Pengertian Etika Menurut Beberapa Ahli

hai sahabat semua, apa kabar ? kali ini pembahasan kita ialah tentang Etika menurut beberapa ahli yang diambil dari beberapa kutipan buku. Saya juga akan menambahkan beberapa Daftar pustaka berdasarkan buku yang saya kutip dan beberapa buku yang saya sarankan untuk dipelajari tentang etika ini.

etika ? pasti tidak asing lagi dengan kata etika. apa sih itu etika ?? pasti kalian semua sudah tahu kan.

Etika itu biasa sering dibilang moral, sikap, norma, sopan santun. Etika tidak hanya didapatkan di keluarga saja, tetapi juga didapatkan disekolah, lingkungan dan sebagainya. nah langsung saja sih pengertian etika menurut para ahli .

Pengertian Etika

Secara Leksikal, kata etika bermakna sebagai “ilmu pengetahuan tentang asas-asas akhlak(moral)” menurut (poerwadarminta, 1953), etika juga bermakna sebagai :

  1. ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk, serta tentang hak dan kewajiban moral (akhlak)
  2. kumpulan asas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak
  3. nilai mengenai benar dan salah yang dianut suatu golongan atau masyarakat

Menurut Zain Badudu(1994), bahwa etika bermakna sebagai :

  1. ilmu tentang apa yang baik dan apa yang buruk oleh masyarakat luas
  2. ukuran nilai mengenai yang salah dan yang benar sesuai dengan anggapan umum(anutan) masyarakat.

menurut Sujarwa(2010), kata etika dalam bahasa Indonesia sering dipadankan dengan pengertian kata ethos yang kemudian dikombinasikan dengan dengan kata lain sehingga membentuk pemahaman ethos kerja, ethos profesi, ethos bisnis, dan sebagainya. Pada konteks yang demikian, maka makna etika lebih dekat dengan perihal dedikasi dan loyalitas.

Adapun pengertian etika yang lebih dekat maknanya dengan aktivitas sosial adalah berkaitan dengan moral. Kata moral berasal dari bahasa Latin mos (jamak:mores)yang berarti : kebiasaan, adat . Dalam bahasa Inggris dan banyak bahasa lain, termasuk bahasa Indonesia (Depdikbud, 1988), kata mores masih dipakai dalam arti yang sama. Jadi, secara etimologis memiliki makna yang sama, namun berasal dari bahasa yang berbeda yaitu dari bahasa Yunani dan bahasa Latin. Jadi dalam pengertian ini etika dan moralitas sama-sama berarti sistem nilai tentang bagaimana manusia harus hidup baik sebagaimana layaknya manusia yang telah diinstitusionalisasikan(dilembaga) dalam sebuah adat kebiasaan yang kemudian terwujud dalam pola perilaku yang tetap dan terulang dalam kurun waktu yang lama sebagai suau kebiasaan.

Menurut Bertens (2007), sebagai suatu sains, istilah etika berasal dari kata ethos yang dalam bahasa Yunani Kuno bentuk tunggalnya mempunyai banyak arti, yaitu tempat tinggal yang biasa, padang rumput, kandang, kebiasaan, adat, akhlak, watak, perasaan, sikap dan cara berpikir. Dalam bentuk jamak kata to etha artinya adalah adat kebiasaan. Arti kata tersebut oleh Filsuf Yunani, Aristoteles (384-322 S.M), dijadikan latar belakang bagi terbentuknya istilah etika dan sudah dipakai untuk menunjukkan filsafat moral. Jadi, jika dibatasi pada asal usul katanya, kata etika mengandung pengertian sebagai ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan. Jadi etika menurut Bertens (2007) adalah ilmu yang membahas dan mengkaji nilai dan norma-norma konkret yang menjadi pedoman dan pegangan hidup manusia dalam seluruh kehidupannya, yaitu berkaitan dengan perintah dan larangan langsung yang bersifat konkret.

menurut Franz Magnis Suseno (Keraf, 1998), bahwa etika adalah sebuah ilmu dan bukan ajaran sehinga secara tidak langsung memberi perintah konkret sebagai pegangan siap pakai atau bisa dirumuskan sebagai refleksi kritis dan rasional mengenai :

  1. nilai dan norma yang menyangkut bagaimana manusia harus hidup baik sebagai manusia;
  2. masalah-masalah kehidupan manusia dengan mendasarkan diri pada nilai dan norma-norma moral yang umum diterima.
  3. etika berarti juga kumpulan asas atau nilai moral yang dalam hal ini biasa disebut dengan kode etik. misalnya : kode etik guru, kode etik wartawan, kode etik dokter, kode etik rumah sakit.

DAFTAR PUSTAKA

Syarief, Akhmad., 2014, Etika Profesi Pendidikan, LaksBang PRESSindo, Yogyakarta.

W.J.S. Poerwadarminta.,1985 Kamus Umum Bahasa Indonesia, PN Balai Pustaka,
Jakarta

Badudu J.S dan Zain, Sutan Mohammad,. 1996. Kamus Umum Bahasa
Indonesia
, Pustaka Sinar Harapan, Jakarta

Agoes, Sukrisno., 2012, Etika Bisnis dan Profesi., Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Ernawan, Erni R., 2016, Etika Bisnis, Alfabeta, Bandung

Magnis, Frans, Suseno., 2016, Etika Politik , Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

sekian penjelasan tentang pengertian etika menurut pendapat beberapa ahli, semoga bermanfaat dan menambah wawasan bagi kita semua.

nah selanjutnya, kami juga akan membahas tentang apa perbedaan Etika dan Etiket, dan teori-teori yang ada pada artikel selanjutnya. Ditunggu ya teman-teman.

SELAMAT BELAJAR

Exit mobile version