Cara Install XAMPP

Untuk kamu yang pertama kali menggunakan xampp maka panduan cara install xampp dengan mudah ini akan membantu kamu karena step by step akan dilengkapi dengan gambar agar mudah untuk dipraktekkan.

Bagi kamu yang belum mendownload aplikasi xampp nya kamu bisa menggunakan XAMPP 5 dan juga XAMPP 7. Perbedaanya ada pada versi PHP dan versi MySQL yang digunakan masing-masing versi XAMPP tersebut yang akan dijelaskan setelah ini.

Panduan Cara Install XAMPP Lengkap dengan Gambar
Panduan Cara Install XAMPP Lengkap dengan Gambar

Cara penginstallannya semua versi XAMPP sama saja yang berbeda mungkin terletak pada tampilannya saja. Tetapi sebelum itu kamu juga harus memeriksa apakah komputer atau laptop kamu memenuhi syarat spesifikasi untuk menggunakan aplikasi localhost server XAMPP ini.

Cara Uninstall XAMPP

Bagi kamu yang sudah mempunyai xampp dan ingin menghapusnya terlebih dahulu dengan menguninstallnya. Tetapi jika kamu belum memiliki XAMPP sebelumnya kamu bisa melewatkan bagian ini.

PERINGATAN!!!

Sebelum mengunstall aplikasi XAMPP sebaiknya lakukan backup terlebih dahulu agar tidak terjadi kehilangan data ataupun hal yang tidak diinginkan untuk cara backup data xampp kamu bisa mengikuti tutorial ini.

Pertama, klik start pada windows kamu disini afrizatul.com menggunakan sistem operasi windows 10 kemudian ketik “program”. maka akan muncul Add or remove programs

Kemudian dibagian Apps & features kamu akan melihat software XAMPP yang sudah kamu install sebelumnya.

Klik pada aplikasi XAMPP kamu kemudian Uninstall dan jika ada pemberitahuan klik uninstall lagi.

Setelah itu akan tampil peringatan Question yang berisi Do you want to uninstall XAMPP and all of its modules? klik saja yes.

Lalu pada bagian ini sangat penting. jadi jangan kamu sembarangan klik yes saja karena akan berakibat fatal jika kamu tidak membaca nya secara teliti. Disini xampp akan bertanya apakah kamu yakin untuk menghapus folder htdocs? jika kamu ingin menghapus semua data sekaligus folder htdocs beserta segala isinya maka kamu tekan yes. namun jika tidak tekan no.

Selesai.. pada tahap ini kamu sudah berhasil menguninstall XAMPP versi lama kamu. sekarang kamu hanya perlu menunggu proses uninstall nya selesai.

Jika sudah akan muncul Uninstallation completed.

Cara Install XAMPP

Sekarang komputer kita sudah tidak memiliki aplikasi software XAMPP lagi. Maka kita bisa menginstall versi lain nya. Jika kamu ingin menginstall XAMPP versi 5 maka kamu bisa mendownloadnya disini terlebih dahulu. Tetapi, jika kamu ingin menggunakan versi 7 nya kamu bisa download disini.

Jika download sudah berhasil klik 2 kali pada file XAMPP nya.

Lalu akan muncul popup seperti ini klik saja yes.

Lalu OK

Akan muncul tampilan seperti ini klik Next

Setelah itu akan muncul pengaturan setup yang berfungsi agar kamu bisa memilih aplikasi apa saja yang kamu butuhkan untuk menggunakan XAMPP, tetapi jika kamu tidak terlalu paham dan tidak mau ribet silahkan centang saja semuanya karena aplikasi XAMPP ini tidak terlalu berat, klik Next.

Bagian ini adalah tempat atau lokasi penyimpanan file system dari aplikasi XAMPP jika kamu tidak menghapus folder htdocs saat menguninstall xampp maka folder htdocs masih ada kamu bisa menggunakan nama lain sepert xampp1.

Tetapi jika kamu ingin menggunakan nama folder xampp kamu bisa menghapus folder xampp nya terlebih dahulu di Drive C:\xampp. Jangan lupa untuk membackup semua data penting kamu mulai dari folder htdocs atau database kamu di localhost/phpmyadmin.

Jika sudah memastikan data kamu yang lama aman, klik Next.

Selanjutnya dibagian ini kamu bisa mencentang atau tidak karena hanya berisi informasi tentang Bitnami yaitu pembuat aplikasi XAMPP ini dan tidak ada hubungannya dengan penginstalan aplikasi XAMPP. jika sudah klik Next.

Kemudian Klik Next kembali.

Selesai. sekarang kamu bisa menunggu proses penginstallan aplikasi XAMPP sampai terpasang dengan baik di komputer atau PC kamu.

Jika sudah selesai maka akan muncul tampilan berikut ini. jika kamu mencentang pada bagian Do you want to start the Control Panel now? maka kamu akan langsung menjalankan control panel dari xampp. tetapi jika kamu tidak ingin kamu bisa menghilangkan tanda centangnya.

Bahasanya kamu bisa memilih sesuka kamu tetapi disini afrizatul.com akan memilih bahasa US saja. kemudian Save.

Tampilan control panel nya akan seperti ini. ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan seperti Apache,Mysql,File Zilla,Mercury, Tomcat dan aplikasi lainnya.

Tetapi kali ini kita hanya akan mengetes atau mengecek apakah penginstallan XAMPP kita sudah benar-benar berhasil. Jadi cukup centang 2 aplikasi saja yaitu Apache untuk server localhost, kemudian Mysql Untuk Database.

Pastikan semuanya berwarna hijau dan akan muncul PID(s) dan Port(s) pada bagian yang telah diaktifkan. Ini menandakan aplikasi siap digunakan tetapi jika berwarna merah maka terdapat error yang menyebabkan aplikasi tersebut tidak bisa digunakan.

Sekarang buka browser kamu terserah menggunakan browser apa saja. disini Afrizatul.com menggunakan Google Chrome. Kemudian ketikkan localhost dan buka tab baru lagi ketikkan localhost/phpmyadmin. maka jika berhasil akan tampil seperti ini.

Tampilan Localhost
Tampilan Localhost

 Tampilan Phpmyadmin
Tampilan Phpmyadmin

Jika kamu menginstall XAMPP dengan benar maka akan tampil seperti 2 gambar tersebut. tetapi jika tidak maka kamu bisa memeriksa apa yang menyebabkan error tersebut. Jika ingin bertanya silahkan komentar dibawah.

Akhir Kata

Itulah bagaimana cara menginstall aplikasi XAMPP sebagai localhost server yang bisa kamu gunakan untuk membuat website atau apapun secara offline tanpa menggunakan koneksi internet. Jika dikomputer kamu sudah terpasang xampp sebelumnya maka kamu bisa menguninstallnya terlebih dahulu. Semoga bermanfaat jangan lupa bagikan ke teman-teman kamu ya.

YAKIN GAK MAU KOMENTAR?