Pengenalan Database Mysql

Pada kali ini, kita akan membahas tentang apa itu database dan apa saja yang terdapat pada database.

DATABASE adalah sebuah struktur  yang umumnya terbagi dalam 2 hal, yaitu sebuah database flat dan sebuah database relasional. Database relasional lebih mudah dipahami daripada database flat, karena database relasional mempunyai bentuk yang sederhana serta mudah dilakukan operasi data. Mysql sendiri adalah sebuah database relasional. Database yang memiliki struktur relasional terdapat tabel- tabel untuk menyimpan data. Pada setiap tabel terdiri dari kolom dan baris serta sebuah kolom untuk mendefenisikan jenis informasi apa yang harus disimpan.

Mungkin banyak pertanyaan, Mengapa harus menggunakan database ? itu pertanyaan yang akan keluar dipikiran kita saat pertama kali mempelajari database. database akan menjadi sangat berguna saat anda perlu menyimpan informasi yang dikategorikan secara logis. contohnya, jika anda ingin menyimpan informasi tentang data sekolah atau data private school , dengan database anda bisa mengelompokkan berbagai hal dalam bisnis menjadi beberapa tabel.DATABASE RELASIONAL

Database Relasional

ketika menggunakan software sistem manajemen database terkomputerisasi, umumnya menggunakan database relasional. database relasional adalah informasi dibagi menjadi beberapa data yang terpisah secara logis. Data- Data yang terpisah tersebut diletakkan dalam bentuk tabel. keunggulan penyimpanan data menggunakan database relasional sangat banyak dibandingkan dengan penyimpanan ke satu tabel ukuran besar dua dimensi (yang disebut file flat) seperti didokumen Word atau Spreadsheet Excel.

salah satu keunggulan utama database adalah berkurangnya redundansi data. konsekuensinya tidak hanya ruang penyimpanan harddisk menjad berkurang, tetapi kecepatan pemrosesan data juga berkurang. selain itu, ada kelebihkan lainnya, yaitu :

  1. Fleksibilitas
  2. Simple
  3. Power
  4. Kemudahan Manajemen.

Tabel

Tabel adalah inti konsep database. Tujuannya adalah menyimpan informasi. tabel satu dengan tabel lainnya bisa dihubungkan. satu database bisa mengandung banyak tabel dalam jumla tak terbatas. jumlah record dalam tabel juga umunya dibatasi, batas hanya pada kapasitas disk yang digunakan. tiap tabel memiliki beberapa kolom dan baris. setiap kolom menentukan nilai-nilai apa yang bisa disimpan. dan setiap baris mengandung nilai untuk kolom-kolom yang ditentukan ditabel.

MENGENAL MYSQL

MySQL database server adalah RDBMS (Relasional Database Management system) yang dapat menangani data yang bervolume besar. Mysql adalah databse yang paling populer diantara database – database lainnya. MySQL adalah program database yang mampu mengirim dan menerima data dengan sangat cepat dan multi user.MySQL memiliki dua bentuk lisensi, yaitu free software dan shareware.

Kelebihan dan Keuntungan memakai MYSQL

  1. MySQL merupakan server tercepat.
  2. MySQL merupakan system manajemen database yang OpenSource
  3. MySQL mempunyai performa yang tinggi tapi simple
  4. MySQL mengerti bahasa SQL ( Structured Query Language).
  5. MySQL dapat diakses melalui protocol ODBC (Open Database Connectivity) buatan Microsoft.
  6. semua klien dapat mengakses server dalam satu waktu.
  7. MySQL merupakan database yang mampu menyimpan data berkapasitas besar, sampai berukuran Gigabyte.

SELANJUTNYA BAGAIMANA MEMULAI MySQL ?????

untuk memulai Mysql dibahas pada tahap selanjutnya . semoga bermanfaat 🙂

Kategori Mysql

Tinggalkan komentar