Cara Mengganti Warna Dengan Kode di Photoshop

Kode Warna Photoshop

Warna memang salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam mempercantik sebuah foto atau gambar.

Oleh karena itu, kamu tidak boleh asal memilih warna yang akan kamu gunakan dalam hal ini pada photoshop.

Dalam memilih sebuah warna dibutuhkan beberapa sample yang bisa kita lihat secara langsung dengan mata telanjang dan memberikan inspirasi lebih kepada kita ketika dipandang.

Salah satu warna yang paling enak dipandang mata adalah jenis warna Flat Design.

Maka dari itu sebelum membaca artikel ini kamu diharuskan mencari terlebih dahulu kode warna flat design tersebut yang kemudian akan kita gunakan pada tutorial kali ini.

Silahkan baca dan ambil kodenya di artikel ini terlebih dahulu : 5 Situs Warna Flat Design Terbaik

Setelah mendapat kan kodenya mari kita langsung ke tutorial nya

Cara Mengganti Warna Dengan Kode Warna di Photoshop

Pada tutorial kali ini saya menggunakan photoshop cs5 extended, kamu juga bisa menggunakan photoshop versi apa saja photoshop cc juga bisa kok.

Kemudian buka aplikasi photoshop kamu seperti biasanya.

Setelah terbuka maka kamu buat sebuah lembaran kerja baru dengan cari klik File > New atau kamu juga bisa menggunakan shorcuts CTRL + N untuk lebih menghemat waktu.

Lalu atur mulai dari nama file, preset, ukuran lebar, tinggi, resolusi, color mode hingga background contents seperti gambar dibawah ini.

Dan terlihat size dari image atau foto yang akan kamu buat yaitu 732K.

Kemudian Enter.

Maka hasilnya kamu akan melihat lembar kerja kosong berwarna putih seperti gambar dibawah ini :

Setelah itu kamu ganti warna pada foreground color nya ingat foreground bukan background ya.

Maka muncul poup dari colorpicker seperti ini :

Terlihat jelas disana yaitu color picker dari foreground color dan warna yang bermacam-macam seperti HSB, RGB dan lain-lain. Tetapi kita tidak usah mempedulikan itu dulu kita hanya akan memilih warna yang sesuai dengan kode yang telah kita copy.

Dibagian bawah kamu bisa melihat tanda # yang pada gambar tersebut berisi e14938 kamu bisa menggantinya dengan kode yang sudah kamu copy sebelumnya, jangan lupa untuk memasukkan kode nya tanpa tanda #.

Jika sudah, klik OK, setelah itu pilih tools Paint Buckets bergambar ember cat tumpah seperti gambar dibawah ini. jika kamu tidak menemukannya kamu bisa klik tahan pada logo gradient tools.

Terakhir klik pada lembar kerja kamu yang berwarna putih tersebut maka otomatis warna background kamu juga akan berubah. Jika tidak buka terlebih dahulu gembok yang ada pada layer background kamu dengan cara mengklik dua kali hingga gambar gemboknya hilang.

Selesai… Mudah bukan?

Akhir Kata

Itulah bagaimana caranya mengubah warna pada software photoshop menggunakan kode warna dalam tutorial ini kita menggunakan jenis warna flat design, kamu juga bisa mencari kode warna lain seperti material UI dan lain sebagainya. Jika kamu rasa artikel ini bermanfaat jangan lupa share ya.

Afrizatul Rizki
Lulusan Universitas Islam Riau jurusan Teknik Informatika yang hampir 24 jam melakukan kegiatan di depan komputer seperti menulis artikel teknologi di blog Afrizatul.com