Contoh Soal Matriks Identitas Ordo 2×2, 3×3 dan Jawabannya

Contoh Soal Matriks Identitas

Pada pembahasan kali ini, afrizatul akan menjelaskan salah satu jenis matriks yaitu materi mengenai Matriks Identitas, apa itu matriks identitas dan bagaimana contoh soal nya.

Terdapat 2 buah contoh soal matriks identitas yaitu matriks dengan ordo 2×2 dan juga ordo 3×3. Untuk matriks dengan ordo lainnya adik-adik bisa mengerjakan soal tersebut dengan cara yang sama.

Apa Yang Dimaksud Dengan Matriks Identitas?

Matriks identitas disebut juga dengan Identity matriks yaitu matriks bujur sangkar yang memiliki entri 1 merupakan diagonal utamanya dan entri 0 yang lainnya. Matriks ini dinotasikan dengan I apabila ukuran penting matriks identitasnya n x n = I n

Sifat matriks identitas yaitu sebuah matriks jika dikalikan dengan matriks identitas maka akan menghasilkan matriks itu sendiri, seperti :

Contoh Matriks Identitas

Contoh matriks identitas yaitu bernilai 1 dan 0, untuk nilai 1 merupakan diagonal utamanya sedangkan 0 merupakan entri yang lainnya.

Contoh Soal Matriks Identitas Ordo 2×2

Diketahui matriks A dengan ordo 2 x 2 kali sebagai berikut, Tentukan matriks identitas dari matrik A !!

Dari hasil diatas yaitu hasil matriks A dikalikan dengan matriks Identitas maka akan menghasilkan matriks A itu sendiri. Perhatikan cara perkalian matriks diatas yaitu kolom dikali baris atau baris dikali kolom.

Baca juga : Contoh Soal Invers Matriks Ordo 2×2 dan 3×3 Beserta Jawabannya

Contoh Soal Matriks Identitas Ordo 3×3

Tentukan hasil dari Matriks A dan Matriks I !!!

Penyelesaiannya :

Untuk pengerjaan matriks identitas berordo 3×3 maka harus mengkalikan dengan metode baris dikali kolom, Hal ini agar hasil dari perkalian menghasilkan matriks itu sendiri.

Kesimpulan : berdasarkan contoh diatas dari matriks yang berordo 2×2 dan juga matriks berordo 3×3, maka matriks identitas adalah :

  1. Matriks identitas yaitu bernilai 1 dan 0 , untuk 1 terletak di diagonal utama sedangkan 0 terletak dibagian lainya, seperti contoh diatas.
  2. Berapun nilai atau entri yang terdapat di matriks A jika dikalikan dengan matriks identitas maka harus menghasilkan matriks itu sendiri yaitu matriks A. Jika salah dan tidak menghasilkan matriks itu sendiri, maka bisa dikoreksi cara pengaliannya.
  3. Cara perkalian matriks sama hal nya dengan matriks yang lain yaitu baris x kolom atau kolom x baris. Namun ini berlaku untuk ordo 2×2, sedangkan ordo 3×3 maka hanya bisa menggunakan cara perkalian baris dikali kolom.

Demikianlah penjelasan mengenai matriks identitas, Matriks ini sangat mudah untuk dipelajari. Tips saat mengerjakan matriks ini yaitu lihat ordo pada matriks dan gunakan cara perkalian yang sudah dijelaskan diatas.

Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com
Exit mobile version