Pemerintah Akan Membagikan 500.000 Rice Cooker Secara Gratis

Pemerintah Akan Membagikan 500.000 Rice Cooker Secara Gratis
Pemerintah Akan Membagikan 500.000 Rice Cooker Secara Gratis

Program pemerintah yang akan memberikan bantuan sosial berupa rice cooker kepada masyarakat yang membutuhkan. Simak informasi selengkapnya di bawah ini!

Berdasarkan informasi terbaru per tanggal 21 November 2023, pemerintah telah mengonfirmasi bahwa pembagian rice cooker gratis akan dimulai akhir bulan ini. Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bapak Arifin Tasrif, menyatakan bahwa sebanyak 500.000 rice cooker saat ini dalam tahap pengadaan melalui e-katalog Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP).

Pembagian rice cooker ini diharapkan dapat dimulai pada penghujung bulan November hingga pertengahan bulan Desember 2023. Proses pengadaan ini dilakukan dengan mematuhi regulasi yang telah diatur dalam peraturan Menteri ESDM nomor 11 tahun 2023.

Baca juga : Bukan Hanya PKH dan BPNT: 2 Bantuan Sosial Menarik Lainnya Akan Segera Diberikan

Spesifikasi dan Kriteria Rice Cooker

Penerima program ini akan mendapatkan satu set rice cooker beserta buku pengoperasian, kartu garansi, dan brosur yang berisi rekomendasi pola pemakaian. Rice cooker yang akan dibagikan memiliki spesifikasi tertentu, seperti kapasitas pengenal 1,8 sampai 2,2 liter, dilengkapi dengan stiker hibah Kementerian ESDM, dan diutamakan produk dalam negeri.

Syarat untuk Mendapatkan Rice Cooker Gratis

Meskipun pemerintah akan membagikan rice cooker secara cuma-cuma, terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi masyarakat untuk masuk sebagai penerima. Termasuk di antaranya adalah golongan tarif listrik, domisili di wilayah dengan pasokan listrik 24 jam, dan menjadi rumah tangga yang belum memiliki alat memasak berbasis listrik sebelumnya.

Harapan dan Manfaat Program

Harapan dan Manfaat Program
Sumber : Money Kompas

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan, Jisman P. Hutulu, menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk menjamin akses energi yang berkelanjutan, andal, dan terjangkau. Selain itu, program ini diharapkan dapat mengurangi impor liquified Petroleum gas (LPG) yang digunakan untuk memasak, meningkatkan konsumsi listrik per kapita, dan mendukung teknologi memasak yang lebih bersih.

Demikianlah update terbaru terkait program pemerintah dalam memberikan 500.000 rice cooker secara gratis kepada masyarakat yang memenuhi syarat. Apakah Anda termasuk yang sudah menerima bantuan ini?