Pengertian Paragraf

Pengertian Paragraf

Paragraf yaitu bagian dari suatu karangan yang memiliki satu pikiran utama yang dinyatakan dengan kalimat topik yang di rangkaikan dengan kalimat pendukung atau penjelas yang runtut, logis, jelas, dan memenuhi persyaratan gramatikal dalam membangun satu kesatuan makna yang utuh.

Atau Paragraf adalah bagian dari karangan, memiliki gagasan yang lebih tinggi atau lebih luas daripada kalimat. Pada umumnya paragraf terdiri dari sejumlah kalimat yang berkaitan untuk mengungkapkan sebuah gagasan tertentu.

Pada umunya dalam penulisan paragraf menggunakan jarak spasi atau menjorok kedalam. spasi yang digunakan yaitu 5 spasi. Kata lain dari paragraf adalah alenia.

Dari pengertian diatas memiliki makna yang sama hanya saja penjelasannya saja yang berbeda. Didalam paragraf terdapat gagasan utama dan gagasan penjelas. Ingat teman-teman gagasan utama itu sama dengan gagasan pokok. Nama lain dari gagasan utama yaitu gagasan pokok, ide pokok. Begitu juga dengan gagasan penjelas, nama lain gagasan penjelas yaitu gagasan pendukung.

Jadi jangan bingung apakah gagasan pokok dan gagasan utama itu berbeda ? dan apakah gagasan penjelas dan gagasan pendukung itu berbeda ? Jawabannya adalah sama.

Gagasan utama atau gagasan pokok terbagi menjadi 3 bagian yaitu Deduktif (awal) , Induktif (akhir) dan campuran (awal dan akhir). Contoh gagasan utama atau gagasan pokok bisa kamu lihat di halaman ini.

Tujuan Pembentukan Paragraf

  1. Memudahkan dalam pemahaman dan pengertian pada satu tema ke tema yang lain
  2. Memisahkan dan menegaskan perkataan secara wajar dan formal, untuk memungkinkan kita berhenti lebih lama daripada perhentian di akhir kalimat. Dengan adanya perhentian di kalimat, konsentrasi terhadap tema paragraf lebih terarah.
  3. Dalam satu paragraf hanya boleh mengandung satu tema, tidak boleh mengandung 2 tema. Jika terdapat 2 tema dalam satu paragraf maka harus di pisahkan menjadi 2 paragraf.

Jenis-jenis Paragraf

Paragraf terdiri dari 5 jenis paragraf yaitu :

  1. Paragraf Narasi merupakan paragraf yang menjelaskan atau menguraikan suatu bagian-bagian peristiwa berdasarkan urutan waktu.
  2. Paragraf Deskripsi merupakan paragraf yang bertujuan menampilkan gambaran dari sebuah objek nyata atau objek asli nya, agar pembaca seolah-olah membayangkan sendiri objek yang digambarkan.
  3. Paragraf Argumentasi merupakan paragraf yang mengungkapkan pikiran, ide dan pendapat berdasarkan bukti yang fakta.
  4. Paragraf Persuasif merupakan paragraf yang bertujuan untuk menyakinkan dan membujuk seseorang agar melakukan sesuatu yang dikehendaki penulis.
  5. Paragraf Eksposisi merupakan paragraf yang memberikan penjelasan secara singkat dan padat dengan menggunakan bahasa yang mudah di pahami.

Sudah pahamkan tentang paragraf ? Kesimpulannya adalah di dalam paragraf terdapat gagasan pokok atau gagasan utama dan gagasan penjelas. Untuk menentukan gagasan utama pada paragraf terdapat 3 bagian yaitu Deduktif, induktif dan campuran.

Didalam paragraf memiliki jenis-jenis paragraf berdasarkan isinya. seperti paragraf Narasi, Paragraf Deskripsi, Paragraf Argumentasi, Paragraf Persuasif dan Paragraf Eksposisi. Semua ini berhubungan dalam satu paragraf. Dan ini dari semua nya adalah paragraf.