Instagram Tidak Bisa Upload Foto

Instagram Tidak Bisa Upload Foto

Instagram merupakan salah satu jejaring sosial yang memungkinkan kamu untuk berbagi foto dan video dengan fitur-fitur filter digital menarik saat ini, Namun banyak juga error yang sering dialami oleh para penggunanya seperti instagram tidak bisa upload foto dan juga video ke postingan maupun instastory.

Kita tau bahwa setiap orang menggunakan instagram karena ingin mengabadikan momen indahnya serta berbagi kisah dan cerita suka dukanya berupa foto maupun video kepada orang lain sesama pengguna instagram.

Jika tidak bisa upload foto dan video pastinya tidak ada alasan untuk menghapusnya karena kita hanya bisa melihat foto dan story orang lain dan mengomentarinya, Karena memang tidak ada lagi yang bisa kita lakukan selain itu.

Oleh karena itu disini kami akan memberikan solusi bagi anda yang akun instagramnya tidak bisa upload foto dan video yang akan kami rangkum dengan cara yang mudah namun terbukti ampuh untuk mengatasi salah satu masalah error pada instagram ini.

Sebelum itu, mari kita cari tau dulu kenapa instagram tidak bisa upload foto dan video apakah sebelumnya kita pernah melakukan pelanggaran atau tidak, Silahkan baca selengkapnya berikut ini.

Sstt.. Cobain Aplikasi Menyembunyikan Foto dan Video di Android

Afrizatul.com

Kenapa Instagram Tidak Bisa Upload Foto dan Video?

Ada beberapa penyebab kenapa instagram gagal upload foto dan video yang sangat mempengaruhi, Jadi silahkan cek dahulu apa yang membuat masalah tersebut muncul.

  1. Koneksi Internet yang kurang stabil.
  2. Foto atau Video yang kamu unggah melanggar kebijakan instagram.
  3. Efek dari pelanggaran kedua dapat menyebabkan akun kamu menjadi diblokir.
  4. Format video atau foto tidak didukung.
  5. Aplikasi Instagram Error.
  6. Mengikuti banyak akun orang lain dengan waktu yang singkat.
  7. Dilaporkan oleh orang lain.
  8. Menggunakan Aplikasi pihak ketiga seperti Auto Follow, Auto Like di Instagram.

Nah, Bagaimana apakah kira-kira kamu pernah melakukan hal di atas? Apabila iya coba dengan cara mengatasi instagram yang tidak bisa upload foto dan video menurut kami berikut ini.

Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Upload Foto Dan Video

Dari sekian macam penyebab instagram yang tidak bisa upload foto dan video yang telah kami sebutkan di atas terbagi menjadi 2 bagian yaitu kesalahan dari aplikasi, hp, dan juga penggunanya yang melanggar kebijakan instagram.

Oleh sebab itu, Kesalahan dari pengguna sendiri yang melanggar merupakan salah satu pelanggaran berat dan sangat kecil kemungkinannya untuk mengembalikan instagramnya yang bahkan sudah terkena suspend atau penangguhan.

Tetapi apabila kamu merasa tidak pernah melakukan hal tersebut, Dan secara tegas mengatakan ini terjadi karena kesalahan dari aplikasi instagram. Berikut tips yang dapat kami rangkum dari berbagai sumber.

1. Hapus Riwayat Pencarian

cara mengatasi instagram yang tidak bisa upload foto

Riwayat pencarian merupakan sebuah fitur yang berguna untuk menyimpan setiap kali kamu mencari melalu kolom pencarian di instagram. Hal ini juga termasuk pada pencarian yang menggunakan hashtag.

Tentu saja jika kamu sudah menggunakan aplikasi instagram dengan jangka waktu yang panjang dan sangat sering mencari apapun di instagram riwayat pencarian juga akan semakin banyak, Hal inilah yang menyebabkan kenapa instagram kamu menjadi tidak bisa upload foto dan video.

Inilah bagaimana cara menghapus riwayat pencarian di instagram :

  • Buka aplikasi instagram
  • Pergi ke Profil lalu masuk ke Pengaturan
  • Setelah itu tap pada menu keamanan
  • Gulir ke bawah dan pilih Riwayat Pencarian
  • Pilih pencarian yang ingin dihapus atau bisa sekaligus dengan memilih Hapus Semua

Dengan menghapus semua riwayat pencarian otomatis jika kamu mencari lagi tidak akan saran akun atau hashtag yang muncul.

2. Bersihkan Data dan Cache

kenapa instagram tidak bisa upload foto

Data atau cache merupakan bagian yang dimiliki oleh setiap aplikasi terutama aplikasi instagram, Data adalah tempat penyimpanan yang terdiri dari file system dan akun pribadi sedangkan cache adalah kumpulan file yang tersimpan dan dianggap tidak penting karena merupakan tempat penyimpanan riwayat aktivitas pengguna di instagram.

Oleh karena itu, dianjurkan untuk menghapus data maupun cache pada aplikasi instagram dengan rutin agar memperkecil ukuran file dan menjadikan penyimpanan menjadi lebih besar.

Berikut inilah cara membersihkan data dan cache pada aplikasi instagram :

  • Masuk ke Pengaturan
  • Lalu Apl dan Kelola Aplikasi
  • Kemudian pilih aplikasi Instagram
  • Setelah itu Hapus data dan juga Cache
  • Selesai

Setelah menghapus cache dan juga data instagram, coba cek besar penyimpanan hp kamu yang biasanya terletak pada menu pengaturan.

3. Update Instagram

gagal upload foto di instagram

Selain dengan menghapus data atau cache, Versi aplikasi juga merupakan faktor utama kenapa sering terjadi error di sebuah aplikasi seperti instagram.

Karena disetiap pembaruan, instagram tentu memperbaiki kesalahan atau error yang terjadi di versi instagram lama dan juga menambah fitur yang lebih menarik.

Jika kamu bingung apakah versi instagram yang terinstal di hp kamu versi terbaru atau versi lama, Silahkan ikuti cara update instagram berikut ini :

  • Masuk ke Google Playstore
  • Kemudian ketikkan “Instagram” di menu pencarian
  • Setelah itu Update
  • Tunggu hingga proses download selesai

Apabila tidak terdapat tombol Update di sana, Itu artinya instagram yang kamu gunakan adalah versi instagram terakhir atau terbaru saat ini.

4. Restart HP

Merestart HP juga terbukti mengatasi instagram tidak bisa upload foto dan juga video karena memang bukan hanya aplikasi saja yang bisa crash atau error, Tetapi hp yang kita gunakan juga bisa.

Jadi silahkan restart hp kamu terlebih dahulu kemudian hidupkan kembali, Jika sudah coba untuk masuk ke instagram kembali dan mengupload foto atau video. Untuk cara merestart tekan dan tahan tombol Power dibagian samping hp kemudian pilih Reboot atau Mulai ulang.

Kenapa kami menyarankan untuk merestart hp? Karena untuk mengupload foto dan video di instagram kamu akan diarahkan ke galeri hp terlebih dahulu, Oleh karena itu untuk membaca foto dan video yang ada di galeri tidak ada hubungannya dengan aplikasi instagram.

5.Ubah Format Video

Khusus untuk kamu yang ingin mengupload video di instagram, Mungkin saja format video tersebut tidak diperbolehkan untuk dibagikan ke instagram. Berikut inilah format video yang direkomendasikan :

Format: H.264 codec (MP4)
Resolusi: lebar maksimum 1080 piksel (Full HD)
Frame Rate: 29,96 frame per detik (FPS)
Bitrate: 3.500 kbps, bitrate video
Codec audio: Codec audio AAC (mov 44,1 kHz)
Durasi: 3 – 60 detik

Cara mengubah format video juga sangat mudah, Kamu bisa menggunakan aplikasi atau tanpa aplikasi dengan mengunjungi situs compress video atau converter online.

Baca juga : Cara Mengatasi Kode Instagram Tidak Masuk

Afrizsatul.com

Kira-kira itu saja tips untuk mengatasi instagram tidak bisa upload foto, Kami kira dengan tips yang telah kami bagikan harusnya instagram kamu sudah bisa untuk upload video atau foto seperti biasanya. Semoga bermanfaat

Afrizatul Rizki
"Blogger, Wibu, dan Maniak Komputer"