Tips Sebelum Membeli HP Secara Online di Internet dengan Aman

Tips Membeli HP Online

Saat ini hampir setiap orang membeli barang atau produk secara online lewat internet, Karena kamu cukup menginstall salah satu aplikasi marketplace seperti shopee, tokopedia, bukalapak dan sebagainya lalu berbelanja lewat hp saja.

Selain mudah, kelebihan lainnya jika kamu berbelanja secara online yaitu kamu dapat dengan bebas memilih toko, produk, dan melihat detail barang yang akan dibeli tanpa perlu beranjak dari rumah yang cukup melelahkan.

Tak hanya itu, harga yang ditawarkan tentu jauh lebih murah dibandingkan barang yang sudah beredar di pasaran karena kamu langsung membeli nya di toko pembuat produk tersebut. Itulah mengapa terdapat perbedaan tipe toko misalnya official, mall, star seller dan yang lainnya.

Mungkin kamu tidak membayangkan bahwa produk elektronik seperti smartphone juga dapat dibeli secara online, namun tentunya kamu harus lebih teliti agar tidak terjadi kerusakan dan hal yang tidak diinginkan lainnya.

Berbeda dengan jenis produk lain seperti baju, celana, topi atau yang tidak mudah pecah. Untuk membeli hp lewat toko online ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui. Simak ulasan yang dikutip dari ceklist.id berikut ini!

Hal yang Perlu Diketahui Saat Membeli HP Secara Online

Disini kami akan memberikan poin-poin penting sebelum membeli barang secara online khususnya smartphone atau hp. Terutama buat kamu yang masih pertama kali mencoba melakukan pemesanan barang berbentuk elektronik.

1. Mengetahui Spesifikasi HP yang Dibutuhkan

Pertama, kamu harus tahu bahwa hp yang mahal belum tentu berguna untuk kamu. Hal ini dikarenakan setiap hp memiliki kelebihan serta kekurangan yang dimilikinya dengan target pengguna berbeda-beda.

Sederhananya, apabila kamu ingin menggunakan hp tersebut hanya untuk mengakses aplikasi standar seperti whatsapp, instagram, facebook dan sebagainya tentunya kamu bisa memilih hp yang cukup untuk memenuhinya.

Namun jika kamu ingin bermain game, atau menggunakan hp tersebut untuk kebutuhan fotografi maka kamu bisa menyesuaikan dari segi ram, memori internal, chipset, kamera yang perlu kamu siapkan.

Tidak perlu bingung apabila kamu tidak memahaminya, silahkan tanyakan hp apa yang pas untuk kamu kepada penjual.

2. Membeli HP di Toko Official

Seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya, setiap marketplace memiliki tipe-tipe toko untuk mempermudah pembeli dalam membedakan toko mana yang memproduksi barang tersebut dan mana yang menjualnya kembali atau biasa disebut reseller dan pihak ketiga.

Jika kamu pakai aplikasi shopee, toko dengan tipe mall adalah toko yang dikelola secara resmi oleh pihak shopee. Di tokopedia toko official adalah toko resmi dari setiap brand atau produk.

Sebenarnya tidak ada masalah jika kamu membeli di toko HP online terpercaya yang bukan official atau resmi karena stok terbatas atau harganya yang lebih mahal. Hanya saja kami tetap merekomendasikan toko official agar mudah dalam menangani apabila terjadi sesuatu pada produk.

3. Mengecek Kelebihan dan Kekurangan HP

Setiap smartphone atau hp diproduksi dengan kelebihan dan kekurangannya tersendiri, ada yang unggul di bidang kamera ada pula yang unggul pada kinerja gaming. Nah untuk itu coba bayangkan apa saja kegiatan yang kamu lakukan pada smartphone tersebut.

Jangan lupa juga mengecek pada bagian aksesoris hp seperti kabel data atau charge, misalnya apakah port type-C, atau port micro usb. Begitu juga kapasitas baterai, atau megapixel kamera,

4. Menentukan Kurir Pengiriman yang Tepat

Bukan hanya pada hp, kamu juga perlu memilih kurir atau pihak ekspedisi yang tepat karena kondisi barang kamu saat tiba bergantung pada penjual dan juga kurir pengiriman.

Ada banyak sekali ekspedisi di indonesia misalnya JNE, JNT, SiCepat, dan yang lain. Silahkan pilih sendiri dari segi harga, maupun pelayanan. Biasanya setiap daerah berbeda-beda.

5. Bertanya Kepada Penjual/Seller Sebelum Order

Sama hal nya ketika kita membeli hp secara langsung ke toko di daerah tempat tinggal. Kamu wajib menanyakan apa saja hal yang kamu ingin tanyakan sebelum memesan hp tersebut.

Biasanya penjual akan menjawab dan memberikan sedikit edukasi kepada customernya yang masih bingung terkait produk yang akan dibeli. Jangan sampai kamu bertanya pada saat hp sudah dikirim ya!

Nah jadi itulah beberapa tips sebelum kamu membeli hp secara online di internet dengan lebih aman. Jika malu bertanya maka kamu akan tersesat di jalan. Kunjungi juga situs ceklist.id untuk menemukan berbagai rekomendasi produk pilihan.

Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com