Kompres PDF Menjadi 200KB

Kompres PDF 200KB

Kompres PDF 200kb merupakan solusi untuk mengecilkan ukuran dokumen dari yang ukuran besar menjadi ukuran yang sangat kecil. Hal ini banyak dilakukan oleh pengguna dokumen seperti PDF dikarenakan lebih ringan dalam ukurannya. Mengkompreskan PDF hingga 200 kb ini sangat efektif dilakukan, selain meringankan dalam mengirim juga meringankan dalam mendownload.

Pada artikel sebelumnya kita pernah membahas tentang PDF yaitu bagaimana cara memisahkan file PDF. Selanjutnya kita menggunakan aplikasi online seperi Ilovepdf.com. Ternyata pada aplikasi ini tidak hanya memisahkan file PDF saja, ternyata masih ada fitur-fitur yang lain yang bisa kita gunakan. Semua tergantung pada kegunaan dan fungsi yang kita perlukan.

Sebelum kita membahas bagaimana cara mengkompres PDF hingga 200KB, ada baiknya kita mengetahui apakah kelebihan dari mengkompres PDF ini dan apa juga menjadi kekurangan jika PDF kita kompres hingga 200 KB. berikut penjelasannya

Keuntungan Kompres PDF

Ternyata jika tidak melakukan kompres pada sebuah file maka ukuran file PDF bisa menjangkau puluhan MB sampai ratusan MB tetapi itu semua tergantung dari tulisan atau banyaknya gambar. berikut beberapa keuntungan dari mengkompres PDF lebih kecil :

  • File PDF lebih mudah digunakan karena tidak banyak load file yang terdapat di file PDF itu sendiri
  • Dalam hal copy paste, PDF sangat lebih cepat daripada jenis file lainnya
  • Sangat mudah dan sangat cepat attachment file dalam email
  • PDF lebih responsive dalam hal dokumennya
  • File PDF sangat fleksibel dikarenakan bisa dibuka dimana saja.

Kekurangan Kompres PDF

Selain kelebihan kompres PDF, ternyata mengkompres PDF juga terdapat kekurangannya. Kemungkinan hanya sedikit kekurangan yang terdapat pada file PDF ini

  • Jika File PDF dikompres hingga sangat kecil ukurannya, tidak tutup kemungkinan file PDF tersebut akan pecah. Seperti pada gambar yang ada di dalam dokumen pdf menjadi tidak terlalu jelas.
  • Tidak semua file PDF bisa dikompres hingga 200 KB, semua tergantung dari dokumennya

Cara Kompres PDF Jadi 200 KB Secara Online

kompres PDF menjadi 200 KB sama caranya dengan memisahkan file yaitu kita membutuhkan aplikasi online untuk mengkompres. Kamu bisa memilih salah satu untuk digunakan mengkompres. Berikut penjelasannya :

Baca juga : Cara Mengubah Format PDF ke Word

Langkah 1 – Membuka Situs Online Kompres PDF

kamu bisa menggunakan situs online seperti ilovepdf.com atau situs online lainnya. Disini kita menggunakan ilovepdf untuk mengkompress PDF. buka situs online ilovepdf.com lalu pilih Compres PDF.

kompres pdf 200kb online gratis

Pada gambar diatas, banyak terdapat menu yang bisa kita gunakan sesuai kebutuhan. Saat ini kita memerlukan komres pdf yang sudah ditandai dengan dengn garis merah.

Langkah 2 – Memasukkan File PDF

Setelah klik compres PDF seperti pada gambar diatas, selanjutnya memasukkan file untuk di kompres. Caranya cukup kamu klik “Select PDF Files” setelah itu kamu diarahkan ke tempat file yang ingin kamu kompres. Kamu juga bisa menggunakan “Select PDF From Google Drive” dan “Select PDF From Dropbox”.

kompres pdf 200kb cpns

Setelah memasukkan file maka kamu hanya tinggal mengkompres file sesuai dengan pilihan mu.

Baca juga : Cara Memisahkan File PDF

Langkah 3 – Kompres Level

Kompres level ini merupakan pilihan untuk mengkompres file PDF. Tingkatan apada kompres level ini terdapat 3 bagian yaitu Less Compression, Recommended Compression dan Extreme Compression. Less Compression yaitu kompres kualitas tinggi dan kompresi lebih sedikit. Recommended Compression yaitu Kompres kualitas bagus dan kompresi bagus. Less Compression yaitu kualitas kurang dan kompresi kurang. Semua tingkatan ini tergantung pada kegunaan dan kebutuhan pribadi. Berikut cara memilih kompres level.

kompres pdf 200kb tanpa mengurangi kualitas

kamu tinggal pilih salah satu kompres level yang tersedia lalu kamu klik “Compres PDF ->”, lalu tunggu hingga selesai.

Baca juga : Cara Mengunci File Word

Langkah 4 – Download File Hasil Kompress PDF

Setelah file PDF dikompres, maka kita tinggal mendownloadnya saja. Kamu hanya tinggal langsung mengklik “Download Compressed PDF” Maka otomatis terdownload.

kompres pdf 200kb android

Kamu bisa melihat file yang sudah terdownload di File Explorer dibagian Downloads. Pada gambar diatas juga terdapat hasil kompresi file pdf yang pada awalnya pdf tersebut dengan besaran 2.61 MB menjadi 673.24 KB . Jika disini file kamu belum sesuai dengan besaran kompres nya maka kamu bisa mengulangnya kembali dengan file yang sudah dikompres lalu kamu ikuti langkah dari pertama.

Baca juga : Cara Menghapus File Yang Tidak Bisa Dihapus

Demikianlah penjelasan mengenai Kompres PDF 200KB. Ada tips buat kamu yang tidak suka mengulang untuk mengkompres. Kamu bisa memilih kompres level dengan tingkatan level tingkat tinggi. Hal ini akan memudahkan untuk kamu dan lebih efektif.

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com