Mobile Legends Keluar Sendiri

mobile legends keluar sendiri

Biasanya saya main ML atau mobile legends di hp android xiaomi saya yang memiliki RAM 3 GB tidak pernah keluar sendiri. Tetapi setelah update baru-baru ini tidak tau kenapa ketika lagi asiknya main dan ada chat whatsapp, Lalu saya pindah ke whatsapp kemudian buka mobile legends lagi eh ngulang dari awal alias dari logo montoon.

Pastinya ini bikin jengkel sekali ya apalagi saat itu salah satu tim kita ada yang afk dan kemungkinan untuk menang sangat tipis ditambah lagi kita yang afk karena nge-relogin atau ngulang dari awal.

Untuk masuk ke game dari mulai logo moonton tentunya menguras kurang lebih 2-5 menit, Singkat memang tetapi untuk waktu segitu sudah cukup bagi musuh untuk menghancurkan setengah bahkan sampai ke tower base kita.

Jadi, kebanyakan dari pemain game mobile legends termasuk saya penyebab kekalahannya yaitu afk, jaringan, dan yang akan kita bahas saat ini yaitu ml keluar sendiri secara tiba-tiba.

Lalu kenapa sih aplikasi game mobile legends itu bisa keluar dan ngulang dari awal sendiri? Ada banyak faktor yang akan afrizatul bahas selengkapnya berikut ini.

Baca juga : Cara Mengatasi Akun Mobile Legends Nabrak (Tertimpa)

Faktor Penyebab Mobile Legends Keluar dan Ngulang dari Awal

mobile legends ngulang dari awal logo monton
Mobile Legends Ngulang dari Awal logo Moonton

Untuk beberapa jenis smartphone mungkin saja memiliki penyebab yang berbeda-beda. Tapi disini saya akan membahas masalah umum yang sering terjadi di smartphone xiaomi, Untuk hp android jenis lain seperti: asus, oppo, samsung dll juga mungkin terdapat masalah yang sama.

Baca juga : Pubg Tidak Bisa Pakai Wifi? Berikut Cara Mengatasinya

1.Kapasitas RAM Rendah

Kapasitas atau ukuran dari smartphone android memang sangat dibutuhkan dalam bermain game, Jadi untuk kamu yang memiliki hp android dengan spesifikasi yang pas-pasan atau lebih rendah dari minimum spek yang disarankan sangatlah wajar.

Tetapi kamu tidak perlu kecewa karena ada cara agar ketika kamu memainkan game ml menjadi lebih lancar dari pada biasanya. Nanti kita akan bahas bagaimana caranya secara lengkap pada step selanjutnya.

2.Ruang Penyimpanan Penuh

Adapun yang berkaitan dengan RAM maka tak jauh-jauh dari storage atau penyimpanan internal. Untuk bermain game mobile legends sendiri saya sarankan menyediakan ruang penyimpanan lebih dari 5GB, kenapa? karena ini agar menampung beberapa file tambahan dari game tersebut seperti map, asset seperti skin dll.

File tambahan mobile legends ini bisa kamu jumpai ketika mendownload aplikasi pertama kalinya di google playstore (ini dinamakan file aplikasi). Jika sudah terinstal dan kamu buka pastinya kamu akan secara otomatis mendowload file tambahan yang ditampilkan pada bagian kanan bawah lobby game.

Ukuran dari file tambahan ini juga beragam mengingat game mobile legends yang terus berkembang dan memperbarui gamenya untuk meningkatkan pengalaman bermain yang lebih optimal serta menyenangkan para gamers.

3.Membatasi Latar Belakang

Terkait poin yang satu ini, Saya juga kurang tau apakah semua jenis hp android memiliki fiturnya. Tetapi sejauh ini saya rasa semua sudah punya fitur latar belakang aplikasi yang berguna untuk mengatur apakah aplikasi tertentu dapat dijalankan dan diproses pada latar belakang.

Apa itu proses latar belakang aplikasi? Ini merupakan sebuah proses yang akan mempertahankan aplikasi terkait menjadi terbuka padahal aplikasi tidak kita buka namun masih tersimpan dan terdeteksi masih tetap dijalankan oleh sistem.

Contoh sederhananya adalah ketika kita membuka game mobile legends tentunya memulai dari logo moonton, splash loading, kemudian masuh ke lobby. Nah, jika kita membuka aplikasi yang lain seperti whatsapp (pastikan juga game mobile legends sudah kita kunci di log aplikasi) dan membuka game mobile legends kembali tetap akan berada di lobby.

Berbeda halnya jika kita membatasi aplikasi game mobile legends tersebut dan tidak mengijinkannya berjalan di latar belakang yang akan menghentikan atau menutup paksa aplikasi ketika kita berpindah ke aplikasi lain. Caranya akan kita bahas di bawah..

Itulah faktor penyebab yang umum terjadi pada setiap hp android dan mengakibatkan game mobile legend sering keluar sendiri dan ngulang dari awal pertama kali (relog). Sekarang kita atasi caranya dengan tips yang akan afrizatul bahas berikut ini.

Cara Mengatasi Mobile Legends Keluar Sendiri (Relogin)

Baca juga : Kata Kata Mobile Legends

Jadi gimana? apakah dari faktor penyebab diatas memang kamu alami pada hp android kamu? Jika benar iya mari kita coba untuk mengatasinya, karena apa salah nya mencoba bukan siapa tau berhasil.

1. Bersihkan File Cache Mobile Legends

File cache adalah file yang menyimpan semua history aktivitas yang kita lakukan di dalam sebuah aplikasi. Jadi sederhananya semakin lama aplikasi di hp kita dan semakin sering kita buka atau gunakan maka semakin banyak pula ukuran dari file cache tersebut.

Maka sangat direkomendasikan untuk membersihkan log dari cache ini khususnya game mobile legends secara rutin untuk menyegarkan ruang penyimpanan kita. Baiklah ini cara membersihkan file cache di smartphone android xiaomi S2.

  • Pergi ke menu Pengaturan atau Setelan
  • Lalu Apl > Kelola Aplikasi
  • Ketik di kolom pencarian “Mobile Legends
  • Tap pada aplikasinya lalu pilih Hapus data > Bersihkan cache

Itulah cara mudah menghapus file cache pada aplikasi game mobile legends, Tak hanya file cache saja yang berpengaruh besar dalam ruang penyimpanan ada banyak sekali jenis file yang ada pada hp kita. Silahkan simak berikut ini..

2.Menggunakan Aplikasi Pembersih

Jika kamu pengguna xiaomi tentunya sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, Yap.. benar sekali aplikasi pembersih ini sangat berguna untuk mendeteksi sekaligus membersihkan file yang tidak penting di hp android kita.

  • Buka Aplikasi Pembersih
  • Centang bagian yang ingin dibersihkan
  • Lalu pilih Bersihkan (dan jumlah ukurannya).

Secepat itu jika kita melalui aplikasi pembersih, Bagian yang akan dibersihkan diantaranya adalah file berkas cache, berkas tak berguna, paket, sisa, dan juga memori.

Tidak hanya itu, Tersedia juga fitur Pembersih Facebook, Pembersih WhatsApp, Uninstall Apl dan Pindai keamanan.

3.Mengatur “Tidak Ada Pembatasan” di Game Mobile Legends

Sebenarnya pembatasan di xiaomi ini bertujuan agar daya baterai pada hp android kita menjadi lebih tahan lama. Tentu saja, karena setiap aplikasi yang tidak kita buka tidak akan dijalankan dan fokus pada satu aplikasi terbuka saja.

Namun, ada kalanya kita mengatur agar aplikasi itu tidak tertutup dan dapat dijalankan di proses latar belakang seperti game mobile legends ini. Berikut cara mengaturnya yang dapat kita lakukan langsung dari hp xiaomi:

  • Masuk ke Pengaturan > Apl
  • Lalu Kelola Aplikasi > Mobile Legends
  • Tap pada Penghemat Baterai MIUI
  • Pilih Tidak ada pembatasan

Disana sudah diberikan penjelasan mengenai pembatasan ini yang mana pada bagian Penghemat baterai (rekomendasi) akan mengidentifikasi aplikasi dan aktivitas yang penting saja dan akan menutup aplikasi yang tidak dijalankan atau tidak penting lainnya secara selektif.

Baca juga : 23+ Game Perang Offline Android Terbaik Paling Baru di 2020

4.Opsi Pengembang

Cara lainnya adalah dengan memanfaatkan fitur yang ada pada opsi pengembang. Fitur ini sendiri digunakan khusus developer jadi sederhananya ini dikhususkan untuk orang yang ingin merubah setelan pada hp lebih jauh lagi.

Pada xiaomi awalnya opsi pengembang sendiri sengaja tidak ditampilkan jadi untuk menampilkannya kita pergi ke Pengaturan > Tentang Telepon > Tap sebanyak 5x pada Versi MIUI hingga muncul pesan “Anda Sudah Menjadi Developer“.

Lalu begini cara masuk ke opsi pengembang di hp xiaomi :

  • Masuk ke Pengaturan
  • Lalu Setelan Tambahan
  • Pilih Opsi Pengembang
  • Scroll ke bawah dan pada bagian Apl hilangkan centang Jangan Simpan aktivitas.
  • Terakhir pada Batas proses latar belakang ubah menjadi Maksimal 4 proses.

Ini berarti setiap aplikasi yang terbuka di hp android kita tetap saja hanya akan ada 4 proses yang diperbolehkan berjalan di latar belakang. Selebihnya akan tertutup secara otomatis.

Jadi pastikan untuk menghapus dan membersihkan log aplikasi yang terbuka di hp kita dengan cara menekan tombol home lalu pilih ikon x atau tanda silang di bagian bawah layar.

5.Mengunci Game Mobile legends di Log Aplikasi

Setelah semua langkah kita lakukan, jangan lupa untuk memberikan simbol kunci yang artinya mempertahankan game ml agar tetap terbuka walaupun kita membersihkan log semua aplikasi.

Untuk memberikan tanda kunci pada game mobile legends di log aplikasi dengan smartphone xiaomi sangatlah mudah, Ikuti cara berikut ini:

  1. Pastikan telah membuka Game Mobile Legends.
  2. Kemudian Tap pada tombol home maka log semua aplikasi yang terbuka akan ditampilkan.
  3. Lalu pilih dan tahan pada game mobile legends.
  4. Dan tap pada Ikon gembok.

Maka otomatis game mobile legends akan terkunci di hp kita, untuk menghilangkan tanda kunci tersebut kita dapat melakukan dengan cara yang sama. Selain mengunci aplikasi cara ini juga dapat kita lakukan untuk pergi ke setelan aplikasi dan split layar secara cepat.

Dan itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi game mobile legends yang sering keluar sendiri dan secara mendadak nge-relog dan mengulang dari awal lagi.

Baca juga : 5 Game Perang Sniper Terbaik untuk iOS

Main Game Mobile Legends Sambil Buka Aplikasi Lain

Cara yang saya berikan di atas murni pengalaman pribadi saya sendiri dan terbukti ampuh mengatasi game ml yang sering keluar-keluar sendiri. Sekarang saya pun lebih mudah untuk membalas chat dari aplikasi lain, membuka youtube, mendengarkan musik dll.

Semoga cara di atas dapat membantu teman-teman yang memiliki masalah yang sama dengan yang saya alami ini.

Apabila cara tersebut tidak berhasil dan kamu masih memiliki kendala terkait game mobile legends yang keluar sendiri silahkan berikan komentar di bawah, Jangan lupa untuk membagikan ke teman-teman yang lain ya..

Terima kasih, sampai jumpa pada kesempatan selanjutnya..

Afrizatul Rizki
"Blogger, Wibu, dan Maniak Komputer"