Cara Mengatasi Lupa Password Shopee

Cara Mengatasi Lupa Password Shopee

Buat kamu yang suka belanja secara online lewat marketplace seperti shopee, Pastinya kamu diwajibkan untuk membuat password yang digunakan pada saat pertama kali mendaftar akun shopee. Namun bagaimana jika kita lupa password shopee tersebut?

Seperti yang kita ketahui bahwa bukan hanya di shopee saja yang menggunakan password sebagai cara untuk membuat akun semua akun yang kamu buat di internet menggunakan cara yang sama. Jika tidak password, kata sandi, bisa saja email.

Tujuan dari password tersebut yaitu untuk mengamankan akun yang kita miliki agar tidak disalahgunakan oleh orang lain, Tetapi malah yang sering terjadi pemilik akun tersebutlah yang tidak tahu apa password yang mereka buat.

Dari fungsi password tersebut jelas bahwa tidak akan ada yang bisa mengakses akun seperti akun shopee kita selain orang yang mengetahui apa password dari akun shopee tersebut. Jadi tentu saja kamu juga akan dianggap sebagai orang lain apabila tidak mengetahui passwordnya.

Oleh karena itu untuk menangani hal konyol ini, membuat sebuah akun sosial media diberikan penambahan identitas lainnya seperti nomor hp, email, dan identitas pribadi lainnya. Namun yang paling sering digunakan yaitu nomor hp.

Nomor hp atau email tersebut berguna apabila kamu tidak ingat password shopee yang kamu gunakan maka kamu dapat dengan mudah mengembalikan akun shopee tersebut dengan fitur lupa password yang sengaja disediakan oleh shopee untuk memberikan kemudahan bagi para penggunanya.

Cara Masuk Ke Akun Shopee Yang Lupa Password

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mengakses fitur lupa password di shopee untuk mengembalikan akun yang lupa kata sandinya yaitu melalui aplikasi dan situs website resmi shopee.

Seperti yang telah kami jelaskan di atas bahwa identitas pendukung seperti nomor hp dan email adalah metode yang kita gunakan agar dapat masuk ke akun shopee yang lupa password. Oleh karena itu pastikan kamu masih memiliki nomor telepon atau email yang dikaitkan pada akun shopee kamu.

1. Via Aplikasi Shopee

akun shopee lupa password dan nomor sudah tidak aktif

Apabila kamu menggunakan aplikasi untuk berbelanja di shopee, maka kita memanfaatkannya untuk mengembalikan akun shopee kamu yang lupa password. Jadi silahkan install aplikasi shopee terlebih dahulu di google playstore untuk pengguna android dan appstore untuk ios.

Berikut cara login shopee lupa password di hp android atau ios :

  1. Buka aplikasi Shopee di hp kamu.
  2. Lalu tap pada ikon wajah atau Saya di pojok kanan bawah.
  3. Dan pilih Login.
  4. Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman login akun shopee, silahkan tap pada tulisan Lupa? tepat di sisi kanan kolom password.
  5. Masukkan nomor hp atau email yang telah diverifikasi pada akun shopee kamu sebelumnya.
  6. Buka email kamu atau tunggu beberapa saat hingga kamu menerima sms kode verifikasi jika menggunakan nomor hp.
  7. Dan masukkan kode tersebut ke aplikasi shopee.
  8. Selesai.

Karena ada 2 metode yang dapat kamu pakai maka seharusnya kamu sudah berhasil untuk masuk ke akun shopee kamu yang lupa password. Tetapi jika nomor hp kamu tidak aktif dan kamu tidak dapat mengakses gmail yang digunakan maka silahkan gunakan cara yang akan kami jelakan di bawah.

Bingung nama toko atau username di akun shopee tidak bisa diganti? Baca : Cara Ganti Username Shopee

2. Lewat Situs Website Shopee

Mungkin beberapa diantara kamu tidak terlalu sering berbelanja di aplikasi shopee, sehingga kamu menggunakan situs website shopee untuk mengecek barang yang sedang diskon, membeli barang atau bahkan menjual barang di shopee.

Ternyata kamu juga bisa menggunakan situs shopee untuk mengembalikan akun shopee kamu yang lupa password. Selain mudah cara ini juga dapat kamu praktekkan cukup dengan browser dan terhubung ke internet.

cara login akun shopee lupa password

Solusi mengatasi lupa password shopee saat ini via situs website :

  1. Buka browser di hp/pc kamu.
  2. Setelah itu kunjungi situs resmi Shopee.
  3. Di halaman depan website pilih menu Login pada bagian kanan layar.
  4. Lalu pilih Lupa password.
  5. Masukkan nomor telepon atau email yang kamu gunakan di akun tersebut.
  6. Kemudian cek kode verifikasi dan lakukan konfirmasi.
  7. Selesai.

Di situs resmi shopee kamu juga diberi kemudahan untuk metode login seperti masuk menggunakan sms, akun facebook, google, dan akun apple.

Catatan : Apabila kode verifikasi tidak masuk ke email silahkan cek di bagian Spam, dan jika kode verifikasi tidak kamu terima lewat sms pada nomor hp kamu silahkan restart hp kamu terlebih dahulu.

Baca juga : Cara Mengganti Nomor Hp di Instagram

Cara Ganti Nomor HP Shopee Tapi Lupa Password

Salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orang yaitu apakah kita dapat mengganti nomor hp di akun shopee yang lupa password? Jawabannya bisa, kamu bisa menggunakan email untuk mengembalikan akun tersebut lalu mengganti nomor hp setelah berhasil login.

Tetapi apabila memang kamu juga tidak bisa masuk ke gmail untuk melihat kode verifikasi yang dikirimkan maka solusi terakhir yaitu dengan menghubungi customer service shopee agar pihak shopee dapat membantu.

cara mengembalikan akun shopee lupa password

Inilah cara masuk ke akun shopee lupa password dan nomor hp tidak aktif :

  1. Jalankan aplikasi shopee.
  2. Dan masuk ke halaman Saya.
  3. Gulir ke bawah lalu tap pada menu Pusat bantuan atau chat dengan shopee.
  4. Lalu silahkan berikan apa masalah yang kamu alami. misal: saya tidak bisa masuk ke akun shopee saya dikarenakan saya tidak tahu apa passwordnya, sementara itu nomor hp sudah tidak aktif dan saya juga tidak bisa masuk ke akun gmail.
  5. Tunggu beberapa saat hingga pihak shopee membalas pesan kamu.
  6. Selesai.

Baca juga : Cara Menelpon Dengan Nomor Pribadi

Dari sini kita sudah mengetahui bahwa pentingnya memverifikasi email dan nomor hp untuk menangani permasalah tidak dapat masuk ke akun seperti ini. Jangan lupa untuk memastikan nomor hp dan email tersebut masih aktif karena nantinya akan digunakan sebagai penerima kode verifikasi.

Demikianlah cara mengatasi lupa password shopee yang bisa kami bagikan, Jika menurut kamu solusi yang kami berikan tidak dapat membantu permasalahan yang kamu alami silahkan berikan pertanyaan di kolom komentar agar kami bisa memberikan solusi terbaik.

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com