Pengertian dan Sejarah Logaritma yang Perlu Kamu Ketahui

Selamat malam pada kesempatan kali ini afrizatul.com akan memberikan kamu sebuah materi

Logaritma
Logaritma

Dari sebuah pelajaran yang tidak kamu sukai yaitu matematika

Perkembangan ilmu matematika saat ini dinilai sudah berkembang sangat pesat jika dulu kita belajar matematika hanya untuk hitung menghitung nilai angka dan segala sesuatu yang masih sangat dasar sekarang perkembangan ilmu matematika sudah melampaui ekspektasi para ilmuwan.

Namun demikian tidak dipungkiri bahwa dasar dari matematika adalah penalaran penalaran yang logis atas sistem matematis.

penalaran ini dikumpulkan oleh para ahli yang diperoleh atas realitas kehidupan yang terjadi juga yang dirasakan oleh manusia perkembangan aplikasi pada bagian matematika ini sangat sangat dirasakan oleh manusia di berbagai aspek kehidupan.

Pengertian logaritma

Seperti kita ketahui logaritma adalah operasi matematika yang juga merupakan kebalikan dari eksponen atau pemangkatan.

Sejarah logaritma

jika ditinjau dari asal-usul katanya maka algoritma mempunyai sejarah yang agak aneh orang hanya menemukan kata algorism yang berarti proses menghitung dengan angka Arab

dalam sejarahnya jika seseorang menghitung menggunakan angka Arab maka dia disebut sebagai algorism.kita ketahui bersama penemu algoritma adalah abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa al-khawarizmi.

Di negara barat sana beliau lebih dikenal dengan sebutan algorism

Panggilan inilah yang kemudian menjadi konsep dasar algoritma yang ditemukan

Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa Al khawarizmi lahir pada tahun 770 dan wafat pada tahun 840 di khwarizm. Yang merupakan kota di selatan sungai oxus yang sekarang usbekistan

buku karya Muhammad Ibnu Musa Al khawarizmi yang digunakan di barat berjudul Al-jam  bi  hisab Al hind.

buku tersebut merupakan karya yang sangat sangat gemilang dari matematikawan muslim Muhammad Ibnu Musa Al khawarizmi

Sejarah kemudian berlanjut gimana seorang bernama John napier yang merupakan ahli matematika berkebangsaan inggris lahir di merchiston  student castle eidenburg

Napier pada usia 13 tahun menyelesaikan sekolahnya di Perancis dan kemudian dia meneruskan ke universitas di Scotland.

kemudian tepat di tahun 1612 masehi dia menemukan sebuah sistem yang diberi nama logaritma yang kita tahu bersama logaritma berasal dari nama Muhammad Ibnu khawriz

Pada tahun 1014 John napier menerbitkan buku tentang logaritma hal ini disambut dengan sangat antusias mereka para ilmuwan pada saat itu.

Jhon Napier   kemudian meninggal pada tahun 1617 di usianya yang ke 67 tahun dia kemudian dimakamkan eidenburg.

Berikut diatas  adalah sejarah dari logaritma  yang mungkin kamu harus tahu, semoga bermanfaat untuk kamu dan bisa dijadikan kamu tambah semangat dalam belajar.

Tinggalkan komentar