Konsep Jurnal Dan Buku Besar

jurnal dan buku besar akuntansi

Dalam dunia akuntansi Konsep Jurnal dan Buku besar ini sangat digunakan dan keduanya memiliki perbedaan yang menunjang dalam pembukuan akuntansi. Disini saya akan membahas tentang jurnal dari pengertian, Fungsi, jenis, metode dan Panduan antara debit dan kredit. Sedangkan dalam Buku besar saya akan membahas tentang pengertian buku besar, manfaat buku besar dan bentuk buku besar.

1. JURNAL

A. Pengertian Jurnal

Jurnal adalah Formulir yang digunakan untuk mencatat setiap jenis transaksi yang dilakukan secara sistematis dan rinci. Setiap transaksi harus di catat sesuai tanggal dan keterangan transaksi. Jumlahnya juga harus sama antara debit dan kredit.

B. Fungsi Jurnal

  1. Fungsi pencatatan. semua transaksi harus di catat sesuai bukti transaksi
  2. Fungsi Historis. Transaksi harus di catat sistematis sesuai urutan waktu
  3. Fungsi analisis. Transaksi yang dicatat harus di analisiss buktinya dan dikelompokkan di sisi debit atau kredit.
  4. Fungsi Instruktif. Pencatatan jurnal merupakan perintah melakukan pemindahan dalam buku besar.
  5. Fungsi Informatif. Dengan melihat jurnal anda dapat mengetahui informasi suatu transaksi

C. Jenis Jurnal

Jenis-jenis jurnal dapat dilihat pada tabel di bawah ini :

NoJenis JurnalPenjelasan
1.Jurnal UmumJurnal Umum merupakan tempat untuk mencatat semua transaksi keuangan perusahaan pada periode tertentu secara sistematis
2.Jurnal KhususJurnal yang di kelompokkan secara khusus sesuai dengan jenis transaksinya.
Jurnal khusus dikelompokkan karena transaksinya yang sering terjadi pada setiap bulannya seperti jurnal penjualan, Jurnal pembelian. Jurnal penerimaan kas dan jurnal pengeluaran kas.
3.Jurnal PenutupJurnal yang dibuat untuk menormalkan atau memindahkan saldo perkiraan sementara sehingga perusahan dapat mengetahui laba rugi bisnis selama satu periode.
saldo perkiraan sementera yang dimaksud adalah perkiraan normal dan private.
4.Jurnal PenyesuaianJurnal yang dibuat pada akhir periode akuntansi untuk membandingkan jumlah yang di catat apakah sudah sama dengan periode pengakuan yang sama.
Pada akhir periode akuntansi terdapat transaksi yang belum di catat atau ada transaksi yang salah, atau perlu disesuaikan maka di catat dalam jurnal penyesuaian.
5Jurnal PembalikJurnal pembalik dibuat dengan tujuan untuk mempermudahkan pencatatan transaksi di awal periode akuntansi.
Jurnal pembalik adalah ayat jurnal yang dibuat untuk membalikkan jurnal penyesuaian transaksi tertentu. sehingga bentuk jurnal pembalik adalah kabalikan dari jurnal penyesuaian.

D. Metode Pencatatan Akuntansi

metode pencatatan akuntansi dalam jurnal terbagi menjadi 2 bagian yaitu :

  1. Cash Basis ==> Metode cash basis adalah metode akuntansi yang mengakui pengaru transaksi dan peristiwa lainnya pada saat kas atau setara kas diterima atau dibayar yang digunakan untuk pengakuan pendapatan, belanja dan pembiayaan.
  2. Accrual ==> Metode akuntansi yang mengakui pengaruh transaksi dan peristiwa lainnya pada saat transaksi dan peristiwa itu terjadi tanpa memperhatikan saat kas atau setara kas diterima atau di bayar.

E. Panduan Debet dan Kredit

cara membedakan antara mana yang termasuk dalam debet atau kredit bisa kalian lihat pada tabel di bawah ini

KategoriBertambahBerkurang
AssetDebetKredit
HutangKreditDebet
ModalKreditDebet
PendapatanKreditDebet
BiayaDebetKredit

2. BUKU BESAR

A. Pengertian Buku Besar

Buku besar adalah alat yang untuk mencatat seluruh perubahan yang muncul ketika suatu akun yang timbul karena terdapat transaksi keuangan.

Buku besar berisikan perkiraan-perkiraan yang mengikstisarkan pengaruh munculnya transaksi keuangan terhadap beberapa akun seperti aktiva, kewajiban dan modal sebuah perusahaan.

B. Manfaat Buku Besar

  1. Mencatat seluruh transaksi sesuai keakuratan dan memastikan transaksi tersebut benar
  2. Memposting semua transaksi yang terjadi berdasarkan tiap akunnya secara benar
  3. Menyeimbangkan jumlah akun yang ada di kolom debit dan kredit
  4. Mengakomodasi entri jurnal penyesuaian yang di perlukan.

C. Bentuk Buku besar