dengan PM2.5

Halo teman-teman sahabat blog afrizatul.com. Akhir-akhir ini kita bisa melihat kualitas udara di kota Pekanbaru, Riau memiliki kondisi yang cukup parah sehingga saat ini Riau tepatnya di Pekanbaru diselimuti asap yang sangat tebal. Bahkan menurut Bmkg saat ini kosentrasi PM 10 melewati angka 600 yang termasuk dari kategori berbahaya.

Pasti kamu bertanya-tanya apa sih itu PM 10 dan PM 2.5? lalu apa hubungannya dengan kualitas udara di pekanbaru? Berikut ini saya akan menjelaskan pengertian pm 10 dan pm 2.5. Yuk simak pembahasannya..

Pengertian PM 10

PM10 adalah kata singkatan dari Particulate Matter merupakan istilah untuk partikel padat dan cair yang ditemukan di udara yang berukuran besar dan warna yang gelap contohnya adalah asap dan PM10 merupakan partikel yang memiliki diameter kurang lebih 10 mikrometer.

Partikel ini berasal dari berbagai sumber seperti pembangkit listrik,mesin diesel, dan lain sebagainya yang memiliki sifat kimia dan fisika partikel yang bervariasi. Standar ukuran untuk kesehatan berdasarkan PP No.41 tahun 1999 yaitu 150 µg/Nm3 (24 jam). Partikel ini juga terbentuk di artmosfer disaat polutan gas seperti SO2 dan NOx bereaksi dan membentuk partikel halus.

PM10 juga sangat buruk untuk kesehatan karena dapat masuk ke tubuh kita hingga daerah terkecil pada saluran pernapasan manusia. Gejala yang ditimbulkan jika terkena PM10 ini seperti sesak nafas, paru-paru, kanker bahkan dapat merenggut nyawa manusia. PM10 juga tidak memandang usia karena usia mulai anak-anak hingga dewasa bisa berkemungkinan akan terkena dampak dari PM10 ini apa lagi orang yang sudah memiliki penyakit paru-paru, asma yang sangat sensitif bila terkena efek partikel. Maka tidak heran jika terkena PM10 ini jarang pandang mata manusia akan berkurang.

Pengertian PM 2.5

Berbeda dengan PM10, PM 2.5 adalah partikel di udara dengan ukuran kurang lebih 2,5 mikron. dan efek nya juga akan mengurangi jarak pandang mata ketika partikel ini jumlahnya sangat banyak. PM 2.5 sendiri memiliki lebar kurang lebih 2 hingga 1,5 mikron yang artinya ukuran tersebut sama dengan 30 kali lebih kecil dari lebar rambut manusia. Walaupun memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan PM10 namun efek yang akan ditimbulkan juga sama.

Jika PM 2,5 masuk ke paru-paru manusia maka akan timbul berbagai penyakit seperti penyakit pada mata, tenggorokan, paru-paru, hidung dan sesak nafas. PM 2,5 juga sangat buruk untuk orang yang memiliki penyakit asma atau jantung sebelumnya dan memperparah nya lebih lagi. Menurut The Journal of Inverstigative Medicine mengatakan bahwa PM 2,5 ini dapat menimbulkan penyakit kanker pada mulut.

Tinggalkan komentar