11 Cara Jitu Mengatasi Insomnia Bikin Tidur Lebih Cepat

Tidur memang merupakan aktifitas yang wajib dilakukan dalam hidup ini. Setelah bekerja atau melakukan kegiatan dalam kehidupan sehari-hari.

Jika kamu adalah seorang mahasiswa ataupun pelajar maka aktifitas kamu seperti belajar, mengerjakan tugas, tentu menguras pikiran dan tenaga yang sangat banyak. Apa lagi kamu seorang pekerja berat tentu lebih menguras tenaga lebih lagi.

11 Cara Ampuh Supaya Cepat Tidur
11 Cara Ampuh Supaya Cepat Tidur

Maka dari itu kita perlu tidur, namun sebagian orang ada yang memiliki penyakit insomnia. Sehingga jika kamu mengalami insomnia yang diakibatkan oleh seringnya begadang dan melakukan aktifitas pada malam hari pasti sangat sulit untuk tidur.

Sudah mencoba berbagai cara namun masih saja tetap susah untuk tidur? kamu memilih artikel yang tepat, disini kamu akan dijamin menjadi cepat tidur dan bisa tidur lebih nyaman.

Adapun beberapa cara yang akan afrizatul.com berikan adalah sesuai pengalaman dari afrizatul.com sendiri. Dan terbukti ampuh untuk mengatasi insomnia.

Cara-cara yang afrizatul.com berikan adalah cara alami yang mudah dan tidak akan berhasil jika memang tidak ada niat dari diri sendiri. Jadi, kamu harus menanamkan niat terlebih dahulu kenapa harus cepat tidur? apakah kamu peduli dengan kesehatan mu? jika iya maka tanamkan lah ke dalam hati kamu untuk tidur lebih awal.

Jangan lupa untuk membiasakan cara ini agar tidak hanya sekali saja dan kamu mengulangi hal-hal yang menggangu tidur kamu untuk cepat lainnya.

Adapun beberapa cara yang afrizatul.com berikan bisa kamu pilih salah satu nya yang lebih cocok dan mudah untuk dilakukan oleh kamu. Jangan memilih cara yang justru mempersulit kamu tidur.

1. Menonton Film

Menonton Film

Menonton film juga merupakan salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mengatasi insomnia yang kamu alami. Setelah menonton film yang durasi nya panjang biasanya orang akan bosan dan memilih untuk tidur dan melanjutkannya esok hari. Namun ada juga beberapa orang yang menontonnya hingga habis terlebih dahulu kemudian tidur setelahnya.

Tetapi jika cara ini malah membuat kamu sulit tidur karena kamu malah ingin menonton film dengan waktu yang lebih lama sehingga waktu terasa lebih cepat maka kamu bisa menghindari hal ini dan mencoba cara lainnya.

2. Mendengarkan Lagu Penenang Tidur

Mendengarkan Lagu

Kamu juga bisa mendengarkan lagu dengan irama yang santai dan tidak terlalu berisik karena jika mendengarkan lagu yang berisik maka justru akan membuat kamu lebih sulit untuk tidur.

Dengarkan lah lagu favorit kamu atau kamu juga bisa mendownload nya terlebih dahulu agar jika lagu tersebut sudah selesai langsung memutar lagu selanjutnya tanpa buffering atau hambatan yang bisa mengganggu tidur kamu karena lagunya tiba-tiba berhenti.

3. Melihat Sosial Media

melihat sosial media

Solusi untuk mengatasi sulitnya untuk tidur dan insomnia adalah dengan melihat-lihat sosial media.

Karena sosial media saat ini memang sangat populer dan bisa dikatakan hampir semua orang memiliki sosial media. Seperti : Facebook, Instagram, Twitter, Youtube dan sosial populer lainnya.

Silahkan buka sosial yang biasa kamu buka terlebih dahulu kemudian lihat beberapa video atau apapun yang ingin kamu lihat di sosial media. Biasanya jika seseorang telah melakukan hal yang ingin ia lihat dan tercapai keinginannya maka orang tersebut merasa lega dan akhirnya perasaan lega tersebut membuat kamu cepat untuk tidur.

4. Matikan Semua Gadget

matikan gadget

Cara yang satu ini berkebalikan dengan cara-cara yang telah afrizatul.com rekomendasikan sebelumnya.

Karena menurut survey yang dilakukan oleh afrizatul.com malah gadget sangat berpengaruh untuk membuat seseorang menjadi sulit untuk tidur. Kebanyakan dari mereka mengatakan bahwa gadget akan membuat hati semakin ingin mengetahui apa yang kita cari sehingga ini akan menghabiskan waktu yang banyak.

Matikan segala jenis gadget yang biasa kamu gunakan saat malam hari seperti komputer, laptop, ataupun smartphone kamu jika kamu masih menggunakannya saat ini.

Dengan ini kamu akan berfokus untuk tidur tanpa ada pikiran sama sekali sehingga tidur akan lebih nyaman dan tenang.

5. Membaca Buku

membaca buku

Cara agar cepat tidur lainnya adalah membaca buku. Cara ini memang sangat banyak dilakukan oleh orang untuk mengatasi insomniannya.

Karena pada zaman serba teknologi saat ini menjadikan kegiatan membaca tidak hanya di buku saja. Kamu bisa membaca apapun yang ada pada smartphone kamu seperti : Komik, artikel, cerita, ataupun Jurnal.

Jadi sangat direkomendasikan untuk membaca sesuatu yang bisa juga bermanfaat serta menambah sedikit wawasan kepada kamu. Dengan ini yang kamu lakukan tidak hanya mengatasi cara untuk cepat tidur tetapi kamu juga belajar untuk menambah ilmu pengetahuan.

6. Cuci Muka dan Cuci Kaki

cuci tangan

Ada sebagian orang yang sering melakukan cara ini karena memang cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi insomnia secara cepat.

Caranya kamu bisa mencuci kaki dan muka kamu sehingga lebih segar dan fresh. dengan mencuci kaki dan muka ini maka badan kamu akan memerintahkan otak agar lebih tenang untuk tidur.

Dengan cara ini kamu juga akan menjaga kesehatan tubuh kamu menjadi lebih baik.

Tidak hanya muka dan kaki, kamu juga bisa mencuci tangan ataupun seluruh bagian tubuh yang membuat tubuh kamu akan menjadi lebih segar serta lebih bersih.

7. Minum Air Putih

Minum air

Dari beberapa orang yang afrizatu.com tanyakan tentang bagaimana cara agar cepat tidur mengatakan meminum air putih pada malam hari sebelum tidur juga bisa membuat kamu lebih cepat tidur.

Biasanya cara ini dilakukan oleh orang yang sudah tidur nyenyak kemudian tiba-tiba bangun dan merasakan haus. Oleh sebab itu mereka meminum air putih agar bisa tidur kembali.

8. Mematikan Lampu

matikan lampu

Mematikan lampu juga bisa kamu coba untuk membuat kamu agar lebih cepat tidur.

Cara ini bisa cocok oleh sebagian orang tetapi ada juga yang tidak. Karena kebanyakan orang jika mematikan lampu malah tidak bisa tidur karena kondisi yang sangat gelap dan membuat sesak nafas. Hasilnya mereka menjadi sulit untuk tidur.

Apabila kamu merasa mematikan lampu tidak membuat kamu sesak nafas dan takut akan gelap. Cara ini sangat direkomendasikan karena terbukti ampuh untuk sebagian orang sehingga lebih cepat tidur dengan nyaman.

9. Jangan Main Game

jangan main game

Pada Era saat ini game juga merupakan kegiatan yang sering dilakukan oleh kalangan remaja yang menghabiskan waktu malam nya dengan bermain game.

Bermain game pada saat malam hari juga akan berpengaruh untuk menimbulkan insomnia karena bermain game dengan waktu yang lama akan membuat waktu terasa lebih cepat.

Namun ada sebagian orang mengatakan mereka akan tidur jika telah selesai bermain game terlebih dahulu, Afrizatul.com menyarankan kepada kamu jika ingin bermain game berikanlah target jam berapa kamu harus tidur setelah bermain game tersebut.

10. Jangan Merokok

jangan merokok

Merokok memang merupakan hal yang tidak asing lagi bagi semua orang. Bagi kamu para perokok jika ingin tidur lebih cepat maka hindarilah merokok saat tidur. Karena merokok akan menimbulkan insomnia yang membuat kamu akan sulit untuk tidur.

Biasanya seseorang akan merokok yang menurutnya akan membuat pikiran menjadi lebih rileks dan membuatnya nyaman. Tetapi bila kamu masih juga ingin merokok pada malam hari. Maka merokoklah dengan sewajarnya jangan berlebihan.

Buat kamu yang bukan para perokok kamu bisa melewatkan cara yang satu ini, kamu bisa menggunakan cara lain yang telah afrizatul.com berikan.

11. Jangan Minum yang mengandung Alkohol

jangan minum alkohol

Selain meminum kopi meminum yang mempunyai kandungan alkohol lainnya juga akan mempengaruhi tidur kamu. Untuk itu hindari lah minum-minuman yang mengadung alkohol ini.

Karena biasanya orang yang meminum alkohol setelah berkumpul dengan teman-teman, menghadiri pesta atau parti lainnya akan membuat mereka lebih sulit untuk tidur.

Menghindari minum-minuman alkohol juga tidak hanya membuat kamu lebih mudah untuk tidur tetapi juga akan membuat tubuh kamu supaya menjadi lebih sehat.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara atau solusi yang telah afrizatul.com dari beberapa sumber yang pernah mengalami insomnia atau susah tidur. Cara-cara tersebut bisa kamu pilih dan sesuaikan sendiri untuk mempermudah kamu untuk tidur. Dan juga jangan lupa untuk tidak melakukan hal-hal yang bisa mengganggu tidur kamu untuk tidur lebih cepat apalagi mengganggu kesehatan kamu.

Jika kamu merasa artikel ini bermanfaat jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu. Atau jika kamu punya cara lain kamu bisa memberikan komentar dibawah. Jadi siap untuk tidur lebih cepat?

YAKIN GAK MAU KOMENTAR?