ASEAN

Asean merupakan yang termasuk kedalam salah satu organisasi internasional yang telah di dirikan oleh negara – negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. ASEAN yaitu singkatan dari Association of Southeast Asian Nation yang artinya perhimpunan Bangsa – Bangsa Asia Tenggara / Perbara. ASEAN ini didirikan di negara bangkok pada tanggal 8 Agustus 1967. Luas wilayah di Asia tenggara sekitar 4.500.000 km2 tetapi tidak termasuk lautan. Berikut ini kami akan membahas tentang negara yang termasuk ke dalam anggota ASEAN, faktor berdirinya asean, kondisi saat ini, hingga simbol dan julukan negara asean tersebut.

Tujuan didirikan Negara Asean adalah Meningkatkan kesempatan untuk membahas perbedaan diantara anggotanya dengan damai, Mamajukan perdamaian dan stabilitas ditingkat regionalnya dan Meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, dan pengembangan kebudayaan negara – negara anggotanya. Negara terbesar di Asia Tenggara adalah Indonesia. Negara terkecil di Asia Tenggara adalah Singapura.

Lihat juga : Pengertian, Sejarah, Fungsi, Dan Prinsip-Prinsip Akuntansi

Negara-Negara Anggota ASEAN

Negara-Negara Anggota Asean sendiri terdapat 10 Negara, tetapi tidak semua negara yang termasuk mendirikan negara asean. Ada juga yang merupakan gabungan kedalam negara asean. Setiap negara asean dibentuk dan ditanda tangani oleh para-para pembentuk negara asean itu sendiri. Berikut penjelasannya

NoNama NegaraDisahkan
1.IndonesiaDitanda tangani oleh Adam Malik
2.MalaysiaDitanda tangani oleh Tun Abdul Razak
3.FiliphinaDitanda tangani oleh Narciso Ramos
4.SingapuraDitanda tangani oleh S. Rajatman
5.ThailandDitanda tangani oleh Thanat Koman
6.Brunei DarussalamBergabung pada tanggal 07 Januari 1984
7.VietnamBergabung pada tanggal 28 Juli 1995
8.LaosBergabung pada tanggal 23 Juli 1984
9.MyanmarBergabung pada tanggal 23 Juli 1984
10.KambojaBergabung pada tanggal 30 April 1997

Negara-negara seperti Indonesia, Malaysia, Filiphina, Singapura dan Thailand merupakan negara yang termasuk ke dalam negara pendiri ASEAN, sedangkan negara Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar dan Kamboja termasuk ke dalam negara yang bergabung sebagai negara ASEAN.

Faktor-Faktor Berdirinya ASEAN

Faktor-faktor berdirinya ASEAN terbagi menjadi 4 bagian seperti persamaan letak geografis, persamaan dasar kebudayaan, persamaan nasib dan persamaan kepentingan. Faktor-faktor ini terjadi karena melihat perubahan yang terdapat di negara ASEAN dan kerjasama yang melibatkan beberapa negara. Berikut faktor-faktor berdirinya ASEAN :

  1. Persamaan Letak Geografis. Dinegara ASEAN sendiri memiliki persaman letak geografis yaitu terdapat 2 Benua dan 2 Samudra. Dua benua yaitu Benua Asia dan Benua Australia sedangkan dua samudra yaitu Samudera Hindia dan Samudra Pasifik.
  2. Persamaan Dasar Budaya. Dinegara ASEAN juga Memiliki dasar kebudayaan dan bahasa serta yang mencakup tata kehidupan dan pergaulan yang  hampir sama, Hal ini dikarenakan mereka sebagai pewaris peradaban rumpun Melayu Austronesia.
  3. Persamaan Nasib. Negara-negara Asia Tenggara atau Negara ASEAN merupakan sama – sama dijajah oleh bangsa  Barat, kecuali Thailand.
  4. Persamaan Kepentingan. Dinegara ASEAN juga Memiliki kepentingan bersama baik itu dalam politik kawasan, bidang ekonomi, sosial budaya maupun keamanan dan stabilitas politik kawasan.

Baca juga : Neraca Saldo Dan Kertas Kerja

Kondisi Negara ASEAN

Kondisi di negara Asean terjadi dikarenakan beberapa faktor-faktor yang telah terjadi baik dari persamaan letak geografis, persamaan budaya dan hal lainnya. Disini kondisi negara Asean terdapat tiga bagian yaitu dilihat dari segi letak dan batas, dari segi keadaan dan dari sumber daya alam. Kondisi negara Asean berdasarkan dari geografis. Berikut adalah hal yang mendasar yang terjadi pada kondisi di negara Asean :

Kondisi Geografis Dari segi Letak dan BatasKondisi Geografis dari segi keadaan IklimKondisi Geografis Dari segi Sumber Daya Alam
Terletak Secara Astronomis di 28 LU – 11 LS dan 95 BT – 141 BTmemiliki Iklim TropisMemiliki tanah Vulkanik dan tanah uluvual (tanah endapan)
Sebelah utara berbatasan dengan Cina dan Laut Cina Timur.
Sebelah selatan berbatasan dengan Samudra Hindia dan Benua Australia.
Sebelah timur berbatasan dengan Papua Nugini dan Samudra pasifik.
Sebelah barat berbatasan dengan Teluk Benggala dan laut AndamaN
Myanmar bagian utara memiliki iklim subtropisKaya akan Flora dan Fauna
Curah hujan tinggi dan suhu udara panasMemiliki wilayah laut kecil yaitu Laos
Memiliki iklim laut , iklim gunung, dan iklim dataran rendahHasil tambang yang dimiliki oleh semua negara kecuali singapura

Julukan dan Simbol Negara ASEAN

Dinegara Asean sendiri memiliki julukan dan simbol. Julukan dan simbol ini melambangkan disetiap negara masing-masing pada masa-masa Asean didirikan. Dengan adanya julukan dan simbol maka masyarakat atau penduduk disetiap negara mengingat masing-masing Negara Asean. Berikut penjelasannya.

No.Negara AseanJulukan Negara AseanSimbol Negara Asean
1.IndonesiaZamrud KhatulistiwaMonas
2.MalaysiaNegeri JiranMenara Kembar Petronas
3.FilipinaNegeri Lumbung PadiTrump Tower Manila
4.SingapuraKota SingaPatung Merlion
5.KambojaNegeri PerdamaianAngkot wat
6.MyanmarNegeri Pagoda EmasPagoda Emas Shwedagon
7.ThailandNegeri Gajah PutihGrand Palace
8.BruneiNegeri Petro DollarMasjid Sultan Omar Ali saifuddin
9.LaosNegeri Seribu GajahPha That Luang

Demikianlah penjelasan mengenai ASEAN. Banyak perbedaan yang terjadi di masa-masa Asean belum didirikan dan perbedaan Asean telah didirikan atau dibentuk. Asean dibentuk juga untuk memanjukan negara.

Share on:

Tinggalkan komentar