Pengertian Augmented Reality

pengertian augmented reality menurut beberapa ahli

Halo teman-teman semuanya, selamat datang kembali di blog afrizatul bersama saya Bayu Afrizatul Rizki. Disini saya akan berbagi mengenai augmented reality yang kebetulan juga merupakan judul tugas akhir (TA) atau skripsi saya yang alhamdulillah telah selesai.

Perkenalan sedikit ya, saya saat ini kuliah di salah satu universitas di riau dengan jurusan atau program studi teknik informatika. Jika kita ada di jurusan yang sama tentunya tak asing lagi sudah banyak mahasiswa/i mengambil judul mengenai augmented reality.

Disini saya akan menjelaskan secara rinci terkait augmented reality, seperti apa itu augmented reality, bagaimana cara kerjanya, dan juga bagaimana cara membuatnya.

Jadi jangan heran kalau nantinya materi di blog ini akan sangat panjang dan mungkin saya akan membagi ke beberapa bagian agar teman-teman tidak cepat bosan.

Oh iya, spesial untuk teman-teman semua disini saya juga akan memberikan demo aplikasi yang telah saya buat sehingga dapat dijadikan referensi sebagai acuan pembuatan aplikasi augmented reality.

Sebelum ke pembahasan cara membuat augmented reality kita harus tau dulu apa sih itu augmented reality?

Yuk simak pembahasan lengkap mengenai augmented reality berikut ini.

Pengertian Augmented Reality

Augmented Reality (AR) adalah sebuah teknologi yang memproyeksikan benda dua dimensi maupun tiga dimensi sehingga dapat menggabungkan antara dunia nyata dan dunia virtual. Dengan adanya augmented reality akan membantu kita untuk berinteraksi melalui benda maya ke dunia nyata dan membuat batas antar keduanya menjadi lebih tipis.

Bingung? Intinya seperti ini, Dengan memanfaatkan teknologi augmented reality ini akan membantu kegiatan kehidupan sehari-hari kita menjadi lebih mudah. Contohnya saja ketika kita ingin mendaftar kuliah ke salah satu kampus dan mendaftar di jurusan teknik informatika.

Biasanya kita akan diberikan foto mengenai letak, bentuk, dan juga prasarana apa saja yang ada di gedung tersebut. Jika diterapkan ke augmented reality, kita tidak hanya bisa melihat bentuk gedung berupa foto atau dua dimensi. Kita bisa melihat bentuk gedung dengan tiga dimensi dan melihat segala sisi gedung dengan mudah.

Tidak hanya bentuk gedung saja, kita juga dapat mengetahui informasi dan juga ruangan apa saja yang ada disana dengan bantuan augmented reality.

Contoh lainnya adalah aplikasi augmented reality pakaian adat, kita dapat melihat secara leluasa dan interaktif bagaimana bentuk dari baju dari masing-masing suku di indonesia.

Ada banyak sebenarnya aplikasi augmented reality yang telah dibuat oleh beberapa orang yang bisa teman-teman cari sendiri misalnya: di Youtube, Instagram, Facebook, Jurnal, dan juga mungkin di Kampus kamu sendiri. Cobalah untuk berkunjung ke perpustakaan untuk mencari referensi dan rujukan mengenai augmented reality atau AR ini.

Pengertian Augmented Reality Menurut Para Ahli

Sekarang kita akan melihat pengertian augmented reality menurut para ahli yang telah saya rangkum dari beberapa jurnal penelitian tentang augmented reality.

Augmented Reality adalah sebuah konsep yang mencitrakan gambar tiga dimensi yang seolah nyata. Proses ini bisa diperinci menjadi beberapa proses dan komponen. Untuk mencitrakan gambar tiga dimensi tersebut, sistem Augmented Reality terlebih dahulu harus melakukan penglihatan atau vision terhadap lingkungan yang padanya akan dicitrakan objek virtual. kemudian, dilakukanlah proses tracking terhadap objek spesifik yang menentukan letak citraan objek virtual tersebut. Kemudian, objek tersebut akan dikenali, atau dianalisis. Setelah dikenali dan dianalisis posisi dan orientasinya, maka komputer akan melakukan proses pencitraan objek tersebut, dan akan tampak pada perlengkapan display.

Azuma (Emerging Technologies of Augmented Reality: Interfaces and Design).

Augmented Reality adalah teknologi yang menggabungkan benda maya
dua dimensi ataupun tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata.

(Wolfgang Hohl, 2009)

Augmented Reality adalah menggabungakan dunia nyata dan virtual,bersifat interaktif secara real time, dan merupakan animasi 3D.

(Oliver Schreer, 2005)

Augmented reality adalah sebuah istilah untuk lingkungan yang
menggabungkan dunia nyata dan dunia virtual yang dibuat oleh komputer sehingga batas antara keduanya menjadi sangat tipis.

(Rizky Zulkarnaen, 2010)

Augmented Reality adalah system
yang memilki karakteristik sebagai berikut:
a. Menggabungkan lingkungan nyata dan virtual
b. Berjalan secara interaktif dalam waktu nyata
c. Integritas dalam tiga dimensi (3D)

Ronald Azuma (1997)

Augmented Reality (AR) menurut secara garis besar terbagi dalam 3 bidang, yaitu teknologi tracking, teknologi penampilan dan teknologi interaksi. Dalam sistem AR sistem koordinat yang dipakai adalah model pinhole camera atau kamera lubang jarum (Persa, 2006). Dimana pada model ini sumbu z positif berada di depan dan yang menjadi acuan adalah posisi marker jika dilihat dari kamera. Dalam menampilkan objek 3D yang sesuai dengan posisi dan orientasi marker, perlu diperhitungkan hasil proyeksi yang diterima viewplane (bidang proyeksi di layar) untuk kemudian ditampilkan.

Feng (2008)

Nah itulah pengertian dan pembahasan yang telah kita pelajari bersama mengenari teknologi augmented reality.

Untuk mempersingkat waktu artikel selanjutnya mengenai : Sejarah Augmented Reality yang akan kita bahas pada kesempatan berikutannya.

Semoga dapat mudah dipahami ya. Terimakasih

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com